Kejadian Menarik Selama KTT G20 Berlangsung, PM Kanada Curi Perhatian!

Kejadian Menarik Selama KTT G20 Berlangsung, PM Kanada Curi Perhatian!

Salah satu sudut venue KTT G20 di Bali | Sumber: YouTube (Sekretariat Presiden)

Kemeriahan KTT G20 2022 telah usai tadi malam (16/11). Acara yang diselenggarakan di area Nusa Dua, Bali ini memang sudah sejak lama menjadi perhatian bagi masyarakat di negara kita. Apalagi, agenda puncak dari rangkaian event 20 tahun sekali ini dilangsungkan di salah satu destinasi wisata populer di dunia.

Dengan adanya ‘hajatan besar’ tersebut, salah satu harapan kita adalah dapat memulihkan perekonomian Indonesia dan membangkitkan pariwisata favorit lokal. Tentu saja, cita-cita tersebut sesuai dengan tagline yang diusung pada Presidensi G20 kali ini, “Recover Together, Recover Stronger”. Wuidih, keren abis!

Namun, meskipun event tersebut sudah berakhir, rupanya banyak sekali lo, momen-momen menarik tak terlupakan yang tertangkap selama acara berlangsung! Ada cerita yang lucu, menghebohkan, hingga patut membuat kita sebagai tuan rumah berbangga. SohIB penasaran apa saja? Yuk, yuk, check segera di bawah ini!

Baca juga: 5 Kain Indonesia yang Mendunia, Ada yang dari Daerahmu?

Para Petinggi Negara Berbusana Batik

Dalam acara jamuan makan malam KTT G20, para tamu undangan mengenakan busana batik yang beraneka rupa. Meski terlihat ‘polos’ karena menggunakan satu tone  warna saja, nyatanya itu semua nggak menghilangkan kesan anggun dan berkelas saat dikenakan para perwakilan negara tersebut, lo!

Dari sekian banyaknya tamu yang ada di venue Garuda Wisnu Kencana tersebut, Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, tampil mencuri perhatian dengan batik berwarna fuschia yang dikenakannya.

Berpadu dengan tubuhnya yang tinggi dan gagah, Mr. Trudeau berjalan penuh percaya diri saat di red carpet. SohIB tahu apa yang lebih mencengangkan lagi? Putra dari PM Kanada terdahulu, Pierre Trudeau tersebut membuka kerah kancing bajunya yang teratas sehingga tampak maskulin banget!

Adapun petinggi negara lain yang juga tampil memukau dengan batiknya adalah PM Jepang, Fumio Kishida, yang berwarna tosca, Presiden China, Xi Jinping, dengan batik biru tua-kuning, hingga PM Spanyol, Pedro Sanchez, yang memakai batik warna ungu indigo. Wah, bangga!

PM Kanada dan Inggris Makan Sambal Matah dan Sate

Justin Trudeau (PM Kanada) dan Rishi Sunak (PM Inggris) terlihat nongkrong santai di sebuah restoran di daerah Kuta Selatan, Badung, Bali. Diketahui, mereka berdua memesan sederet masakan khas Indonesia, seperti sate ayam-udang bumbu kacang lengkap dengan acar, ayam sambal matah, keripik, dan lawar ayam. Wah, kira-kira mereka sedang membahas apa ya, SohIB?

Hotel-hotel di Bali Full Booked!

Kabar baik bagi negara kita, khususnya warga lokal Bali! Perhelatan super besar ini tentunya membawa angin segar bagi pariwisata kita. Melansir dari Bisnis.com, sebanyak 24 hotel sudah full booked untuk para delegasi anggota G20, lo! Lokasi yang dijadikan lokasi mereka menginap mencakup Jimbaran, Seminyak, Tanjung Benoa, dan Sanur. Hmm… bagaimana ya, review mereka terhadap eksotisnya pemandangan pantai di Nusa Dua?

Tour Guide ‘Terjebak’ di Tengah Pemimpin Dunia

Salah satu agenda para petinggi dunia selama di Bali adalah mengunjungi Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, untuk melihat penanaman mangrove di sana. Seorang wanita muda menjadi tour guide bagi tamu negara tersebut. Nah, yang lucu, ketika ia sedang menjelaskan tentang hutan mangrove tersebut, sang pendamping kebingungan lantaran dirinya terjebak di tengah kerumunan petinggi negara yang sedang asyik mengobrol.

Wajahnya masih mengulas senyuman seraya berbicara “Sorry..sorry..” untuk meminta jalan. Namun, upaya tersebut belum berhasil sehingga akhirnya ia hanya diam saja dan menunggu tamu G20 berjalan lagi.

Untungnya, Presiden Perancis, Emmanuel Macron menyadarinya dan mempersilahkannya untuk kembali memandu. Wah, ada-ada saja, ya? Bisakah SohIB membayangkan bagaimana rasanya di tengah para petinggi dunia seperti itu?

Baca juga: Nusa Dua, Bali, Ini Alasannya Mengapa Jadi Tempat KTT G20!

Menteri PUPR Jadi Fotografer Dadakan

“Aksi” Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, sontak membuat netizen geleng-geleng kepala lantaran dirinya berdandan ala fotografer saat kunjungan di Tahura Ngurah Rai bersama Presiden RI dan pejabat dunia lainnya. Ia mengenakan kemeja putih (yang di mana juga dikenakan banyak awak media di sana), topi Kementerian yang dipakai terbalik, dan menenteng kamera berlensa panjang.

Kerennya, ia rela ikut-ikutan berlarian untuk mengambil foto Pak Jokowi dan bahkan tak jarang digeser-geser oleh Pasukan Pengaman Presiden. Duh, kira-kira yang menggeser tahu nggak ya, kalau beliau adalah salah satu jajaran tinggi negara kita?

Joe Biden Bawa Mobil Paling Aman di Dunia

Yups, SohIB nggak salah baca, kok! Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, terlihat membawa serta mobil presidennya, Limousine Cadillac The Beast-nya sebagai kendaraannya selama KTT G20.

The Beast diklaim sebagai mobil paling aman di dunia dengan berbagai fitur keamanan super canggih, seperti ban anti bocor, kaca anti peluru (penembakan jarak dekat sekalipun), anti bom, bahkan tombol nuklir. Kendaraan dengan harga puluhan miliar rupiah tersebut juga memiliki sebuah kotak penyimpanan berisi darah Joe Biden apabila terjadi situasi darurat. 

Warga Bali Bersihkan Sampah untuk Sambut KTT G20

Dalam rangka menyambut kemeriahan KTT G20, para warga di Bali, tepatnya di sekitar kawasan hutan Mangrove dan Nusa Dua melakukan pembersihan plastik sampah. Mereka bersama para volunteer pemerhati lingkungan dari Sungai Watch dengan antusiasme tinggi mengambil plastik-plastik yang berserakan di area lingkungan. Meski demikian, sebenarnya kegiatan tersebut sudah dilakukan sejak lama, lo! Kerja kerasnya sungguh luar biasa, ya?

So, itulah tadi beberapa kejadian menarik selama KTT G20 berlangsung. Cerita mana nih, yang menurut SohIB paling unik atau menginspirasi? Komen di bawah, dong!

Baca juga: Mengenal G20 dan Fakta Menariknya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)