10 Kejadian Paling Viral di Indonesia Tahun 2022, Bikin Heboh!

10 Kejadian Paling Viral di Indonesia Tahun 2022, Bikin Heboh!

Kejadian Paling Viral di Indonesia Tahun 2022 | Sumber: Instagram (ANTARA Foto)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Tinggal menghitung hari, kita akan mengucapkan sayonara kepada 2022. Mungkin, tahun ini bukanlah periode yang selalu membawa senyum maupun tawa di wajah kita.

Selain masih dihantui COVID-19, 2022 juga diwarnai dengan berbagai peristiwa yang kerap membuat jantung cenat-cenut. Contohnya adalah deretan kejadian viral berikut yang sempat menimbulkan kehebohan di Tanah Air.

Penasaran dengan kejadian paling viral di Indonesia tahun 2022? Untuk menemukan jawabannya, mending langsung scroll ke bawah, yuk!

1. Indra Kenz dan Kasus Binomo

Kejadian Paling Viral di Indonesia Tahun 2022: Indra Kenz
Indra Kenz dinyatakan bersalah atas penipuan berkedok binary option lewat aplikasi Binomo yang dilakukannya. | Sumber: Instagram (indrakenz)

Awal 2022 disambut dengan kasus penipuan aplikasi binary option oleh Indra Kesuma alias Indra Kenz. Terungkapnya tindak kriminal Indra bermula ketika 8 orang korban membuat laporan ke Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, pada 3 Februari 2022.

Berdasarkan keterangan kedelapan korban, mereka telah mengalami kerugian sebesar Rp2,4 miliar setelah mendaftar dan melakukan deposit uang ke aplikasi Binomo. Oleh Indra, mereka diiming-imingi bakal meraup keuntungan besar. Pada kenyataannya, korban justru kian merugi.

Setelah proses hukum yang cukup panjang, Pengadilan Negeri Tangerang lantas memvonis  Indra Kenz terbukti bersalah atas tindak penipuan dan pencucian uang. Dirinya juga dijatuhi hukuman 10 tahun penjara dan denda Rp5 miliar subsider 10 bulan penjara.

2. Meroketnya Harga Minyak Goreng

Melambungnya harga minyak goreng sempat menjadi kejadian paling viral di Indonesia tahun 2022. Bagaimana tidak? Hampir setiap hari, makanan yang kita konsumsi diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak.

Kenaikan harga minyak goreng tentu menyulitkan para ibu rumah tangga dan pedagang. Selain itu, ini juga berimbas pada stok minyak goreng yang mengalami kelangkaan sehingga membuat masyarakat harus mengantre panjang untuk mendapatkannya.

Menanggapi fenomena ini, Ketua Umum PDI-Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, lantas mengimbau masyarakat untuk beralih ke cara masak lain, misalnya dengan merebus makanan. Bisa dikatakan, saran darinya terbilang bagus. Namun, tentu mustahil bagi para penjaja gorengan untuk menjual risoles rebus, kan?

3. Penemuan Jenazah Eril di Bendungan Engehalde

Kejadian Paling Viral di Indonesia Tahun 2022: Emmeril Khan Mumtadz
Emmeril Khan Mumtadz ditemukan sudah tidak bernyawa di Bendungan Engehalde, Swiss. | Sumber: Instagram (emmerilkahn)

Tahun 2022 juga diwarnai dengan kabar duka cita yang berasal dari keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Putranya, Emmeril Khan Mumtadz—lebih akrab disapa Eril—ditemukan meninggal dunia di Bendungan Engehalde, Swiss.

Peristiwa bermula ketika Eril berenang di Sungai Aare, Swiss, pada 26 Mei 2022 pagi. Nahas, dirinya terseret arus sungai dan dinyatakan hilang sejak saat itu. Berbagai sektor, mulai dari kepolisian hingga damkar, dikerahkan untuk menemukan Eril. Namun, hasilnya nihil.

Hingga akhirnya, laman detiknews melansir, Eril ditemukan oleh polisi pintu air di Bendungan Engehalde, Swiss, pada 9 Juni 2022, pukul 06.50 waktu setempat. Saat ditemukan, jasadnya dalam kondisi utuh, tetapi sudah tidak lagi bernyawa.

4. Kasus Pembunuhan Brigadir J

Kalau membahas soal kejadian paling viral di Indonesia tahun 2022, pastinya nggak boleh melewatkan kasus penembakan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Dalam kasus pembunuhan berencana ini, mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo, diduga kuat sebagai dalang di baliknya.

