Data Analitik untuk Bisnis, Ini lo, Manfaatnya!

Data Analitik untuk Bisnis, Ini lo, Manfaatnya!

Manfaat data analitik untuk bisnis - PhotoMIX Company

#JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SobatHebatIndonesiaBaik

SohIB, tahu tidak, kalau kamu sebenarna bisa tahu tren bisnis yang akan terjadi di masa depan, lo! Bukan dengan ramalan atau sihir, tapi dengan menggunakan data analitik. Dilansir dari Algoritma, ketika kamu menggunakan data analitik untuk bisnis, data mentah yang kamu kumpulkan dieksplorasi. Kemudian, dari sana menghasilkan informasi berupa prediksi atau tren pasar yang akan terjadi di masa depan.

Ada 4 macam data analitik yang biasa digunakan. Pertama adalah analisis deskriptif. Kegunaannya yaitu untuk merangkum kumpulan data besar dengan visualisasi. Kedua adalah analisis diagnostik. Biasanya, tipe data analitik untuk bisnis ini digunakan untuk mencari tahu penyebab dari hasil analisis deskriptif. Ketiga adalah analisis prediktif. Nah, tipe data analitik ini yang menghasilkan tren-tren bisnis yang akan terjadi.

Kemudian yang terakhir yaitu analisis preskriptif. Setelah SohIB mendapat prediksi tren bisnis dari analisis prediktif, kamu harus membuat keputusan. Dengan analisis preskriptif, kamu bisa membuat keputusan dengan benar berdasarkan data.

Menarik banget, ‘kan data analitik ini? Sebenarnya, dari yang disebutkan di atas, masih ada lagi manfaat data analitik untuk bisnis lainnya. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Data Analitik untuk Bisnis: Bantu Mengenal Konsumen Lebih Dalam

SohIB, pernah merasa tidak, toko A kok tahu banget produk yang kamu cari atau bagaimana toko B bisa membuat promo yang menarik? Nah, itu adalah salah satu bukti penerapan data analitik untuk bisnis mengenal lebih dalam taget konsumennya.

Bagaimana caranya? Biasanya mereka sudah mengumpulkan data mentah dari hasil penjualannya di toko atau media sosial. Setelah data mentah tersebut terkumpul, pelaku usaha melakukan data analitik untuk mengetahui kebiasaan pembeli.

Hasilnya, kamu bisa mendapat rekomendasi produk yang dicari dan promo-promo menarik yang membuat kita tertarik untuk belanja.

2. Cegah Masalah Besar dengan Data Analitik

Masalah bisa muncul kapan saja, tapi itu bukan berarti kamu tidak bisa meminimalisirnya. Menurut Kwiksurveys, dengan menggunakan data analitik kamu bisa mengidentifikasi masalah yang akan muncul dan menyusun rencana untuk mengatasinya.

Contohnya adalah toko A menjual baju. Setelah melihat data dari pemasok, untuk bulan depan mereka tidak bisa memenuhi kuota pengiriman baju ke toko. Oleh karena itu, toko A bisa mempersiapkan pemasok baju lain agar bulan depan bisnis masih bisa berjalan lancar.

3. Data Analitik untuk Bisnis: Bikin Mudah Mendapat Ide Produk

Dalam dunia bisnis, rutin membuat inovasi produk atau jasa itu hukumnya wajib! Kalau SohIB tidak melakukannya, nanti pelangganmu bisa pindah ke usaha yang lain, lo! Lantas, gimana caranya agar dapat ide buat produk? Tenang, kamu bisa pakai data analitik untuk bantu bisnis SohIB buat inovasi terbaru.

PPCexpo menyatakan bahwa sebuah usaha yang berlandaskan data akan mudah untuk membuat produk atau jasa terbaru. Caranya adalah dengan melakukan survey kepada pelanggannya, lalu menerapkan data analitik untuk mencari tahu tren yang mereka sukai, dan apa yang harus diperbaiki dari produk atau jasa yang ada.

4. Pantau Produktivitas dengan Data Analitik

Kinerja seseorang kadang bisa tinggi dan tiba-tiba turun. Sebagai pemilik bisnis, turunnya tingkat produktivitas bisa berbahaya untuk kemajuan usaha. Oleh sebab itu, kamu harus memantau produktivitas pegawaimu sehingga ketika nanti mereka tidak semangat, kamu sudah punya rencana untuk mengatasi hal tersebut.

Data analitik dapat membantumu untuk melihat naik turunnya produktivitas karyawan dengan grafik. Jadi, SohIB lebih mudah untuk melakukan evaluasi. Keren banget, ‘kan?

5. Jadi yang Terdepan dengan Data Analitik

Pernahkah kamu penasaran, bagaimana suatu merek bisa jadi trendsetter atau pusat tren? Itu karena bisnis tersebut memanfaatkan fungsi data analitik. Dengan menggunakan data analitik, mereka bisa mengetahui apa yang akan digemari oleh masyarakat dan memiliki peluang yang besar untuk kemajuan bisnisnya.

Selain itu, apabila kamu tipe orang yang suka berinvestasi, SohIB juga bisa menggunakan data analitik untuk melihat sektor bisnis mana yang sedang bagus untuk di-invest.

Itu dia lima manfaat dari data analitik untuk bisnis. Ternyata banyak sekali ya, kegunaannya! Kalau SohIB penasaran dengan data analitik ini, kamu bisa coba di Interconnect Data.

Di sini, kita bisa membuat personal branding, mencoba fungsi dari data analitik untuk memantau pasar, dan terhubung dengan startup dan investor dari berbagai macam negara. Canggih banget, ‘kan teknologi ini? Yuk, download aplikasi Interconnect Data sekarang di Google Play Store dan Apple App Store dan coba manfaat data analitik untuk bisnis SohIB!