7 Makanan Indonesia yang Mendunia, Ada yang dari Daerahmu?

7 Makanan Indonesia yang Mendunia, Ada yang dari Daerahmu?

Aneka makanan ringan khas Indonesia yang mendunia | Sumber: Unsplash (Fikri Rasyid)

Bukan rahasia lagi apabila Indonesia tak hanya memiliki beragam budaya yang indah, tetapi juga makanannya yang khas dan otentik. Tak heran, banyak makanan kita yang sudah mendunia dan beberapa di antaranya sudah banyak disajikan di luar negeri sebagai jamuan.

Citarasa yang kaya akan rempah-rempah dan jenisnya yang unik mampu menggoyang lidah tak hanya lokal, tetapi juga mancanegara. Agar SohIB semakin bangga dengan negara kita dan menambah pengetahuan, simak daftar 7 makanan Indonesia yang sudah mendunia! Ada yang berasal dari daerah kamu nggak, SohIB?

Baca juga: Keunikan Indonesia yang Negara Lain Jarang Miliki

1. Rendang

Tidak mungkin melupakan rendang sebagai daftar kuliner lokal yang populer di dunia! Masakan dari Sumatera Barat ini memang sangat dijagokan di antara makanan Indonesia lainnya. Bahkan, di tahun 2011, CNN Internasional menobatkannya sebagai peringkat pertama dalam World’s 50 Delicious Food! Lantas, apa sih, keistimewaannya?

Rendang merupakan daging sapi yang diolah dengan bumbu seperti bawang merah, lengkuas, cabai, dan jahe, lalu dimasak dalam waktu yang cukup lama. Rasanya cukup pedas dan kuat akan rempah-rempahnya. Menyantapnya akan kurang lengkap tanpa nasi panas yang mengepul, sambal hijau, dan rebusan daun singkong. Bahkan, bumbunya saja sudah bikin ketagihan lo, guys!

2. Sate

Sate adalah makanan yang terlihat simpel, tapi sangat enak | Sumber: Unsplash (Mufid Majnun)

“Te… sate…”

Makanan yang sering dijadikan sebagai menu makan malam ini digemari banyak orang, meskipun sangat simpel, lo! Sate disajikan ‘hanya’ berupa beberapa daging ayam yang ditusuk, bumbu kacang, lontong, dan irisan bawang merah-cabai. Namun, kesederhanaannya itu tetap menjadikan sate sebagai salah satu kuliner yang mendunia. Kamu suka juga?

3. Gado-gado

Nggak cuma bule saja yang memiliki salad sayuran sebagai menu vegetarian, karena Indonesia juga punya gado-gado yang nggak kalah mantap! Makanan yang sering disajikan sebagai menu makan siang ini terdiri dari berbagai sayuran seperti wortel, kacang panjang, kentang rebus, selada, kecambah, telur rebus, tahu, dan tempe, kemudian disiram dengan saus kacang yang menggoda. Jangan lupa juga sertakan dengan kerupuk warna merah yang sudah diremuk! Dijamin, perutmu tak hanya kenyang, tetapi juga tidak terlalu merasa bersalah karena sayuran di gado-gado bervitamin dan lebih rendah lemak!

4. Tempe

Tempe adalah lauk yang sangat pokok bagi masyarakat Indonesia. Dibuat dari fermentasi kacang kedelai, tempe atau tempeh ini disebut-sebut sebagai salah satu superfood karena kaya akan protein dan mineral baik, sehingga sering dijadikan sebagai pengganti daging oleh vegetarian. Bagaimana cara mengolah tempe yang paling kamu suka?

Baca juga: Cara Mengolah Makanan Yang Sehat, Sudah Tahu?

5. Soto

Yang satu ini memang memiliki varian yang beragam dan cara pengolahannya pun disesuaikan dengan daerahnya masing-masing. Sebagai contoh, soto dari Jawa Tengah cenderung berwarna bening dengan irisan daging dan kecambah, sedangkan soto betawi menggunakan santan dan bumbu yang kuat sehingga lebih kental dan gurih. Lain lagi dengan coto makassar yang berwarna lebih gelap dan berisi jeroan sapi.

Meskipun berbeda, tetapi yang pasti keberagaman soto haruslah berkuah dan sedap akan rempah-rempahnya. Oleh sebab itu, makanan berat ini lebih enak dimakan saat sedang hujan atau di musim dingin. Bisa dibayangkan ya, mengapa soto digilai banyak turis?

6. Nasi Padang

Jika SohIB menonton di YouTube tentang review makanan nusantara oleh orang luar negeri, nasi padang selalu menjadi list atas yang akan mereka santap. Kuliner khas Minangkabau, Sumatera Barat ini adalah nasi hangat yang disajikan dengan daun singkong rebus, kuah gulai, sambal hijau, dan aneka macam lauk, termasuk rendang dan ayam pop. Biasa dijual dengan porsi yang cukup besar, nasi padang yang amat kuat rempahnya ini hingga kini tetap menjadi favorit masyarakat sebagai menu makan siang yang mengenyangkan.

7. Gudeg

Gudeg rasanya manis dan lezat jika disajikan dengan krecek dan ayam bacem | Sumber: Wikipedia

Gudeg adalah salah satu kuliner asal Yogyakarta yang terbilang unik karena berasal dari parutan buah nangka muda yang diolah dengan gula aren, santan, lengkuas, biji ketumbar, kemiri, daun salam, dan bawang-bawangan selama berjam-jam. Rasanya terbilang manis sebagai ‘sayuran’ dengan nasi, tetapi tetap berhasil membuat banyak orang menggoyangkan lidahnya. Nasi gudeg akan lebih nikmat bila disantap dengan pelengkapnya, yakni sambal krecek, telur, dan suwiran ayam bacem.

Saking terkenalnya gudeg, beberapa pebisnis mengembangkan inovasi gudeg kalengan sebagai oleh-oleh dan bisa dikirim ke berbagai negara. Bahkan, di luar negeri juga ada yang menghadirkan menu ini di restorannya lo, salah satunya di Melbourne, Australia.  Wow, bangga banget, deh!

Baca juga: 7 Makanan Memperlancar ASI yang Mudah Ditemukan di Indonesia

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)