Atasi Stres dengan 8 Kegiatan Me Time Ini, Praktikkan, yuk!

Atasi Stres dengan 8 Kegiatan Me Time Ini, Praktikkan, yuk!

Kegiatan Me Time | Sumber: Freepik (Freepik)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Merasa lelah dengan rutinitas sehari-hari memang sering terjadi. Kondisi ini kerap dibarengi dengan susah tidur, sulit berkonsentrasi, hingga perasaan mudah marah. Kalau tanda-tanda itu ada padamu, itu berarti kamu sedang mengalami stres.

Stres diartikan sebagai reaksi seseorang, baik secara fisik ataupun emosional, ketika terjadi perubahan dari lingkungan sekitarnya. Perubahan tersebut mengharuskan seseorang untuk menyesuaikan diri. Keadaan tertekan yang terus-menerus terjadi seperti itu dapat memicu terjadinya stres.

Karena itu, penting untuk mengurangi tanda-tanda dari stres tersebut. Salah satu caranya adalah dengan melakukan kegiatan me time. Apakah itu? Kalau penasaran, langsung simak informasinya berikut ini, yuk!

Pengertian dan Manfaat Me Time

Kegiatan Me Time
Me Time berarti waktu yang kamu luangkan untuk dirimu sendiri. | Sumber: Pexels (George Milton)

SohIB pastinya nggak asing dengan istilah ini, dong? Buat yang belum tahu, merupakan salah satu istilah yang cukup populer saat ini. Me time adalah waktu luang yang digunakan seseorang untuk dirinya sendiri dengan melakukan sesuatu yang menurutnya menyenangkan.

Me time sendiri dapat berlangsung selama 30 menit, berjam-jam, atau bahkan satu hari penuh. Durasinya bergantung pada kepuasan yang didapat dari kegiatan me time oleh masing-masing individu.

Kegiatan yang satu ini dipercaya mampu meningkatkan semangat dalam diri seseorang. Namun, bukan hanya itu manfaat me time. Berikut di antaranya:

1. Membantu untuk Lebih Mengenal Diri Sendiri

Melakukan me time dapat membuat SohIB semakin mengenal dirinya sendiri. Bagi beberapa orang, hal ini tidak begitu penting. Padahal, mengenali diri sendiri dapat membantumu mengetahui mana yang terbaik untukmu.

Lewat me time, SohIB dapat mendalami pikiran dan perasaan. Dengan begitu, kamu akan bereaksi terhadap sesuatu dengan caramu sendiri. Selain itu, kamu juga dapat jauh lebih mengerti tentang keinginan dan kebutuhanmu sehingga kamu bisa dengan mudah menjauhi hal-hal yang merugikan.

2. Mendorong Seseorang Menjadi Produktif

Me time dapat membuatmu menjadi lebih tenang dan rileks. Ketika hal tersebut terjadi, kamu akan mudah memperoleh kreativitas dan ide-ide baru. Alhasil, pikiran jenuh akan hilang dan produktivitas pun meningkat.

3. Meningkatkan Kebahagiaan

Walaupun dilakukan secara pribadi, kegiatan me time tidak akan membuatmu kesepian. Malah sebaliknya, me time membuang jauh rasa kesepian dan menjadikanmu lebih bahagia. Dengan kata lain, me time membantumu untuk lebih menikmati dan menghargai waktu dengan diri sendiri.

4. Menumbuhkan Rasa Syukur

Perasaan bahagia dapat memicumu semakin bersyukur akan apa yang dimiliki, menghargai diri sendiri, dan menerima apa yang telah terjadi dalam hidup. Alhasil, kamu akan merasa cukup puas dengan hal yang sejauh ini telah dicapai.

Baca Juga: Ho'oponopono, Terapi Murah untuk Hilangkan Pikiran Negatif

Contoh Kegiatan Me Time yang Dapat Dilakukan

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, bisa diketahui bahwa me time memiliki berbagai keutamaan. Nah, kalau SohIB juga ingin melakukannya, berikut delapan contoh kegiatan me time yang bisa kamu praktikkan:

1. Menonton Film di Bioskop

Menonton Film di Bioskop
Menonton film di bioskop nggak harus bareng teman. | Sumber: Pexels (Tima Miroshnichenko)

Menonton film di bioskop memang lebih seru jika dilakukan bersama orang terdekat. Namun, melakukannya sendiri juga tidak kalah menyenangkan, kok! Sebab, SohIB dapat memilih waktu menonton kapan pun tanpa harus menyesuaikan jadwal orang lain.