Pembunuhan Brigadir J bukan hanya melibatkan Sambo saja, tetapi juga Putri Candrawathi, istrinya, hingga Bharada E. Dikutip dari tempo.co, Sambo dijerat Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Dalam hal ini, dirinya terancam hukuman pidana penjara seumur hidup, penjara 20 tahun, atau maksimal hukuman mati.

Sampai sekarang, proses hukum kasus pembunuhan Brigadir J masih berjalan. Mari kita doakan agar kasus ini bisa segera diselesaikan dan semoga hukum dapat ditegakkan seadil-adilnya, ya!

Baca Juga: Tren Paling Viral Tahun 2022, Ada NFT sampai Citayam Fashion Week

5. Data Masyarakat Indonesia Bocor

Di samping kasus Ferdy Sambo, pertengahan 2022 juga dihebohkan dengan kabar bahwa jutaan data masyarakat Indonesia bocor. Yang menjadi masalah, bukan hanya satu-dua kali peristiwa ini sudah terjadi.

Tercatat, pada Agustus 2022, 17 juta data pelanggan PLN mengalami kebocoran. Selang sebulan berikutnya, 102 juta data masyarakat yang berasal dari Kementerian Sosial (Kemensos) juga bocor dan dilaporkan dijual di dark web.

Akibat peristiwa ini, kinerja Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sebagai garda terdepan dalam bidang komunikasi dan informatika di Tanah Air lantas mendapat sorotan. Ramai orang yang menjadi hilang kepercayaan dengan lembaga yang satu ini.

Menanggapi kebocoran data tersebut, pihak Kominfo lantas mengajak masyarakat agar senantiasa melindungi data pribadi mereka dengan rutin mengganti password. Selain itu, Semuel Abrijani selaku Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kominfo sempat meminta kepada para hacker agar tidak melakukan penyerangan terhadap data warga Indonesia. Duh, apa tanggapan SohIB tentang masalah ini?

6. Hacker Bjorka

Kejadian Paling Viral di Indonesia Tahun 2022: Hacker Bjorka
Beberapa waktu yang lalu, Bjorka membocorkan data pribadi milik Menteri Kominfo, Johnny G. Plate. | Sumber: Twitter (@bjorkanismreal)

Masih berkaitan dengan poin 5, di tengah maraknya isu kebocoran data masyarakat Indonesia, muncul sosok hacker alias peretas yang menimbulkan kehebohan di Tanah Air. Dialah Bjorka.

Menurut laman tempo.co, Bjorka mengklaim bahwa dirinya mengantongi 1,3 miliar data registrasi SIM prabayar masyarakat Indonesia beserta dokumen-dokumen "penting", seperti dokumen surat-menyurat Presiden Joko Widodo.

Bukan hanya itu, salah satu aksinya yang paling menarik perhatian adalah dirinya yang membocorkan data pribadi milik Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G. Plate. Informasi yang meliputi alamat, Nomor Induk Kependudukan (NIK), hingga nama orang tua dan istri tersebut ia bagikan di grup Telegramnya pada 10 September 2022 lalu.

Sejauh ini, masih belum diketahui siapa sosok di balik hacker yang satu ini. Bahkan, Bjorka menantang pemerintah RI dengan mengatakan bahwa dirinya sudah menanti-nanti untuk digerebek.

7. Tragedi Kanjuruhan

Kejadian paling viral di Indonesia tahun 2022 berikutnya adalah tragedi Kanjuruhan. Seperti namanya, insiden ini terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 1 Oktober 2022 lalu.

Laman DW melaporkan, tragedi bermula setelah berakhirnya pertandingan bola antara Arema FC dan Persebaya. Laga tersebut dimenangkan oleh Persebaya dengan perolehan skor 3-2. Para supporter merasa tidak terima lantara tim yang mereka jagokan kalah.

Alhasil, ribuan Aremania, sebutan untuk pendukung Arema FC, turun ke lapangan dan melampiaskan kekecewaan mereka. Situasi yang semakin rusuh dan mengeruh membuat pihak kepolisian "terpaksa" harus menembakkan gas air mata. Dari situlah insiden berdarah terjadi.

Para penonton berdesak-desakan keluar stadion untuk melarikan diri. Namun, tak semua orang berhasil keluar dengan selamat. Dari Tragedi Kanjuruhan ini, sebanyak 712 orang menjadi korban, di mana 132 orang meninggal dunia, 96 orang luka berat, dan 484 orang luka ringan/sedang.

Untuk mengusut fakta sebenarnya dari kejadian ini, dibentuklah Tim Gabungan Independen Pencari Fakta Peristiwa Stadion Kanjuruhan Malang (TGIPF). Di saat yang bersamaan, Presiden Joko Widodo juga memerintahkan PSSI agar menghentikan Liga 1 untuk sementara waktu.

