5 Keuntungan Jadi Freelancer yang Harus Kamu Tahu!

5 Keuntungan Jadi Freelancer yang Harus Kamu Tahu!

5 keuntungan menjadi freelancer, apa saja? | Sumber: Unsplash (Andrew Neel)

Selama pandemi COVID-19 berlangsung, pergerakkan keluar rumah nyaris dinonaktifkan. Tak ayal, hal tersebut membuat mereka para pencari kerja dan lulusan baru sedikit terhambat dalam mencari lowongan kerja. Namun, berkat situasi ini juga, minat masyarakat terhadap freelancer justru semakin tinggi.

Freelancer atau pekerja lepas adalah mereka yang bekerja tanpa ikatan di perusahaan tertentu, biasanya ‘hanya’ dengan perjanjian yang disepakati bersama, tanpa mendapatkan hak-hak penuh seperti karyawan pada umumnya. Imbalan yang diberikan biasanya berupa gaji yang sudah ditentukan, tanpa asuransi, tunjangan, dan fasilitas lain.

Menjadi seorang freelancer bisa dikatakan sebagai ‘the real wfh born to be’, sebab mereka tidak perlu pergi ke kantor dan melakukan pekerjaan tanpa batas waktu dan aturan. Meski dari segi pendapatan tidak selalu menjanjikan karena tidak pasti setiap bulannya, tetapi profesi ini sangat digandrungi oleh generasi milenial masa kini.

Kamu tidak perlu khawatir dipandang ‘tetangga sebelah’ sebagai kaum rebahan tanpa penghasilan, karena meskipun di rumah aja, SohIB tetap bisa berkarya dan tentunya mendapatkan cuan. Berikut ini adalah 5 keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebagai pekerja lepas!

Baca juga: WFH vs WFO, Pilih Mana?

Jam Kerja Fleksibel, Bisa Kerja di Cafe Ala Eksmud

https://unsplash.com/photos/BXOXnQ26B7o Photo by Aron Visuals on Unsplash
Jam kerja fleksibel dan bisa di mana saja | Sumber: Unsplash (Aron Visuals)

Yes, kekuatan utama para freelancer ada pada poin pertama ini. Say good bye to 9-4 pm karena kamu bisa menentukan waktu kerjamu sesuka hati dengan target yang bisa kamu atur sendiri. Hal ini sangat menguntungkan bagi SohIB yang masih ingin mencari penghasilan tambahan di tempat lainnya.

Kelebihan lain yang bisa kamu pertimbangkan dari segi konten adalah bisa bekerja ala-ala di kafe estetik seperti eksekutif muda. Bayangkan saja, sambil bekerja, kamu bisa memilih suasana yang nyaman untuk membangkitkan mood dan melahirkan inspirasi dalam berkarya! Tentunya, siapkan budget tambahan untuk mewujudkan situasi itu, ya!

Seimbang Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

https://unsplash.com/photos/oRl7BoX7QCE Photo by Elevate on Unsplash
Main bisa, nongkrong bisa, tapi tetap berpenghasilan dari rumah! | Sumber: Unsplash (Elevate)

Pekerja lepas digaji sesuai dengan keahlian yang dimiliki, bukan dari attitude kamu di kantor sehari-hari. Kondisi ini sangat cocok diperuntukkan bagi SohIB yang mungkin kurang menyenangi saat bertemu dengan banyak orang, dituntut melakukan presentasi pekerjaan di depan khalayak, atau kurang berpartisi aktif dalam tim.

Ini adalah kabar yang baik karena berarti kamu tidak perlu menjadi pribadi yang bukan kamu banget demi mengambil hati atasan.

Di sisi lain, pekerjaan yang fleksibel ini membuat kita mungkin lebih mudah membagi waktu antara kehidupan sosial dan profesional. So, kamu bisa tetap bermain bersama teman-teman atau liburan dan tetap bekerja di mana saja.

Baca juga: Tertarik Bekerja Di Startup? Ini 5 Keuntungannya!

Bagus Sebagai Pengalaman dan Menambah Portofolio

https://unsplash.com/photos/0LaBRkmH4fM Photo by Arisa Chattasa on Unsplash
Portofolio menjadi salah satu pendukung CV yang penting | Sumber: Unsplash (Arisa Chattasa)

Mengikuti rekrutmen perusahaan sebagai karyawan biasanya memakan waktu dan tenaga yang lebih lama dibandingkan pendaftaran sebagai freelancer. Oleh sebab itu, profesi ini digemari banyak orang dari yang tadinya sekadar sambil menunggu pengumuman pekerjaan tetap, mencari tambahan uang, hingga benar-benar memutuskan menjadi freelancer sejati.

Coba kita pikirkan, waktu menunggu 3 bulan ketika diisi dengan pengalaman kerja sebagai pekerja lepas bisa jadi sangat menguntungkan. Bila SohIB memiliki beberapa skill dan bisa dikembangkan saat berkarier menjadi freelancer, maka kamu sama saja telah menambah daftar panjang keahlianmu. Selain cuan terus mengalir, portofolio pun akan semakin kaya!

Relasi Semakin Luas

https://unsplash.com/photos/2FPjlAyMQTA Photo by John Schnobrich on Unsplash
Meskipun bekerja enggak di kantor, tetapi menjadi freelancer tidak akan membuatku kehilangan networking | Sumber: Unsplash (John Schnobrich)

Freelancer memang tidak mesti mendapatkan pekerjaan tetap, akan tetapi ini juga menandakan bahwa kamu berkesempatan untuk memperluas jejaring pertemananmu dalam lingkup yang profesional. Bukan tidak mungkin, suatu saat SohIB akan dipanggil oleh perusahaan atau pihak yang dulu pernah menggunakan jasa kita untuk bekerja sama kembali.

Hemat Banget!

https://unsplash.com/photos/gy5SlRW9OGA Photo by Good Faces on Unsplash
Bisa hemat menjadi salah satu hal yang menggiurkan! | Sumber: Unsplash (Good Faces)

Of course, siapa yang tidak suka dapat lebih hemat tanpa harus berupaya keras? Freelancer biasanya lebih memilih bekerja di rumah dan hanya pergi bekerja di luar rumah sesekali untuk penyegaran pikiran. Otomatis, SohIB akan lebih sedikit dalam pengeluaran bensin, makanan (bagi yang tinggal di rumah), dan lainnya.

Masih banyak lagi hal yang bisa kita dapatkan ketika memutuskan menjadi pekerja lepas. Bekerja dengan sistem apapun, baik wfo maupun wfh, semuanya menuntut kita untuk tetap bersikap profesional dan bertanggung jawab. Namun, dengan beberapa poin di atas, apakah SohIB mulai tertarik untuk berkecimpung di dunia freelance?

Baca juga: Tim WFH, Ini 5 Aplikasi Absensi Online Untuk Kamu!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)