5 Manfaat Kemudahan Akses Digital Untuk Pengembangan Skill

5 Manfaat Kemudahan Akses Digital Untuk Pengembangan Skill

belajar skill online | Photo by Unseen Studio on Unsplash 

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Hai SohIB! Persaingan kerja saat ini semakin ketat, ya? Rasanya semakin sulit untuk mencapai karier impian jika tidak dibarengi dengan skill yang tepat. Namun, seringkali kita bingung bagaimana caranya mengembangkan keahlian, sementara kita sudah sibuk dengan kegiatan yang ada.

Beruntungnya, saat ini akses digital sudah sangat mudah. Kita bisa memanfaatkan kemudahan akses digital ini untuk meng-upgrade keterampilan yang tepat sebagai penunjang untuk mencapai karier impian.

So, kali ini kita akan mulai membahas 5 manfaat akses digital untuk pengembangan skill. Mulai dari fleksibilitas waktu, akses konten, penguasaan keahlian, koneksi ke profesional dunia, sampai membangun portofolio. Check this out!

Fleksibilitas Waktu dan Tempat dalam Belajar

fleksibilitas waktu belajar
Fleksibiltas waktu belajar | Photo by Thought Catalog on Unsplash 

Saat ini ada banyak platform pembelajaran online yang menyediakan kelas berbayar untuk kita akses yang tentunya dengan skill yang relevan dengan yang akan kita pelajari. Adanya platform pembelajaran online ini memudahkan kita untuk belajar di mana saja dan kapan saja asalkan ada akses internet dan perangkat digital yang mumpuni.

Bahkan tidak hanya itu, kita juga bisa mengakses konten belajar hanya dari smartphone yang kita punya. Ada banyak aplikasi pembelajaran yang bisa kita akses dengan mudah, contohnya Udemy dan LinkedIn Learning.

Konten Pembelajaran yang Lebih Beragam

Konten belajar beragam
Konten belajar beragam | Photo by Tim Mossholder on Unsplash 

Seperti yang sudah dibahas, ada banyak platform pembelajaran online yang bisa kita akses. Platform ini menawarkan berbagai konten pembelajaran yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja yang tentunya bisa meningkatkan peluang karier kita. Mulai dari pembelajaran tentang digital marketing, product management, data analysis, UI/UX research, Microsoft Excel, bahasa asing, design, keuangan, career and self development, dan masih banyak lagi.

SohIB juga bisa mendapatkan sertifikat setiap menyelesaikan satu kursus. Sertifikat yang kita dapat ini berguna sebagai validasi akan skill yang kita miliki dan berguna meyakinkan para pemberi kerja saat hendak melamar kerja.

Penguasaan Skill dan Pembelajaran yang Lebih Cepat

Belajar online

Belajar online | Photo by Wes Hicks on Unsplash 

Pernah gak, SohIB mendengar bahwa kita bisa berganti karier dengan cepat hanya dengan mengikuti bootcamp yang dilaksanakan dalam beberapa bulan saja? Ya, itu memang benar dan sudah banyak yang membuktikannya. 

Kamu bisa mengikuti bootcamp yang diadakan oleh platform belajar online tertentu dan langsung belajar dari para ahli. Manfaatnya, kita bisa menguasai skill yang kita inginkan dengan lebih cepat dan tentunya dengan waktu belajar yang efisien juga. Ikuti semua kegiatan dan kerjakan tugas yang diberikan dengan maksimal agar lulus dan mendapatkan sertifikat. Dengan begitu, SohIB bisa lebih unggul dari pelamar kerja lainnya dan bisa unggul dalam persaingan pencarian kerja.

Terkoneksi dengan Profesional di Seluruh Dunia

terkoneksi dengan profesional
Terkoneksi dengan profesional | Photo by John Schnobrich on Unsplash 

Dengan kemudahan akses digital, bukanlah hal yang tidak mungkin untuk terkoneksi dengan para profesional di berbagai belahan dunia. Kamu bisa memanfaatkan media sosial profesional seperti LinkedIn untuk memulai koneksi dengan mereka. Mulailah belajar menggunakan LinkedIn dengan baik, aktif berkomunikasi dan menjalin koneksi dengan para profesional.

Hal ini berguna untuk menciptakan profil profesional kita, meningkatkan peluang kerja dan tentu saja meningkatkan peluang mengembangkan karier.

Meningkatkan Peluang Kerja dengan Portofolio

portofolio UX
Portofolio UX | Photo by Alvaro Reyes on Unsplash 

Portofolio juga sangat penting dalam dunia kerja. Kita bisa meyakinkan para pemberi kerja dengan memberikan data diri yang berisi pencapaian-pencapaian kinerja selama ini. Kamu juga bisa menyematkan keterampilan apa saja yang sudah dipelajari pada portofolio kita untuk meyakinkan mereka, para pemberi kerja.

Bagi fresh graduate atau pekerja switch career bisa memanfaatkan tugas yang pernah dikerjakan saat mengikuti kursus skill sebagai portofolio.

Itulah kelima manfaat kemudahan akses digital dalam hal pengembangan skill yang bisa kita rasakan di era digital saat ini. Dengan memanfaatkan teknologi digital kita bisa belajar kapan saja dan dimana saja tanpa terhalang waktu dan tempat. SohIB bisa dengan mudah mengembangkan skill yang kita miliki, terhubung dan menjalin koneksi dengan para ahli, dan memperluas jaringan profesional. Dengan begitu, skill yang dikembangkan bisa kita gunakan untuk bersaing di pasar kerja yang sudah semakin kompetitif ini.

Ayo sohIB, jangan ragu untuk memanfaatkan akses digital yang kita punya saat ini untuk mengembangkan juga menambahkan skill kita, ya!