8. Kasus KDRT Lesti Kejora dan Rizky Billar

Bukan hanya permasalahan nasional saja yang viral, faktanya, jagad entertainment juga pernah menghebohkan Tanah Air. Yang paling mencuri atensi datang dari pasangan selebritas muda Lesti Kejora dan Rizky Billar.

Permasalahan keduanya bermula ketika Lesti diam-diam membuat laporan ke Polres Metro Jakarta Selatan. Dirinya mengaku telah menerima perlakuan kasar dari sang suami, mulai dari dicekik sampai dibanting.

Kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) yang terjadi dalam hubungan Leslar ini tentu membuat banyak orang shock. Pasalnya, selama ini, keduanya hadir di layar kaca dan juga media sosial sebagai pasangan yang adem-ayem dan harmonis.

Atas perlakuan kasar yang telah Rizky lakukan terhadap pasangannya itu, ia pun ditetapkan sebagai tersangka dan sempat ditahan. Akan tetapi, tak lama setelah itu, Lesti mencabut laporannya dan memutuskan untuk berdamai dengan suaminya.

Walaupun pencabutan laporan tersebut memanglah hak penuh Lesti, tak sedikit warganet yang mengkritik dan mencibir keputusan pemenang D'Academy musim 1 tersebut. Tidak hanya itu, Lesti juga berujung dikeluarkan sebagai juri dari program Dangdut Academy 5.

9. Gempa Cianjur

Pada 21 November lalu, bencana gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. BMKG mengungkapkan, gempa bermagnitudo 5,6 tersebut terjadi akibat pergerakan Sesar Cimandiri, patahan geser aktif yang terbentang sepanjang 100 km dari muara Sungai Cimandiri melewati Kabupaten Cianjur, Bandung Barat, dan Subang.

Meskipun tergolong dangkal, gempa yang melanda Cianjur ini bersifat merusak. Akibat dari aktivitas seismik tersebut, sebanyak 16 kecamatan terdampak. Secara spesifik, berdasarkan laporan Asisten Daerah Pemerintah Kabupaten Cianjur, Arief Purnawan, terhitung Rabu (7/12/2022) pukul 15.00 WIB, sebanyak

  • 53.408 unit rumah mengalami kerusakan;
    • Rusak berat: 12.956 unit
    • Rusak sedang: 15.196 unit
    • Rusak ringan: 25.256 unit
  • 540 unit sekolah rusak;
  • 272 unit tempat ibadah rusak; dan
  • 18 unit fasilitas kesehatan rusak.

Lebih lanjut, bencana ini juga memakan korban jiwa sebanyak 600 orang dengan rincian 335 orang merupakan korban meninggal yang tercatat, sedangkan 265 lainnya merupakan korban meninggal yang tidak dilaporkan.

10. Piala Dunia Qatar 2022

Kejadian Paling Viral di Indonesia Tahun 2022: Piala Dunia Qatar 2022
Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia Qatar 2022. | Sumber: Instagram (fifaworldcup)

Kejadian paling viral di Indonesia tahun 2022 terakhir adalah Piala Dunia Qatar 2022. Perhelatan yang diadakan setiap 4 tahun sekali ini disambut dengan antusias dan meriah oleh pencinta sepak bola Tanah Air.

Ada banyak momen ikonik selama berlangsungnya piala dunia tahun ini, seperti lantunan ayat suci Al-Qur'an yang dibacakan oleh Ghanim Al Muftah sewaktu acara pembukaan (20 November 2022) dan tangisan Christiano Ronaldo usai kekalahan Portugal dari Maroko di babak perempat final (10 Desember 2022). Selama pertandingan ini berlangsung, malam hari di Indonesia terasa begitu ramai oleh riuh teriakan penonton bola.

Piala Dunia Qatar 2022 diakhiri dengan laga pertandingan antara Prancis dan Argentina pada 18 Desember. Babak final tersebut membawa Argentina sebagai juara usai menaklukkan Prancis lewat adu penalti.

Baca Juga: 12 Makanan Paling Viral Tahun 2022, Kamu Pernah Coba?

Itulah tadi rangkuman informasi mengenai kejadian paling viral di Indonesia tahun 2022. Semoga di tahun mendatang, akan ada lebih banyak lagi kebahagiaan yang menyapa kita, ya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak, lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu, kalau kamu memiliki passion di bidang kepenulisan, jangan ragu untuk join ke komunitas SohIB dan jadi salah satu kontributor untuk mendapatkan berbagai merchandise menarik. Gabung, kuy!

Editor: Firdarainy Nuril Izzah