Kesalahan Umum Saat Travelling, Kamu Juga?

Kesalahan Umum Saat Travelling, Kamu Juga?

Persiapkan berliburmu dengan nyaman dan hindari kesalahan ini | Sumber: (Glenn Carsten Peters)

Hampir semua orang pasti merasa sangat antusias apabila berbicara tentang travelling. Selain menyenangkan, berlibur juga bermanfaat untuk melepaskan beban pikiran dan tentunya memberikan kita kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat baru yang indah.

Pengalaman yang tak terlupakan tentu akan menjadi sebuah memori tersendiri yang mahal untuk didapatkan. Oleh sebab itu, biasanya orang senang merencanakan perjalanannya dengan matang, agar terlaksana dengan baik.

Namun, apa jadinya bila ternyata upaya kita agar bepergian dengan nyaman masih menemui hambatan? Normalnya, hambatan tersebut terjadi karena kesalahan SohIB yang menganggap beberapa hal hanya sepele belaka. Nah, agar travelling-mu menjadi pengalaman yang sempurna, hindari 7 kesalahan umum ini saat bepergian. Check this out!

7 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Jangan Dibawa Ketika Travelling, Serba Repot!

1. Membawa Barang Berlebihan

Jangan bawa barang secara berlebihan
Jangan bawa barang secara berlebihan | Sumber: Unsplash (Damara Isenchmidt)

Saking antusiasnya, SohIB kemudian membawa pakaian terlalu banyak agar bisa ganti-ganti busana ketika foto ria. Pun juga dengan peralatan pribadi lainnya, hair dryer, handuk, buku bacaan.. semuanya dibawa! Akhirnya, bagasi di keberangkatan saja sudah membludak. Padahal, bisa jadi kamu tertarik untuk membeli oleh-oleh selama melancong nanti.

Untuk itu, usahakan untuk membawa pakaian dan barang lainnya secukupnya saja. Akan lebih baik lagi jika SohIB sudah menyiapkan space kosong khusus untuk belanjaanmu nanti.

Mungkin, ketika di rumah, kamu memang terbiasa menggunakan hair dryer setelah mencuci rambut. Namun, selama berlibur, sesekali menggunakan kain sebagai pengering rambut juga tidak masalah bukan?

Sangat disarankan juga SohIB untuk membawa pakaian yang mudah kering dan warnanya lebih netral agar bisa dipadu padan dengan gampang. Jika kamu khawatir akan kehabisan pakaian selama di sana, manfaatkan laundry coin. Biasanya nggak terlalu menguras kantong, kok!

Handuk memang sangat berkaitan dengan higienitas. Sebab, kain tersebut akan bersentuhan langsung dengan kulit kita. Untuk masalah ini, sebetulnya opsional saja. Biasanya, setiap penginapan memang sudah menyediakan handuk dan mesin pengering rambut di setiap kamar. Sehingga, kamu bisa sedikit bernapas lega.

2. Lupa Mengecek SIM dan Data Internet

Kalau traveling dalam negeri, mungkin situasi kita akan lebih aman, selama ada pulsa dan kuota internet. Akan tetapi, kamu harus lebih teliti lagi apabila sedang akan berwisata ke luar negeri. Pasalnya, dalam lintas negara, tentu saja akan ada perbedaan provider seluler yang digunakan.

Saat ini, banyak negara yang telah menyediakan akses internet secara gratis kepada publik. Kamu bisa menggunakannya sementara, sembari mencari toko yang menjual pulsa dan kuota. Biasanya, minimarket telah menyediakan jual beli kartu seluler, meskipun mungkin sedikit lebih mahal.

3. Tidak Memisahkan Dokumen Penting ke dalam Tas Kecil

Sudah menjadi peraturan sejak lama apabila menggunakan transportasi umum seperti bus, pesawat, ataupun kereta, semua penumpang wajib menunjukkan kartu identitas diri dan bukti vaksin COVID-19 untuk yang terbaru.

