5 Manfaat Akses Digital Bagi Kehidupan, Cek Dulu!

5 Manfaat Akses Digital Bagi Kehidupan, Cek Dulu!

Ilustrasi smartphone yang berguna untuk banyak hal | Sumber: Unsplash (Marvin Meyer)

Halo SohIB! Perkembangan digital jaman sekarang udah makin canggih aja ya, begitu banyak manfaat yang bisa kita rasakan karena hidup di era digital ini, contohnya waktu era pandemi covid-19 lalu, kita semua berada dikondisi di mana semua orang harus isolasi mandiri di rumah masing-masing dan membatasi mobilitas.

Mulai dari karyawan yang harus bekerja di rumah, siswa-siswi yang harus belajar di rumah dan semuanya serba dari rumah, tapi perkembangan digital membantu kita agar semuanya berjalan lebih mudah. Jadi, berikut 5 manfaat akses digital bagi kehidupan!

Adanya E-Wallet

Siapa nih, di antara kalian yang dompetnya ketinggalan waktu mau bayar? Duh, pasti cemas banget waktu kejadian. Nah, sekarang kalian tidak perlu khawatir lagi karena ada e-wallet sebagai pengganti uang cash, contohnya seperti Gopay, Ovo, dana, QRIS dan lainnya. SohIB cukup scan kode QR saja dan otomatis saldonya akan terpotong.

Pembayaran melalui E-Wallet | Sumber : Freepik

Ojek Online

Zaman sekarang kalau lagi buru-buru gampang banget ya, tinggal buka aplikasi ojek online, pesan, dan tinggal menunggu driver-nya menjemput kita. Ojek online merupakan alternatif yang bisa kita andalkan jika sedang terburu-buru, tidak punya kendaraan, dan dalam keadaan darurat.

Tarif ojek online terbilang cukup terjangkau, untuk per-1 km nya dikenakan biaya kurang lebih sebesar Rp 3000 saja. Aplikasi ojek online seperti Gojek dan Grab juga sering memberikan voucher diskon kepada penggunanya. Dengan adanya promosi ini tersebut, tarif perjalanan akan jauh lebih murah.

Driver ojek online sedang mengantar penumpang | Sumber: Gojek

Bisa Pesan Makan dan Minum Secara Online

Sistem delivery untuk membeli makanan dan minuman sebenarnya sudah ada sejak lama, tapi bedanya sekarang kita menggunakan aplikasi seperti Gofood, Shopeefood, dan Grabfood. Dengan adanya aplikasi kita jadi lebih mudah untuk pesan makanan secara online. Kita juga bisa memantau driver sudah sampai di mana, apakah pesanan kita sudah disiapkan oleh restoran atau belum, dan lewat aplikasi kita juga lebih mudah dalam berkomunikasi dengan driver.

Driver ojek online sedang mengantar makanan | Sumber: Gojek

Kerja remote

SohIB pasti tahu kan, kalau kerja remote menjadi tipe kerja yang lagi diminati banyak orang? Menurut Kompas.com, 66% karyawan di Indonesia ingin bekerja secara remote atau hybrid.

Sebelumnya, SohIB tahu nggak nih, apa itu kerja remote? Jadi, menurut Skill Crush, kerja remote adalah pekerjaan yang dapat diselesaikan tanpa pergi ke kantor. Dalam arti lain kalian dapat bekerja di rumah, café, atau tempat-tempat lainnya. Dengan kerja remote, SohIB nggak perlu ngeluarin uang, tenaga, dan waktu untuk pergi ke kantor. Oleh karena itu, kerja remote memiliki banyak peminat akhir-akhir ini.

Ilustrasi pria sedang bekerja remote | Sumber: Freepik

Belanja Online

Hayooo, siapa nih, yang sering bergadang waktu tanggal kembar? Jika dulu kita harus berbelanja ke pasar dan supermarket, sekarang kita bisa berbelanja hanya melalui aplikasi seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan semacamnya. Dengan adanya berbagai aplikasi tersebut belanja kebutuhan akan semakin mudah, kita tidak perlu mengeluarkan waktu dan tenaga untuk pergi ke pasar atau supermarket untuk belanja.

Di aplikasi yang sudah disebutkan tadi, kita bisa membeli banyak hal, seperti fashion, barang elektronik, kebutuhan sehari-hari, skincare, make up, perlengkapan rumah, dan lain-lain. Bahkan kita bisa transfer ke rekening, membeli pulsa, kuota internet, dan bayar listrik.

Ilustrasi dua wanita sedang belanja online | Sumber: Freepik

Wah, ternyata hidup di era digital ini banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan ya, SohIB. Meskipun akses digital memberikan dampak positif untuk kita, di sisi lain juga pasti mempunyai dampak negatifnya. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam memanfaatkan akses digital, misalnya dengan cara mengecek kebenaran suatu berita, SohIB harus cek dulu nih, apakah berita tersebut hoax atau tidak.