Seperti Ini lo, Konten YouTube yang Menarik, Fun, dan Edukatif!

Seperti Ini lo, Konten YouTube yang Menarik, Fun, dan Edukatif!

Membuat konten video di YouTube agar menarik | Sumber: Unsplash (CardMapr.nl)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Orang memilih untuk menonton YouTube untuk melupakan dunia sejenak dari penatnya bekerja atau belajar. Konten yang disajikan platform ini memang menyediakan sajian visual berbentuk video, sehingga lebih digemari oleh masyarakat terutama generasi milenial dan gen Z.

Lihat saja customer engagement di Instagram! Mereka yang menggunakan reels, hasilnya kemungkinan lebih tinggi daripada yang tidak. Hal itu karena video dirasa lebih interaktif dan menarik, dilengkapi suara, warna, body language, dan ekspresi yang itu semua ditangkap secara visual oleh penonton. Maka dari itu, tidak sedikit orang yang memiliki akun YouTube untuk mengekspresikan diri dan mencari tambahan uang, sembari melatih kepercayaan dirinya tampil depan kamera.

Apalagi di zaman ini sudah mulai terbuka mengenai banyak hal, tidak seperti zaman orang tua dan kakek nenek. Semua topik bisa dijadikan bahan konten asal cara membawakannya menarik, fun dan edukatif.

Nah, tentunya itu bisa menjadi peluang untuk SohIB yang ingin melatih tampil percaya diri di depan kamera, bahkan bisa jadi side job, lo! Membuat konten-konten di YouTube merupakan salah satu hal yang menawarkan pengalaman terbaik yang bisa SohIB dapatkan. Dengan membuat konten YouTube, SohIB memiliki peluang jadi influencer juga!

Berfokuslah pada mendapat pengalaman sebanyak mungkin dan sebarkan dampak positif yang luas yang bisa kamu berikan pada masyarakat. Bukan mengejar title "youtuber" atau "influencer". Sebab, orang-orang yang menyandang "gelar" tersebut sebetulnya membawa tanggung jawab moral atas isi konten-kontennya yang tidak bisa sembarangan.

Tanggung jawab moral akan lebih berat jika mayoritas viewer adalah anak-anak di bawah umur. Karena alasan itulah, karya yang layak dibuat dan paling bagus adalah konten YouTube yang menarik, fun, dan edukatif.

Lalu seperti apa sih, cara mendapatkan ide video yang menarik, fun, dan ada unsur edukasinya agar berkualitas dan tidak menyesatkan generasi muda? Cek yuk, di bawah ini!

Cara Mendapatkan Ide Konten YouTube

Amati konten-konten yang dibuat orang lain terlebih dahulu sebagai referensi | Sumber: Unsplash (Yura Fresh)

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana cara mendapatkan ide konten yang oke dan menarik. Sebenarnya, SohIB bisa mendapatkan inspirasi karya dengan menggunakan salah satu teknik yang sudah populer digunakan banyak content creator, yaitu teknik ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Berikut penjelasannya!

1. Cari referensi yang sesuai minatmu

Langkah pertama yang perlu SohIB lakukan yaitu membuka aplikasi YouTube dan cari topik yang sesuai dengan minat. Misalnya, kamu tertarik dengan dunia kerja, mungkin memberi knowledge pada netizen mengenai berbagai jenis pekerjaan beserta job desk-nya bisa kamu pilih. Nah, carilah beberapa akun yang memiliki topik demikian dan perhatikan bagaimana youtuber tersebut membuat video-nya.

Ingat, jangan hanya 1 karya saja yang jadi patokan! Carilah beberapa referensi sebagai pembanding dan sumber ide.

2. Pelajari isi kontennya

Setelah mendapatkan inspirasi yang menarik, ambil buku catatan atau gadget untuk melakukan pencatatan apa saja plus dan minus dari tayangan yang telah SohIB tonton. Pelajari isi kontennya, perhatikan segalanya seperti suara, lighting, pengambilan angle, storyboard, keunikan, pakaian, background, warna yang digunakan, hingga jenis kamera apa yang digunakan agar tampilan video dan suaranya jernih.

Fungsinya apa, sih melakukan itu? Tentu saja untuk mendapatkan celah kreativitas apa yang bisa dimasukkan ke dalam konten YouTube SohIB nanti.

3. Peluang untuk dimodifikasi dan dikreasikan ulang

Setelah mencatat apa saja kelebihan dan kekurangannya, petakan bagian mana yang kira-kira bisa diperbaiki dan ditambahkan sehingga menjadi ciri khas dan keunggulan SohIB.

Kamu wajib menampilkan kreasi yang berbeda dari konten yang menjadi referensimu, ya! Misalnya di video yang SohIB tonton, youtuber hanya menjelaskan secara lisan dan menampilkan gambar sesekali. Hal itu mungkin kurang oke karena dapat terasa monoton dan kaku, membuat viewers bosan melihatnya. Padahal kan, tujuan menonton YouTube adalah untuk me-refresh pikiran dengan melihat sesuatu yang menarik. Lebih bagus lagi jika bisa membuat tertawa.

Gunakan bahasa gaul dengan istilah anak muda zaman sekarang agar lebih dekat dengan target penonton, ditambah sedikit komedi agar tidak membosankan. Oiya, SohIB bahkan bisa membuat karyamu menjadi film series, lo!

All in all, menjadi youtuber dan membuat tayangan yang menarik itu sangat mungkin dan tidak ada kata terlambat. Better late than never, bukan? 

Tidak perlu takut viewer sedikit. Youtuber nomor wahid seperti Ria Ricis pun pada awalnya juga harus berjuang untuk merebut perhatian pengunjungnya!

Pelan-pelan, satu demi satu dikerjakan. Fokus pada mengumpulkan pengalaman, membangun kepercayaan diri, dan menyebarkan vibes positif kepada masyarakat. Jika begitu, goals-mu pasti akan tercapai!

Semoga artikel ini bisa mengubah mindset para SohIB di Indonesia, yaYuk, pastikan bacaan yang masuk ke pikiran adalah baik dan tidak misleading. Kamu bisa membaca artikel-artikel keren lainnya hanya di kanal ini! Sampai jumpa lagi!