Kemajuan Teknologi Permudah Akses Digital dalam Berbagai Aspek Kehidupan

Kemajuan Teknologi Permudah Akses Digital dalam Berbagai Aspek Kehidupan

Gadget jaman dahulu | Sumber: Unsplash.com

Perkembangan teknologi belakangan ini membuat hidup manusia menjadi lebih mudah dalam berbagai aspek. Kemudahan akses digital sedikit banyak memberi keuntungan bagi manusia di era hidup serba cepat dan praktis. Saat ini, bisa dikatakan bahwa tidak ada aspek hidup manusia yang tidak tersentuh digitalisasi, baik itu ekonomi, pendidikan, hingga kesehatan.

Dalam kehidupan sehari-hari, akses digital menjadi lebih mudah dengan adanya bantuan telepon pintar atau yang umum disebut sebagai smartphone. Tak dapat dipungkiri bahwa smartphone menjadi salah satu media penting bagi manusia saat ini untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Untuk kebutuhan finansial, kini hampir semua bank menyediakan layanan mobile banking. Sementara dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, sudah banyak muncul e-commerce untuk berbelanja.

Lalu, bagaimana sebenarnya perkembangan teknologi mendorong kemudahan akses digital bagi setiap orang?

Kemudahan Akses Digital di Dunia Pendidikan

pendidikan-unsplash.com
pendidikan itu penting bagi semua orang | Sumber: Unsplash.com

Menurut Lukman Hakim (2022) dalam artikel yang ditulis di laman Kemdikbud, kemajuan teknologi membawa berbagai nilai positif dalam pekerjaan manusia. Tak hanya hidup menjadi lebih mudah, tetapi pekerjaan juga menjadi lebih cepat, efektif, dan efisien. Termasuk di dunia pendidikan di mana para siswa mendapat berbagai kemudahan akses digital terhadap materi pelajaran dengan adanya internet.

Jika kembali melihat ke masa pandemi Covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial dan fisik yang berdampak pada dilarangnya pembelajaran secara tatap muka. Dalam kondisi tersebut, internet memiliki peran penting dalam menjaga keberlangsungan dunia pendidikan ketika para siswa diharuskan belajar di rumah. Seluruh pembelajaran kemudian dilakukan menggunakan internet dan berbagai aplikasi—seperti RuangGuru—agar siswa tetap dapat menimba ilmu.

Kemudahan Akses Digital dalam Dunia Kesehatan

kesehatan-unsplash.com
Akses digital untuk kesehatan | Sumber: Unsplash.com

Dalam artikel yang ditulis oleh Janna Anderson dan Lee Raine di laman Pew Research Center (2018), adanya kemudahan dalam akses digital juga membantu banyak orang dalam menyembuhkan penyakit. Beberapa aplikasi menyediakan jasa konsultasi online dengan para dokter dan sudah banyak dimanfaatkan di era digital ini, seperti misalnya Halodoc, Alodokter, dan lain sebagainya.

Tak hanya dari segi penyembuhan, internet terutama media sosial juga banyak membantu orang berbagi kisah mereka ketika berjuang melawan penyakit yang mereka derita. Kisah mereka kemudian dibagikan dan menjadi pembelajaran bagi orang lain agar hidup lebih sehat.

Kemudahan Akses Digital dalam Dunia Bisnis

bisnis-unsplash.com
Bisnis terbantu karena akses digital | Sumber: Unsplash.com

Tak bisa dipungkiri pula bahwa kemudahan terhadap akses digital membawa angin segar, tak hanya bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhannya, tetapi juga bagi para wirausaha dalam memasarkan produknya. Dalam artikel yang ditulis oleh Idris Rusadi Putra (2018) di laman Merdeka.com, disebutkan bahwa perkembangan teknologi nyatanya membuka peluang bagi bisnis digital.

Beberapa e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, hingga Lazada kini menjadi ladang bagi para pedagang untuk menjual produk mereka dengan efektif dan efisien namun mencakup jangkauan yang sangat luas bahkan hingga ke seluruh penjuru dunia. Pembeli pun bisa dengan mudah mendapatkan barang yang mereka inginkan hanya dengan menggunakan smartphone mereka tanpa perlu pergi keluar rumah.

Kemudahan Akses Digital di Bidang Politik

politik-unsplash.com
Pemanfaatan internet untuk komunikasi politik | Sumber: Unsplash.com

Farid Nofiard (2022, p. 38-39) dalam jurnalnya yang berjudul Komunikasi Politik Digital di Indonesia menyebutkan bahwa, “pemanfaatan sarana internet dalam komunikasi politik dianggap lebih baik karena media digital menawarkan akses kemudahan dan kecepatan penyebaran informasi dan dapat dilakukan tanpa harus memakan anggaran yang besar.” Dapat dikatakan bahwa kemudahan akses digital kini juga telah dimanfaatkan untuk melakukan kampanye politik.

Tak sedikit partai politik yang gencar melakukan kampanye melalui media sosial karena memang biaya yang dikeluarkan tidak banyak dengan cakupan audiens yang lebih luas dibanding kampanye secara konvensional. Selain itu, kampanye yang dilakukan secara digital tidak hanya terbatas dalam bentuk foto maupun video, para aktor politik juga dapat membangun citra dengan berkomunikasi dengan para pendukung mereka melalui media sosial.

Kemudahan Akses Digital dalam Mempererat Hubungan Keluarga

keluarga-unsplash.com
Teknologi untuk mempermudah kita menjalin relasi | Sumber: Unsplash.com

Jika kita melihat kilas balik ketika Covid-19 mulai merebak di Indonesia, teknologi juga turut berperan serta dalam menjaga silaturahmi antar keluarga. Dengan dikeluarkannya larangan mudik saat Idul Fitri tahun 2020 silam, mau tak mau masyarakat harus memanfatkan teknologi agar tetap terhubung dengan sanak saudara. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi seperti Skype maupun WhatsApp, baik itu untuk melakukan video call atau sekedar chatting untuk bertukar kabar dan menyampaikan ucapan selamat hari raya.

Kemudahan akses digital sudah dapat kita rasakan bersama di berbagai aspek kehidupan dan sangat membantu setiap manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Meski begitu, ada baiknya jika SohIB tetap bijak dan lebih berhati-hati dalam memanfaatkan teknologi agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.