Konsep Digital Marketing yang Wajib Kamu Ketahui Sebagai Pemula

Konsep Digital Marketing yang Wajib Kamu Ketahui Sebagai Pemula

Konsep Digital Marketing yang Wajib Kamu Ketahui Sebagai Pemula

Pernahkah kamu punya rencana untuk membangun bisnis? Jika iya, maka kamu perlu tau sama yang namanya konsep digital marketing

Berkembangnya dunia internet memungkinkan kamu untuk bisa melakukan promosi produk dan jasa yang kamu miliki melalui dunia digital. Hal ini akan memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis.

Membangun bisnis dari awal bukanlah hal yang mudah dilakukan. Kamu harus memiliki persiapan, melewati rintangan, pokoknya mengalami banyak jatuh bangunnya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengerti konsep digital marketing yang nantinya bisa kamu gunakan dalam merancang strategi pemasaran produk dan jasa melalui media internet atau digital.

Kenapa Digital Marketing itu Penting?

Mengutip dari pengertian digital marketing, saat ini kita berada di era digital yang dimana mengembangkan bisnis tidak hanya dilakukan secara offline lagi tetapi juga bisa dilakukan secara online.

Secara garis besarnya, digital marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran produk atau jasa yang memanfaatkan teknologi internet yaitu melalui media digital.

Dimana nantinya digital marketing ini akan sangat berguna dalam perkembangan perusahaan atau bisnis yang terjun secara online, misalnya memiliki website, marketplace atau sosial media. 

Semua hal tersebut akan dioptimalkan untuk mencapai strategi marketing yang efektif. Karena tanpa hal tersebut, digital marketing tidak bisa mencapai tujuan pemasaran yang sebenarnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah 5 Konsep Digital Marketing yang wajib kamu ketahui dan pelajari untuk membantu mengembangkan bisnis kamu.

1. Menjangkau Pelanggan Secara Online

Di era sekarang, banyak orang menghabiskan banyak waktunya di internet untuk berbagai kegiatan, apalagi saat pandemi.

Hal ini dapat dibuktikan oleh banyaknya orang yang online setiap harinya melalui unggahan yang mereka lakukan di sosial media.

Nah dari orang-orang online itulah yang nantinya bisa berpotensi menjadi pelanggan dari bisnis yang kamu kembangkan.

Sederhananya, kamu bisa menarik perhatian mereka dengan ikut memanfaatkan media digital tersebut seperti sosial media, website, email dan sejenisnya.

Ketika kamu sudah memutuskan untuk memperluas jangkauan bisnis secara digital, mau dari manapun bisnis kamu jalankan, hasilnya akan sangat berpotensi untuk mendapatkan perhatian secara online.

Itulah yang menejadi alasan mengapa kamu harus menerapkan konsep digital marketing.

2. Menjual Produk atau Jasa Secara Online

Jika kamu juga mengikuti perkembangan teknologi, maka kamu sudah sedikit mengerti tren pasar saat ini.

Karena semakin kesini, tren jual beli online semakin populer. Hal ini memungkinkan orang-orang melakukan pembelian produk di rumah tanpa harus keluar.

Hal ini terbukti dari banyaknya marketplace dan meningkatknya pengguna jual beli di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya.

Disisi lain, kamu bisa memanfaatkan website sebagai wadah dalam melakukan transaksi jual beli online. Sehingga tujuan digital marketing akan terpenuhi secara efektif.

3. Memahami Audiens

Dalam mengembangkan bisnis, kamu harus tahu kebutuhan target pasar yang sifatnya dinamis.

Penting bagi pemilik bisnis untuk terus melakukan riset pasar. Tujuannya adalah agar kamu bisa memahami kepuasan audiens terhadap produk yang kamu tawarkan. Lalu kamu juga harus mengetahui tren yang sedang disukai oleh pasar akhir-akhir ini.

Hal ini bertujuan supaya kamu punya bekal dalam menentukan arah bisnis untuk kedepannya.

Melalui digital marketing, bisnis kamu akan lebih mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Karena digital marketing sendiri dilakukan untuk memahami target pasar secara detail.

4. Pemasaran Melalui Iklan

Iklan merupakan salah satu channel pemasaran yang bisa kamu manfaatkan untuk menjangkau banyak orang sekaligus dengan waktu yang singkat.

Industri iklan saat ini sudah menjadi populer karena banyaknya penawaran yang ada. Dampaknya, kompetisi antar bisnis juga semakin meningkat sehingga membuat setiap bisnis harus memahami dan mempelajari teknik membuat iklan yang baru.

Sebagai digital marketer, kamu bisa menjangkau audiens melalui iklan sesuai dengan target pasar yang kamu tentukan. Artinya, iklan hanya akan tampil pada orang yang tepat sasaran saja.

5. Analisa Pemasaran

Setelah kamu mengetahui konsep dari digital marketing, maka selanjutnya kamu juga harus tau sama yang namanya analisa.

Karena analisis pemasaran sangat mempengaruhi performa iklan yang kamu buat.

Ada banyak tools yang bisa kamu gunakan untuk melakukan riset seperti Google Trens, Google Analytic, dan yang lainnya.

Pada dasarnya, ketika kamu menggunakan tools tersebut nantinya kamu akan semakin memahami pelanggan hingga akhirnya bisa memperkuat strategi pemasaran.

Kesimpulan

Konsep digital marketing sendiri adalah sebuah cara mengembangkan bisnis melalui media digital.

Pada dasarnya, kita memanfaatkan segala media yang ada di internet untuk melakukan pemasaran secara online.

Kamu bisa mempelajari digital marketing secara perlahan-lahan. Dimulai dari memahami konsep digital marketing itu sendiri.

Semoga bermanfaat!