Selain itu, kamu dapat bebas memilih genre film sesuai keinginan. Bahkan, kamu bisa menghabiskan sendiri makanan yang kamu dari bioskop tanpa harus membagikannya dengan orang lain~

2. Berolahraga

Tidak diragukan lagi bahwa olahraga memang menyehatkan. Aktivitas yang satu ini perlu dirutinkan—minimal 3 kali seminggu—agar kesehatan mental dan fisik tetap terjaga. Ada banyak olahraga yang dapat dilakukan sendirian, misalnya jogging, yoga, dan berenang.

3. Berkebun

Kegiatan Me Time Berkebun
SohIB bisa saja mendapat ketenangan dari memandangi tanaman hijau. | Sumber: Pexels (Lisa Fotios)

Kalau SohIB termasuk pencinta tanaman, berkebun bisa menjadi pilihan kegiatan me time untukmu, nih. Dengan memandangi tanaman hijau, pikiran menjadi tenang dan stres pun ikut berkurang. Alhasil, suasana hatimu juga semakin meningkat.

4. Berbelanja

Bagi sebagian orang, berbelanja adalah hal yang menyenangkan. Dengan membeli barang kesukaan, stres yang mereka alami seketika hilang. Kalau ingin mencobanya, kamu cukup berbelanja selama 15–30 menit untuk sekadar "cuci mata". Namun, durasi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan masing-masing.

Baca Juga: 5 Tips Thrifting Antigagal, Harus Cerdik dan Sabar!

5. Membaca Buku

Membaca Buku
Tambah wawasanmu dengan membaca buku. | Sumber: Pexels (Thought Catalog)

Membaca buku juga dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Kegiatan yang satu ini mampu membuka wawasan sekaligus menenangkan pikiranmu. Selain itu, dengan membaca buku, kreativitasmu juga semakin bertambah.

6. Memasak

Memasak makanan kesukaan merupakan hobi sejumlah orang. Untuk itu, tidak perlu ragu untuk mulai memasak sebagai salah satu kegiatan me time-mu! Nggak harus sudah mahir dulu, SohIB dapat belajar memasak sesuai keinginan untuk mengatasi stres.

7. Menulis

Kegiatan Me Time Menulis
Menulis dapat menjadi opsi untuk menenangkan perasaan. | Sumber: Pexels (JESHOOTS.com)

Bagi yang hobi menulis, menuangkan pikiran dan isi hati ke dalam untaian kata-kata terbilang efektif untuk menghilangkan stres. Tidak hanya itu, menulis juga dapat meningkatkan cara berpikir kritis dan kemampuanmu dalam memilih kosa kata.

Di samping itu, menulis dapat menjadi opsi untuk menenangkan perasaanmu. Apakah SohIB tertarik untuk menjadikan aktivitas ini sebagai kegiatan me time-mu yang baru?

8. Jalan-Jalan

Siapa bilang jalan-jalan harus ke luar kota? Cukup dengan destinasi menarik yang ada di sekitarmu, kamu sudah bisa melepas kejenuhan. Dengan begitu, hati senang dan dompet pun aman~

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Tubuh Tetap Prima, Siap Sambut Tahun Baru!

Manfaat me time memang tidak perlu diragukan lagi. Nah, jika SohIB mengalami stres, kamu bisa coba menerapkan delapan contoh kegiatan me time di atas, ya!

Temukan artikel lifestyle lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id. Kalau kamu punya hobi menulis, boleh banget bergabung ke Komunitas Sohib, sebuah persembahan dari Indonesia Baik. Di sini, kamu bukan hanya akan mendapatkan banyak teman baru, tetapi juga workshop dan pelatihan yang bermanfaat untuk mengembangkan skill-mu. Join, kuy!

Editor: Fria Sumitro