6 Komponen Wajib Tumpeng. Ternyata Ada Maknanya, lo!

6 Komponen Wajib Tumpeng. Ternyata Ada Maknanya, lo!

Makna komponen filosofi tumpeng berkaitan dengan hubungan antar manusia, Tuhan, dan alam | Sumber: Tastynesia.com

Masyarakat Indonesia tentunya tidak asing lagi dengan nasi tumpeng. Makanan khas Indonesia yang identik dengan simbol perayaan ini terdiri dari nasi berbentuk kerucut dengan aneka sayur dan lauk pauk yang mengelilinginya. Lebih dikenal dengan sebutan “tumpeng”, hidangan ini punya makna filosofisnya, lo SohIB!

Tahukah kamu, bila tumpeng berkaitan dengan hubungan antar manusia dengan Tuhan dan alam? Pembuatan tumpeng dengan bentuk uniknya digunakan sebagai sarana menghormati para arwah leluhur. Tak hanya itu saja, dari dulu hingga sekarang, tumpeng tetaplah diartikan sebagai perwujudan syukur manusia kepada Tuhan. Wah, keren, ya?

Jenis nasi tumpeng yang beredar di Indonesia sangat beragam, lo, guys! Ada tumpeng tujuh bulanan, tumpeng kendhit, tumpeng gundhul, tumpeng uduk, dan lain-lain. Meski banyak jenisnya, terdapat 8 menu utama dalam penyusunan tumpeng. Apa sajakah itu?

Nasi

Nasi menjadi list utama dalam penyajian tumpeng. Mengapa? Karena bukan tumpeng lagi namanya bila tidak ada nasi yang nantinya akan disusun mengerucut menyerupai gunung. Nasi yang digunakan bisa bermacam-macam, seperti nasi putih, nasi uduk, nasi kuning, bahkan nasi goreng.

Komponen yang satu ini melambangkan bahwa sesuatu yang kita makan haruslah bersumber dari yang bersih dan halal. Biasanya diletakkan di tengah nampan atau tempat penyajian tumpeng dan dibuat kerucut menjulang ke atas. Saat perayaan dilakukan, orang yang dituakan atau paling dihormati akan mendapat posisi pertama yang memotong bagian kuncup nasi tumpeng.

Baca juga: 5 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Kita, Nomor 3 Belum Banyak yang Tahu

Ayam Goreng

https://unsplash.com/photos/hnD-BKPakG4 Photo by Claudio Schwarz on Unsplash
Ayam goreng yang disajikan dalam tumpeng memiliki syarat tertentu | Sumber: Unsplash (Claudio Schwarz)

Ayam memang paling pas disajikan dengan masakan apapun. Saat disajikan bersama nasi tumpeng, ayam akan diungkep terlebih dahulu dengan bumbu kuning kemudian digoreng hingga berwarna kecoklatan.

Ayam yang dipilih pun tidak sembarangan. Biasanya hanya ayam jantan atau ayam jago karena dipercaya bisa membuang sifat angkuh, dan selalu benar sendiri yang identik dengan ayam jantan.

Sayur Urap

Sayur urap terdiri dari berbagai sayuran rebus seperti kacang panjang, bayam, tauge, kangkung, dan sesekali wortel yang diiris panjang. Urap akan dicampur dengan kelapa parut kering yang sudah dibumbui gurih dan pedas. 

Setiap sayuran yang dipilih mempunyai makna, nih! Kata urap sendiri senada dengan “urip”, dalam Bahasa Jawa artinya kehidupan. Aneka sayuran ini sebagai simbol bahwa alam semesta telah memberikan kita kehidupan. Diletakkan mengelilingi nasi tumpeng, berdampingan dengan lauk-pauknya.

Telur

https://unsplash.com/photos/onxjrr3Erwc
Telur diletakkan dalam tumpeng dengan dua jenis, bisa digoreng maupun direbus | Sumber: Unsplash (Louis Hansel)

Telur dalam sajian tumpeng biasanya dibuat dalam dua versi tergantung jenis tumpengnya. Bila kamu menyajikan nasi tumpeng kuning, telur akan didadar tipis dan dipotong-potong sebagai suwiran. Sedangkan untuk tumpeng nasi putih, telur biasanya hanya direbus saja dan dipotong menjadi dua bagian.

Di masa lampau, hasil produksi hewan ini disajikan lengkap dengan cangkangnya sebagai arti bahwa segala sesuatu harus kita rencanakan dengan baik (seperti mengupas telur dari cangkangnya).

Baca juga: SEO Tools yang Sering Digunakan Untuk Optimasi Website, Sudah Tahu?

Kering Tempe atau Kentang

Mau kering tempe atau kentang, semua lazim disajikan bersama tumpeng. Biasanya, tempe atau kentang akan digoreng tipis kering, lalu dimasak kembali dengan bumbu penyedap, gula jawa, dan irisan cabai. Tekstur yang dihasilkan menjadi crispy, manis, dan lengket.

Ikan Teri atau Ikan Asin (Gereh)

Sudah ada lauk dari darat, ditambahkan pula lauk dari laut. Tumpeng terasa kurang lengkap tanpa rasa asin gurih dari ikan asin tipis atau yang biasa disebut dengan gereh. Ikan ini akan digoreng hingga sangat kering sehingga mirip dengan keripik ikan. Gereh yang di air selalu hidup bergerombol diibaratkan seperti manusia yang tidak bisa hidup sendiri.

Di beberapa tipe tumpeng, biasanya akan ditambahi atau digantikan dengan ikan lele atau ikan bandeng.

Sambal

https://unsplash.com/photos/zcxEoLOCTvQ Photo by Keriliwi on Unsplash
Makanan Indonesia akan terasa kurang tanpa sambal | Sumber: Unsplash (Keriliwi)

Yang tak kalah penting, apalagi jika bukan sambal! Tumbukan cabai merah segar ini memang khas Indonesia banget. Sambal tumpeng biasanya akan digoreng terlebih dahulu sehingga menghasilkan warna merah layu yang menggugah selera.

Tidak ada syarat khusus untuk sambal tumpeng, bahkan beberapa dianggap sudah terwakili dari kering kentang atau tempe yang sudah dibumbui pedas.

Perkedel Kentang

Indonesia memang ahlinya dalam mengolah bahan makanan. Bila kentang biasanya hanya dibuat rebus, kukus, dan digoreng, SohIB akan menjumpai tumbukan kentang yang digoreng kembali hingga berwarna kuning keemasan. Yup, perkedel kentang!

Makanan ini terdiri dari kentang rebus atau goreng yang sudah dihaluskan, tambahkan bawang putih, irisan daun bawang, garam, telur, dan bentuk jadi lingkaran, kemudian goreng dalam minyak panas. Perkedel kentang adalah pelengkap lauk nasi tumpeng yang tidak boleh dilupakan.

Itu dia 8 menu penyusun nasi tumpeng di Indonesia. Banyak juga, ya? Membuat nasi tumpeng memang memerlukan waktu yang sedikit lebih lama, karena itu pembuatan tumpeng biasanya dilakukan beramai-ramai. Asyik lo, menjalin keakraban dengan orang di sekitarmu melalui makanan. Sudah hasil kreasi sendiri, dinikmati besama pula. Kurang nikmat apalagi, iya kan?

Baca juga: Ketahui 5 Hal Mendasar Tentang SEO

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)