10 Kemudahan Era Digital dalam Kehidupan Sehari-hari

10 Kemudahan Era Digital dalam Kehidupan Sehari-hari

Era digital memudahkan pekerjaan I Pixabay

#JadiKontributorJadiInspirator #SobatHebatIndonesia #BerbagiMenginspirasi

Seiring berkembangnya zaman, semakin canggih juga teknologi. Dengan hadirnya digital pada kehidupan, membuat pekerjaan manusia menjadi mudah. Asalkan jaringan internet lancar, semua sudah bisa diakses bahkan hanya melalui smartphone saja.

Hal tersebut menguntungkan bagi Gen Z, karena mereka hidup berdampingan dengan dunia digital. Beda halnya dengan generasi sebelumnya yang mungkin kebingungan adaptasi dengan digial. Meski begitu, kita harus belajar terus terhadap teknologi karena banyak sekali manfaatnya yang kita rasakan dalam kehidupan. Berikut kemudahan di era digital yang bisa kita rasakan manfaatnya!

1. Memudahkan Pekerjaan

Dalam era digital ini sangat memudahkan pekerjaan. Kita bisa bekerja di mana saja bahkan dari rumah. Ini menguntungkan bagi ibu rumah tangga yang ingin tetap bekerja meski hanya dari rumah. Juga menguntungkan bagi pekerja kantoran untuk tetap bisa mengakses pekerjaannya dari mana saja.

2. Memudahkan Komunikasi

Era digital menghubungkan banyak orang dalam satu waktu. Tidak perlu lagi menunggu balasan surat yang begitu lama. Hanya melalui aplikasi pesan online kita sudah bisa mendapatkan kabar meski jaraknya jauh. Selain suara, rindu kita terobati dengan bertatap muka secara video call dengan orang yang jaraknya jauh.

3. Memajukan Dunia Pendidikan

Selama pandemi, kita tidak bisa bertemu banyak orang secara bebas. Dalam era digital, tentu pendidikan juga bisa di akses dari rumah. Maka dari itu, pembelajaran dilakukan melalui sistem daring (dalam jaringan).

Untuk proses belajar, sekarang juga sudah banyak aplikasi yang memudahkan kita untuk belajar, dibantu oleh para pengajar yang handal dan menyenangkan. Belajar jadi semakin asik dan seru.

4. Bebas Berpendapat

Dengan adanya ruang digital ini membuat kamu semakin ekspresif dan bisa menyuarakan banyak hal. Kamu bisa menyampaikan pendapatmu tentang isu yang sedang ramai diperbincangkan. Tentunya dengan bahasa yang sopan.

5. Menyalurkan Minat dan Bakat

Kamu bisa menunjukkan bakatmu melalui platform YouTube dan media sosial. Meski dilakukan di rumah, tapi kamu bisa ditonton jutaan masyarakat Indonesia, bahkan bisa sampai luar negeri juga. Manfaatkan kesempatan ini agar bisa berkarya dan bisa menghasilkan uang.

6. Menghasilkan Uang

Banyak sekarang yang memanfaatkan dunia digital untuk berjualan di e-commerce. Berjualan online menjadi solusi juga membantu meningkatkan UMKM. Berjualan bisa tanpa modal dengan menjadi reseller atau kerja sama dengan pelaku bisnis tersebut.

Petani di desa juga bisa memasarkan hasil kebunnya melalui e-commerce. Selain berjualan, kita juga bisa memuat konten yang menghasilkan uang, loh! Konten yang menarik dan berkualitas akan semakin banyak yang menontonnya.

7. Transaksi Menjadi Lebih Mudah

Kalau dulu kita harus mengantri berjam-jam untuk membayar tagihan listrik dan air, sekarang jadi lebih praktis tinggal klik-klik saja semua urusan sudah beres. Melalui satu smartphone, transaksi kita bisa selesai tidak lebih dari 5 menit.

8. Belanja Online

Kita juga bisa belanja dari rumah tanpa harus pergi jauh-jauh. Banyaknya E-commerce memudahkan kita belanja dan banyak beragam macam pilihan barang.

9. Belajar Otodidak

Bagi kamu yang ingin mempelajari sesuatu, kamu bisa mempelajarinya melalui YouTube. Jika ingin belajar menggunakan make-up, kita bisa tonton channel yang menayangkan cara menggunakan make-up. Termasuk para ibu yang ingin belajar memasak atau mencari referensi menu keluarga, bisa menonton tayangan memasak seperti Chef Devina Hermawan, Willgoz, Jerr, dan masih banyak lagi.

10. Literasi Digital

Hebatnya era digital ini bisa merambah ke berbagai aspek termasuk literasi. Kita bisa membaca buku secara online. Perpustakaan Nasional juga bsia diakses secara online. Kita bisa pinjam atau baca buku secara online tanpa harus jauh pergi ke Jakarta. Wah, menarik, ya!

Nah, itulah 10 kemudahan yang bisa kamu dapatkan melaui era digital. Sangat memudahkan urusan sehari-hari, bukan? Nomor berapa yang sangat membantu kamu?