4 Kemampuan untuk Menjadi Content Writer yang Harus Dimiliki

4 Kemampuan untuk Menjadi Content Writer yang Harus Dimiliki

Semakin berkembang dunia digital semakin dibutuhkannya content writer | Gambar : Freepik.com (rawpixel.com)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Siapa bilang skill menulis adalah keahlian yang tidak menguntungkan? Saat ini, bahkan untuk masa depan, profesi yang berhubungan dengan menulis memiliki peluang yang sangat besar.

Kita semua percaya bahwa era ini adalah era keberlimpahan informasi dari Internet. Aksesnya juga cukup mudah, ketikkan saja apa yang ingin diketahui di kolom pencarian, maka apa yang ingin diketahui akan muncul dengan cepat dalam layar gadget.

Proses penyebaran pesan pun begitu cepat. Apa yang terjadi di bagian bumi sebelah barat akan diketahui dengan cepat di bagian timur.

Orang-orang saat ini dapat menjadikan internet menjadi sumber informasi mereka. Data terbaru APJII mengungkapkan, jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Bahkan, pada tahun 2022 kemarin sudah mencapai 210 juta pengguna.

Di mana-mana, kita selalu melihat orang menggunakan gadget-nya. Sesekali, kita juga akan merasa bosan jika tidak memegang gadget dalam waktu yang lama. Maka dari itu, saat ini dunia dapat dikatakan menjadi era digital, yang mana mencari informasi adalah hal yang utama saat ini. Orang-orang berlomba memburu berita sehingga menjadi si paling update.

Dalam mengurus berita yang disajikan di internet, kita akan dibutuhkan namanya content writer. content writer adalah seorang penulis profesional yang menghasilkan konten konten kreatif di platform online.

Jenis pekerjaan tersebut sekarang sangat digemari perusahaan karena perputaran bisnis terkini memahami pentingnya memiliki konten yang berkualitas. Oleh sebab itu, mereka membutuhkan seseorang yang mampu membuat konten untuk bersaing dengan kompetitornya. Konten yang berkualitas pun menjadi daya tarik bagi target pasar dari sebuah perusahaan agar dapat terus mengikuti perkembangan dari produk atau hal yang ditawarkan.

Dengan pesatnya era digital saat ini dan akan terus berkembang ke depannya, kemampuan content writing sangat dibutuhkan. Adapun keahlian yang harus dimiliki oleh seorang content writer adalah:

1. Punya Keterampilan Menulis

Keterampilan menulis adalah modal utama bagi seorang content writer | Gambar : Freepik.com (drobotdean)

Semua orang dapat menulis, tapi menulis yang dimaksudkan adalah menulis sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Di Indonesia sendiri, kaidah yang digunakan adalah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia atau disingkat PUEBI, meskipun beberapa waktu silam, kita telah beralih kembali menggunakan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Keterampilan menulis adalah modal utama bagi seorang content writer. Memiliki banyak pengetahuan mengenai gaya penulisan juga menjadi senjata bagi seorang penulis konten. Beda gaya penulisan beda juga target yang dituju. Maka dengan mengetahui banyaknya gaya penulisan, dapat meningkatkan kualitas sebagai seorang content writer.

2. Memahami SEO

Dengan memahami kaidah penulisan sesuai SEO membuat konten yang kita buat mudah ditemukan orang | Gambar : Freepik.com (rawpixel.com)

Menjadi seorang content writer harus memahami Search Engine Optimization atau yang biasa dikenal sebagai SEO. Singkatnya, penulis konten harus mampu mengoptimalkan karyanya itu agar berada pada halaman utama hasil pencarian. Hal ini diperuntukkan agar tulisan yang kita buat dapat dengan mudah ditemukan oleh orang-orang.

3. Selektif saat Riset

Informasi yang kredibel akan membuat penikmat konten kembali untuk menikmati konten kita | gambar : Freepik.com (Kroshka_nastya)

Sebelum menghasilkan tulisan, content writer harus melakukan riset terlebih dahulu agar konten yang dihasilkan bisa tepat sasaran. Menulis adalah proses mengeluarkan data yang ada di kepala. Data tersebut didapatkan dengan cara banyak membaca atau diskusi bersama teman.

Dengan riset yang baik dan seletif, SohIB akan menghasilkan konten yang kredibel. Kredibilitas akan meningkatkan kepercayaan orang terhadap karya kita sehingga mereka akan kembali untuk menikmati produk tulis yang dibuat.

4. Memiliki Pemahaman Sosial Media yang Beragam

Promosi konten di media sosial mempengaruhi luasnya jangkauan konten | Gambar :Freepik.com (pikisuperstar)

Pengaruh media sosial juga begitu besar terhadap promosi konten. Instagram, TikTok, YouTube, dan media sosial lainnya memilki algoritma yang berbeda. Dengan memiliki pemahaman media sosial yang beragam akan lebih memperluas jangkauan konten yang dihasilkan. 

Menjadi seorang content writer tidak memerlukan latar pendidikan khusus, sebab biasanya kemampuan content writing dapat dipelajari secara otodidak. Rajin latihan dan meminta feedback kepada orang adalah salah satu latihanl untuk menjadi penulis konten.

Jika SohIB memiliki hobi menulis, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi content writer. Terlebih lagi, di masa depan yang mana dunia digital semakin pesat dan berkembang, maka kemampuan seorang content writer sangat dibutuhkan.