4 Manfaat Makan Sahur yang Wajib Kamu Tahu

4 Manfaat Makan Sahur yang Wajib Kamu Tahu

manfaat makan sahur untuk tubuh | Sumber: Thirdman/ Pexel

SohIB, momen yang paling bikin rindu dengan Ramadan selain berbuka bersama dan salat Tarawih adalah makan sahur. Beberapa orang merasa sulit untuk melakukannya karena masih mengatuk. Namun, ternyata ada banyak manfaat dari makan sahur, lo! Penasaran apa saja itu? Yuk, baca sampai habis artikelnya, ya!

1. Menyiapkan Tubuh Selama Berpuasa

Saat Ramadan, kamu harus menahan lapar dan haus selama kurang lebih 13 jam. Supaya Sobat siap menghadapinya, kamu perlu masukkan nutrisi pada tubuh saat sahur. Dengan begitu, kamu tidak akan mengalami kelaparan ekstrem.

2. Mencegah Gangguan Kesehatan

Apakah kamu punya masalah asam lambung atau dehidrasi? Tenang, Sobat! Karena manfaat dari makan sahur adalah mencegah timbulnya gangguan kesehatan selama berpuasa.

Menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, lambung yang kosong dapat memicu naiknya kadar asam lambung dan menyebabkan mag pada sebagian orang. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk makan sahur agar kejadian tersebut tidak terjadi padamu.

Kemudian, manfaat makan sahur yang tepat juga dapat mengurangi risiko dehidrasi yang berlebihan. Dengan catatan, saat sahur kamu minum minimal 2 gelas air mineral. Jadi, tubuhmu tidak kekurangan cairan.

3. Manfaat Makan Sahur Dapat Terhindar dari Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah kondisi tubuh saat kekurangan kadar gula darah. Gejala yang umum terjadi pada orang yang mengalami hipoglikemia yaitu pusing, tubuh lemas, konsentrasi menurun, dan gemetar.

Lantas, apa solusinya? SohIB wajib ikut makan sahur. Menu makan sahur yang baik untuk mencegah hipoglikemia harus terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Dengan begitu, kadar gula darah tetap stabil selama berpuasa.

4. Turun Berat Badan Normal dengan Makan Sahur

Siapa yang mau punya badan ideal? Semua orang pasti mau! Namun, beberapa cara yang orang - orang lakukan untuk mencapai tujuannya terbilang ekstrem. Akibatnya, berat badan turun drastis.

Dikutip dari Alodokter, kondisi tersebut dapat berbahaya untuk tubuh. SohIB akan mengalami kelelahan, hilangnya massa otot, dehidrasi, gangguan elektrolit, dan metabolisme tubuh.

Jadi, supaya kamu tidak kehilangan berat badan secara ekstrem saat puasa, jangan lupa untuk makan sahur yang bergizi, ya!

Ngomong - ngomong soal makan sahur, di bawah ini ada rekomendasi menu sahur sehat untukmu. Jangan lupa dicatat, ya!

Rekomendasi Bahan Makanan dan Minuman Sahur Sehat

Supaya SohIB bisa mendapatkan manfaat dari makan sahur secara maksimal, bahan makanan dan minuman ini wajib ada di menu sahurmu! Berikut ini adalah beberapa contohnya.

1. Tahu dan Tempe

Tahukah Sobat bahwa tahu dan tempe adalah protein nabati yang bagus untuk mendukung program penurunan berat badanmu? Ya, dilansir dari Hello Sehat, kedua bahan makanan ini mengandung isoflavon yang bermanfaat mengurangi berat badan, rendah kalori dan lemak, dan membuatmu kenyang lebih lama.

2. Capcay

Biasanya capcay ini ditumis bersama sayur - sayuran yang tinggi serat dan mengandung vitamin. Misalnya, wortel, jagung, brokoli, dan lain-lain. Oleh karena itu, makan capcay sangat bagus untuk tubuhmu!

3. Pisang

Dikutip dari Halodoc, pisang mengandung vitamin C, B6, asam folat, fosfor, mangan, kalsium, hingga magnesium. Dengan banyaknya kandungan ini, makan pisang saat sahur sangat baik untuk kesehatan tubuhmu. 

4. Air Mineral

Meskipun di rumah ada minuman manis atau kopi, air mineral tetap menjadi minuman terbaik untuk sahur. Kenapa begitu? Sebab, dengan meminum air mineral metabolisme tubuh dan kesehatan kulit dapat terjaga serta terhindar dari dehidrasi dan gangguan saluran pencernaan.

Demikian beberapa manfaat makan sahur untuk tubuh dan sedikit rekomendasi bahan makanan sahur. Walaupun rasanya sulit untuk bangun saat sedang tidur nyenyak, usahakan ikut makan sahur ya! Jadi, kamu bisa beraktivitas tanpa gangguan meskipun sedang menahan lapar dan haus.

Apabila SohIB ingin tahu rekomendasi menu sahur yang praktis dan enak, kamu bisa cek resepnya di Makasi POS. Selain itu, di sini juga ada inspirasi jualan yang bisa kamu coba untuk Ramadan nanti lengkap dengan resep makanannya!

Semoga membantu dan selamat berpuasa untuk SohIB yang menjalankannya!