Nah, agar memudahkan SohIB saat pemeriksaan sedang berlangsung, sisipkan saja dokumen-dokumen penting seperti ini ke dalam satu tas kecil yang kamu bawa ke mana-mana. Tentu akan sangat merepotkan bukan, jika harus membongkar koper atau tas besar, hanya demi menemukan kartu identitas berukuran kecil yang sangat mungkin terselip?

Liburan Sebentar Lagi, Ini Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi!

4. Tidak Mempertimbangkan Jarak dan Waktu

Memesan tiket perjalanan selanjutnya dengan sangat mepet sangat beresiko, lo! Alasannya, kamu belum tahu dengan pasti, apakah transportasi yang SohIB gunakan juga bisa tepat waktu. Oleh karena itu, lebih baik berikan jeda antara satu hingga dua jam menuju kendaraan berikutnya.

Selain itu, usahakan jangan mem-planning destinasi wisata yang mau dikunjungi untuk satu hari saja! Bisa jadi, ternyata tempat yang mau kamu kunjungi memiliki jarak yang terlalu jauh dan bisa merusak agenda lain yang sudah direncanakan.

Cari informasi apakah tempat-tempat yang akan kamu datangi ada yang berdekatan, kemudian jadikan lokasi tersebut sebagai pemberhentianmu dalam satu hari. Lalu, untuk hari selanjutnya, pilih destinasi wisata lain, meski yang agak jauh sekalipun. Apabila kamu bisa menemukan tempat berlibur yang menawarkan free entry, akan lebih baik lagi, karena bisa menghemat budget!

5. Menunda Menukar Mata Uang Asing

Ahh.. nanti aja deh, nukar uangnya! Siapa tahu di negaranya sendiri jadi lebih murah!

Hayo, siapa yang pernah berpikir seperti ini? Nilai tukar mata uang memang bisa berbeda-beda, dari satu tempat ke tempat lainnya. Namun, selisihnya sebetulnya nggak jauh berbeda, kok. Selain itu, akan lebih aman jika SohIB tetap prepare mengantongi uang yang sesuai dengan negara yang kamu tuju. Siapa tahu, di bandara nanti, kamu membutuhkannya untuk darurat.

6. Tergiur Harga Murah

Bisa ke luar kota atau luar negeri dengan biaya yang murah meriah tentu saja adalah anugerah! Lagipula, siapa sih, yang nggak suka promo? Bila beruntung, kita bisa saja mendapatkan tiket penerbangan atau penginapan dengan harga terjangkau dan fasilitas oke.

Hanya saja, pastikan dengan betul, apa saja prasyarat dan kondisinya. Dikhawatirkan, tiket perjalanan menjadi murah, sebab kamu harus transit di banyak tempat dan membuat estimasi waktu semakin lama. Lalu, untuk hotel sendiri, pertimbangkan review yang ditinggalkan pengunjung sana dan sejauh apa dengan fasilitas umum yang mungkin kamu perlukan, seperti pusat berbelanja, minimarket, stasiun, rumah sakit, dan lainnya.

7. Tidak Membawa Obat pribadi

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi
Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi | Sumber: Unsplash (Christine Sandu)

Sedia payung sebelum hujan!

Peribahasa di atas mengingatkan kita untuk tidak menggampangkan sesuatu dan lebih baik untuk mempersiapkan diri daripada sulit di kemudian hari. Dalam bepergian, kita memang tidak pernah mengharapkan sesuatu yang buruk terjadi.

Namun, tetap saja, sangat disarankan bagi kamu untuk membawa obat-obatan pribadi, berjaga-jaga jika terjadi hal yang di luar prediksi. Toh, biarpun kita dalam keadaan sehat, bisa saja ada orang lain yang kita temui membutuhkan obat yang kita bawa. Satu kebaikan untuk menebarkan kebaikan lainnya!

Ciri Obat Tidak Layak Konsumsi Lagi, Kamu Harus Hati-hati!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)