Kreasi Handuk Bekas, Bisa Menjadi Produk Berdaya Guna dan Berdaya Jual!

Kreasi Handuk Bekas, Bisa Menjadi Produk Berdaya Guna dan Berdaya Jual!

Pot bunga berbahan dasar semen dan handuk bekas | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Alhuda

#JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SobatHebatIndonesiaBaik

Hai, SohIB!

Tentu kita merasa sudah tidak asing dengan handuk, ya, kan? Bagaimana tidak, barang yang satu ini tentu lazim digunakan orang untuk mengeringkan anggota tubuh setelah melakukan aktivitas mandi.

SohIB mungkin bertanya, mengapa, sih, jadi membahas handuk? Eitss, tunggu dulu! Ada info menarik nih, tentang pemanfaatan handuk bekas! Kain pengering tubuh yang tidak terpakai lagi tersebut, bisa kita daur ulang jadi sebuah kreasi, lo! Contohnya adalah membuat pot bunga yang indah nan cantik. Hmm... Kira-kira, SohIB Sudah tahu belum cara mengolahnya?

Alat dan Bahan Pembuatan Pot Bunga dari Handuk Bekas

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Air
  • Semen putih/ hitam
  • Sarung tangan karet
  • Gunting
  • Pengaduk semen
  • Handuk bekas
  • Wadah/ tempat
  • Pot kecil/ ember
  • Pasir kasar (opsional)
  • Cat akrilik/ pilox

Langkah-Langkah Pembuatan Pot Bunga dari Handuk Bekas

1. Siapkan Adonan Semen

Adonan semen dalam sebuah ember | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Alhuda

Gunakanlah sarung tangan karet ketika akan memulai membuat adonan semen agar menjaga keamanan tangan dari sentuhan langsung dengan material. 

Masukan 2 cangkir semen ke dalam wadah, lalu campur dengan 1 cangkir air. Ukuran ini bisa diubah sesuai selera dan menyesuaikan sesuai kebutuhan, dengan perbandingan tetap 2:1.

Kemudian, tambahkan sedikit pasir kasar (opsional), lalu aduk hingga merata. Tenang saja, tanpa menggunakan pasir masih bisa dilakukan. Pastikan untuk mendapatkan adonan semen yang bagus, yakni tidak terlalu encer dan padat.

2. Masukan Handuk ke dalam Adonan

Semen untuk membuat pot bunga

Handuk dan semen yang akan digunakan dalam pembuatan pot bunga | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Alhuda

Langkah kedua, ambil handuk bekas dengan basahi terlebih dahulu handuk tersebut dengan air agar adonan semen benar-benar meresap ke dalam serat kainnya. Kemudian, lubangi handuk dengan gunting. Posisi lubang berada di bawah pot bunga untuk jalan pembuangan air pada pot bunga nanti.

Celupkan handuk ke dalam adonan semen sampai seluruh permukaannya tertutup sempurna. Ukuran handuk yang digunakan dapat mengikuti ukuran produk yang ingin dihasilkan dan dapat disesuaikan dengan cetakan, ya

3. Bentuk Handuk Sesuai Selera

Pot Bunga Karya Belgi Art Gallery

Tata cara pemasangan wadah/ ember/ cetakan pot bunga dan pemasangan handuk pada cetakan | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Alhuda

Ambil handuk yang sudah tercampur semen. Jangan peras adonan semen yang ada dalam handuk. Lalu, balikkan posisi pot atau ember (lihat gambar no.1) yang digunakan untuk cetakan.

Letakkan handuk di atasnya (lihat gambar no.2) dan pastikan posisi lubang berada pas di tengah. Atur bentuk atau desain pot yang kamu inginkan dan pertebal kembali permukaan luar tersebut dengan adonan semen menggunakan kuas dan pastikan semua terlapisi semen.

4. Proses Pengeringan

Pot Bunga Karya Belgi Art Gallery

Proses pengeringan pot bunga dari handuk bekas | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Alhuda

Keringkan handuk bekas selama satu malam. Bila hujan sedang melanda wilayah rumahmu, lakukan proses ini di dalam rumah atau tempat yang teduh. Intinya, jangan biarkan air hujan membasahi adonan semen yang sudah meresap pada handuk bekas.

Perhatikan jika handuk bekas tidak kering dalam satu malam. Bila demikian, berikan waktu tambahan hingga kreasimu tersebut mengering.

Bila sudah kering sempurna, Balikkan pot bunga yang berada dalam cetakan hingga membentuk seperti mangkok atau wadah (posisi seperti di gambar). Lapisi kembali bagian dalam pot bunga dengan semen menggunakan kuas.

Pastikan semua terlapisi semen dengan total, baik di luar maupun bagian dalam pot bunga dan tunggu kembali sampai mengering.

5. Percantik Pot Handuk Bekasmu

Pot Bunga berbahan dasar semen dan handuk bekas

Pot Bunga Karya Belgi Art Gallery | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Alhuda

Setelah semuanya kering, kita akan memasuki tahap akhir nih, SohIB! Tahap finishing ini yaitu dengan melakukan pengecetan atau pewarnaan pada pot bunga untuk mempercantik tampilan.

SohIB dapat menggunakan cat akrilik atau pilox dengan kombinasi warna yang indah dan menarik perhatian. Contohnya, perpaduan warna merah, biru, dan kuning atau warna-warna pastel. Kamu juga bisa membiarkan pot bunga tampil apa adanya dengan warna dasar semen dan handuk pun siap digunakan.

SohIB bisa menggunakan kreasi ini dengan tanaman hias imitasi ataupun tanaman alami, sesuai selera dan kebutuhan ruangan saja, ya!

Bagaimana SohIB, mudah bukan membuat pot bunga dari handuk bekas ini? Cara membuatnya pun sangat sederhana. Padahal, dalam prosesnya saja bisa menghabiskan waktu sekitar tiga hari, lo!

Sebagai tambahan, ternyata pot bunga ini memiliki keunggulan, lo! Ya, selain SohIB dapat memanfaatkan limbah handuk bekas yang tidak terpakai, produk yang dihasilkan dapat digunakan untuk mempercantik ruangan. Satu lagi, benda tersebut mempunyai berat yang lebih ringan daripada pot biasa dari tanah liat.

Di samping itu, pot bunga ini tidak mudah pecah karena terlindungi serat dari bahan handuk dan memiliki nilai artistik sehingga menghasilkan daya tarik tersendiri.

Pot Bunga Karya Belgi Art Gallery
Pemotretan produk Belgi Art oleh Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI) untuk Katalog Produk Ekonomi Kreatif Jabar

So, apa pendapatmu? Penjelasannya diatas mudah dipahami, bukan? Selamat mencoba, ya!