5 Keuntungan Presidensi G20 bagi Indonesia, Bantu Promosi Pariwisata!

5 Keuntungan Presidensi G20 bagi Indonesia, Bantu Promosi Pariwisata!

Keuntungan Presidensi G20 bagi Indonesia | Sumber: g20.org

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Totalitas Indonesia dalam menyambut para pemimpin dunia dalam agenda G20 sudah tak diragukan lagi. Mulai dari bandara VVIP sampai sistem pengamanan ketat, semua dipersiapkan dengan baik. Dengan biaya yang tentunya tidak sedikit, kita mungkin bertanya-tanya apa keuntungan Presidensi G20 bagi Indonesia.

Presidensi G20 Indonesia merupakan momentum strategis dan potensial. Tidak hanya pemerintah pusat, pemerintah daerah juga ikut merasakan berbagai dampak dan manfaat dari pengadaan pertemuan tersebut. Melalui Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), pemda menyebut ada lima dimensi yang terdampak baik, yakni pariwisata, perdagangan, perkotaan, perdamaian, dan kepemimpinan muda.

Dari kelima dimensi tersebut, apa saja keuntungan Presidensi G20 bagi Indonesia, ya? Langsung saja simak penjelasannya supaya tahu jawabannya!

1. Mengenalkan Destinasi Wisata

Presidensi G20 Indonesia untuk mengenalkan destinasi wisata
Presidensi G20 dapat mengenalkan berbagai destinasi wisata Indonesia. | Sumber: Freepik (tawatchai07)

Pertemuan G20 tidak selesai dalam waktu sehari-dua hari, melainkan sepanjang tahun 2022. Tidak hanya Bali, sebanyak 13 provinsi juga ditunjuk menjadi tuan rumah dalam rangkaian kegiatan bergengsi tersebut.

Sebanyak 514 kota/kabupaten akan mendapatkan spillover effect dari pelaksanaan forum G20. Ini merupakan kesempatan emas untuk bisa mengenalkan berbagai destinasi wisata Indonesia kepada dunia. Karena itu, kita harus segera membenahi sektor pariwisata yang sempat mandek selama pandemi.

Selain mempersiapkan diri untuk bisa menangkap peluang dalam Presidensi G20, pembangunan sektor pariwisata sangat penting agar kita tidak kalah saing dengan destinasi wisata dari negara-negara lain. Siapa, sih, yang nggak bangga kalau Indonesia jadi tujuan wisata papan atas di dunia?

2. Peluang Ekonomi yang Menjanjikan

Presidensi G20 Indonesia membuka peluang ekonomi
Presidensi G20 Indonesia membuka peluang perdagangan, investasi, dan industri. | Sumber: Freepik (upklyak)

Pemulihan ekonomi menjadi salah satu misi utama dalam Presidensi G20 Indonesia. Bertemunya para pemimpin dunia dalam forum multilateral ini akan membuka peluang perdagangan, investasi, dan industri melalui pertemuan turunan G20, seperti Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) dan Business 20 (B20). Wah, Indonesia akan sangat diuntungkan, nih!

Pertemuan G20 TIIWG dilakukan untuk membahas upaya dan kebijakan setiap negara dalam mendesain kebijakan perdagangannya untuk pulih kembali. Sementara itu, B20 merupakan forum dialog antara komunitas bisnis global dalam agenda G20. Kedua pertemuan ini tentunya bisa mengakomodasi kebijakan ekonomi dan perdagangan yang bisa memberikan keuntungan bagi negara.

Baca Juga: Berdayakan UMKM melalui Momentum Presidensi G20

3. Memajukan Pembangunan Daerah

Presidensi G20 Indonesia untuk memajukan pembangunan daerah
Presidensi G20 Indonesia memberikan keuntungan untuk pembangunan daerah. | Sumber: Freepik (nikitabuida)

Siapa di sini yang jadi perantau di kota? Kalau iya, kamu adalah salah satu penyebab terjadinya urban sprawl! Fenomena ini membuat perkotaan semakin sesak dengan perumahan dan ruang terbuka hijau pun semakin berkurang.

Melalui Urban 20 (U20), para pemimpin kota saling berkolaborasi untuk membawa masalah perkotaan ke garis depan agenda G20. Beberapa contohnya adalah isu terkait transportasi dan lingkungan hidup, climate change, dan pembangunan berkelanjutan.

Lebih jauh lagi, Presidensi G20 akan membuka secara luas kerja sama intens dengan negara-negara yang tergabung dalam forum ini. Harapannya seluruh pemerintah kota/kabupaten bisa memanfaatkan agenda G20 dengan maksimal agar pembangunan daerah semakin menggeliat serta mampu mengentaskan berbagai permasalahan yang ada.

4. Mewujudkan Perdamaian

Presidensi G20 Indonesia dapat mewujudkan perdamaian
Presidensi G20 Indonesia memberikan peran untuk mewujudkan perdamaian. | Sumber: Pexels (Jonathan Meyer)

Keuntungan Presidensi G20 bagi Indonesia berikutnya berkaitan dengan perdamaian. Melalui kepemimpinannya dalam G20, Indonesia dapat mengambil langkah nyata untuk mewujudkan perdamaian dunia, baik antarnegara, tingkat pemerintahan, hingga lingkungan masyarakat.

Sebagai salah satu rangkaian kegiatan G20, forum Religion 20 (R20) menjadi upaya Indonesia dalam mengajak para pemimpin agama sedunia untuk bergotong-royong mengatasi konflik yang mengatasnamakan agama. Melalui R20 pula, Indonesia menjadi inspirasi bagi kehidupan antaragama secara global. So, kita harus menjaga toleransi beragama karena Indonesia sudah menjadi contoh dalam G20, nih!

Baca Juga: Peran Pemuda untuk Presidensi G20 Indonesia, Apa yang Bisa Dilakukan?

5. Membangkitkan Kepemimpinan Muda

Presidensi G20 Indonesia dan kontribusi pemuda
Presidensi G20 Indonesia mendukung peran aktif pemuda. | Sumber: Pexels (fauxels)

G20 memberikan manfaat kepada kelompok muda dengan berbagai macam kegiatan. Apalagi, saat ini Indonesia sedang mengalami bonus demografi sehingga penduduk usia produktif dalam jumlah yang banyak ini akan mendapatkan kesempatan untuk menyalurkan kontribusi terbaiknya. Ditunjuknya Maudy Ayunda sebagai juru bicara pemerintah menjadi bukti bahwa Presidensi G20 sangat mendukung keterlibatan pemuda dalam agenda besar ini.

Salah satu rangkaian kegiatan G20, Youth 20 (Y20), yang digelar pada bulan Juli 2022 memberikan kesempatan luas bagi pemuda untuk menyampaikan aspirasinya agar didengar oleh para pemangku kebijakan. Nah, kita juga bisa memanfaatkan agenda G20 dengan cara-cara lain, seperti mendukung berbagai event showcasing potensi Indonesia dan menyebarkan berita positif melalui media sosial.

Wah, ternyata banyak, ya, keuntungan Presidensi G20 bagi Indonesia! Karena sekarang sudah tahu berbagai keuntungannya, agenda G20 yang hampir rampung harus kita maksimalkan pelaksanaannya agar kesempatan emas yang ada nggak sia-sia.

Jangan lupa untuk terus ikuti berbagai artikel menarik lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id. Kamu juga bisa menyebarkan konten-konten positif dengan menjadi kontributor di sini. Tunggu apa lagi, yuk, jadi kontributor SohIB sekarang juga!

Editor: Fria Sumitro