Manfaat Infused Water yang Menyegarkan, Cara Buatnya Gampang!

Manfaat Infused Water yang Menyegarkan, Cara Buatnya Gampang!

Contoh variasi minuman infused water | Sumber: Unsplash (Kaizen Nguyễn)

Infused water beberapa tahun terakhir menjadi minuman sehat yang populer untuk dikonsumsi oleh hampir semua kalangan. Minuman tersebut terdiri dari campuran air putih dengan potongan buah-buahan yang direndam selama beberapa jam dan biasa disajikan dalam keadaan dingin. Rasanya masih mirip dengan air putih biasa, tetapi ada sensasi buah yang tipis di dalamnya.

Buah yang digunakan untuk pembuatannya bebas, meskipun yang lazim digunakan adalah yang bertekstur lebih keras seperti stroberi, jeruk lemon, apel, mentimun, kurma, dan lainnya. Buah-buahan biasanya akan dipotong tipis-tipis dan dibiarkan semalaman di kulkas tanpa tambahan apapun.

Tak heran minuman sehat ini banyak dicintai orang. Selain menyegarkan, infused water sangat mudah dibuat dan ternyata memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, lo! Apakah SohIB sudah tahu?

Baca juga: Cara Mengolah Makanan Yang Sehat, Sudah Tahu?

1. Mencegah Penuaan

Wah, siapa sih, yang menyangka bahwa infused water berkhasiat sebagai anti penuaan? Yup, hellosehat menuliskan bahwa minuman ini bagus untuk kesehatan kulit karena jenis-jenis buahnya banyak yang mengandung vitamin C dan antioksidan!

Sebagai informasi, vitamin C bagus untuk meningkatkan produksi kolagen, di mana merupakan protein penting untuk menyusun dan mempertahankan jaringan kulit kita. Selain itu, antioksidan berfungsi sebagai pelindung kerusakan kulit dari radikal bebas seperti paparan sinar matahari dan polusi. Gimana, masih ragu juga?

2. Membantu Detoksifikasi

Pernah mendengar orang yang menggunakan infused water sebagai air detoks? Benar sekali, rupanya proses pembuangan racun dalam tubuh dapat terbantu apabila kita rajin mengonsumsi minuman ini. Namun, jangan lupa cuci buahnya sampai bersih, ya! Pastikan masih dalam kondisi segar saat dicampurkan ke air mineral.

Baca juga: 7 Makanan Memperlancar ASI yang Mudah Ditemukan di Indonesia

3. Menjaga Berat Badan

Ternyata tidak sedikit lo, orang yang kurang senang minum air putih! Padahal, tubuh kita membutuhkan setidaknya 8 gelas per hari atau lebih, bergantung pada aktivitas dan usianya. Apalagi, bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, tentu saja SohIB akan direkomendasikan menjauhi minum-minuman yang manis.

Nah, infused water ini bisa menjadi solusi pengganti minuman instan dan cara mengonsumsi air putih yang menyenangkan! Pilihlah buah-buahan yang paling kamu suka, sehingga tidak terasa berat ataupun malas saat menenggaknya.

4. Minuman Kaya Akan Vitamin

Mungkin saja SohIB sebenarnya ingin makan buah tertentu, tetapi tidak suka dengan rasanya yang terlalu manis atau asam. Maka, air rendaman buah tersebut bisa menjadi problem solving agar kamu tetap mendapatkan kebaikan vitamin darinya. Terlebih lagi, beberapa kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh mudah larut dalam air, seperti vitamin C dan B.

Infused water telah terbukti baik untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh kita. Bahkan, kamu bisa menemukan resep-resep cara memadukan menu infused water yang enak dan berkhasiat di internet. Variasi apa saja yang sudah SohIB coba?

Baca juga: 5 Tanda Workout Kamu Berhasil, Makin Semangat Sehat!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)