6 Kebiasaan Buruk yang Merusak Mata, Hati-hati!

6 Kebiasaan Buruk yang Merusak Mata, Hati-hati!

Ilustrasi mata pada seseorang | Sumber: Unsplash (Victor Freitas)

Mata adalah panca indera yang vital bagi manusia, karena dengannya kita bisa melihat keindahan dunia ini. Sayangnya, banyak orang yang masih lalai memperhatikan kesehatan mata. Padahal, bila terjadi suatu hal yang buruk akibat diri sendiri, serentetan dampaknya bisa berpengaruh di kehidupan kita.

Gejala yang paling sering dialami pada mata bermasalah ada beragam, mulai dari rabun jauh dan dekat, mata lelah, gatal, memerah, infeksi, atau bahkan yang paling parah kebutaan total. Pasti SohIB tidak ingin itu semua terjadi, ‘kan?

Kali ini, kita akan bersama-sama mengulas tentang 6 kebiasaan buruk yang bisa merusak mata. Beberapa di antaranya bahkan sangat sering dilakukan oleh kita, lo, setiap hari! Duh, apa saja, ya?

Baca juga: Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan, Jangan Diulangi!

Terlalu Lama Melihat Gadget

Di era serba teknologi, tak bisa dipungkiri keseharian kita bergantung pada smartphone, laptop, komputer, dan gadget lainnya. Tak heran, gangguan mata ringan seperti kelelahan, berair, mata kering, hingga mengalami rabun jauh sudah dirasakan oleh banyak orang. Belum lagi, paparan radiasi yang amat dekat dengan diri kita, meski mungkin tidak terlalu besar, bila terus-menerus bisa berbahaya juga, bukan?

Melansir dari Alodokter, untuk meminimalisir kerusakan pada indera penglihatan, terapkan “rumus 20-20-20”, yakni menatap layar gadget selama 20 menit, kemudian mengalihkan pandangan sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Sinar biru yang dihasilkan oleh perangkat elektronik dapat memicu penyakit degenerasi makula karena bisa merusak retina. Gunakan anti blue screen pada layarmu dan seringlah berkedip untuk mencegah kekeringan pada mata. 

Namun, dari semua saran di atas, akan jauh lebih baik lagi apabila SohIB membatasi kegiatan pribadi yang berhubungan dengan smartphone. Istirahatkan penglihatanmu dengan aktivitas lainnya, seperti berkebun, memasak, membaca, atau mengobrol dengan sahabat.

Membaca di Tempat yang Gelap

Membaca di tempat yang redup dapat membuat mata menjadi kelelahan | Sumber: Unsplash (Matias North)

Iya sih, membaca memang hobi yang baik dan mencerdaskan, tetapi jangan di tempat yang kurang cahaya juga, dong! Selain bisa membuat otot tegang, mata dapat mudah kena iritasi. Ini relate banget nggak sih, dengan saat kita main HP sebelum tidur di kamar yang gelap, lalu mata jadi mudah merah, kering, dan cepat ngantuk? Bila memang SohIB sedang mencari hal yang bisa membuat diri ingin segera mengantuk, mending hitung domba saja dalam pikiran!

Mengabaikan Tanda Mata Bermasalah

Sudah menjadi kebiasaan banyak orang nih, saat sudah merasakan sesuatu bermasalah pada penglihatan, tapi cuek saja! Apakah kamu juga termasuk di antaranya? Waduh, jangan begini ya, guys! Memang sih, tidak semua gejala kita harus parno dan perlu ke dokter, contohnya mata gatal atau kelilipan. Akan tetapi, bila gangguan-gangguan tersebut muncul berulang dan nggak terobati meski sudah kamu berikan obat jalan, lebih baik segera mencari bantuan tim medis agar bisa ditangani.

Tidak Menjaga kebersihan

Siapa nih, SohIB yang tidak rajin membersihkan makeup sekitar mata sampai bersih? Atau apakah kamu senang mengucek mata dengan tangan yang tidak steril? Hmm, ini jangan diulangi lagi, lo!

Pada dasarnya, menyentuh kulit area wajah dan mata nggak boleh dilakukan dengan keadaan tangan yang kotor, karena rentan membawa kuman. Ditambah lagi, apabila kamu sudah menggunakan perias wajah seharian di tempat yang mungkin kurang bersih. Masa sih, tega mau tidur dalam keadaan ‘tebal’ seperti itu?

Satu lagi, bagi pengguna softlens, jangan malas untuk melakukan perawatan ekstra. Ingat selalu untuk mencopot lensa apabila sudah tidak digunakan atau menjelang tidur, letakkan pada tempat khusus dan berikan cairan pembersih.

Kurang Memperhatikan Asupan Vitamin

Jagalah kebutuhan tubuh akan vitamin dan gizi | Sumber: Unsplash (Ross Sokolovski)

Buah dan sayuran memang sangat penting untuk kesehatan tubuh, termasuk mata. Konsumsilah makanan bergizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan kita. Vitamin A, D, E, A, Beta Karoten, asam lemak Omega-3 dapat kita temukan di berbagai bahan alami, seperti wortel, buah bit, ikan-ikanan, mangga, apokat, bayam, pisang, dan masih banyak lagi.

Selain itu, hindari kebiasaan yang kurang baik lainnya, seperti merokok dan membaca sambil tiduran.

Baca juga: Cara Mengolah Makanan Yang Sehat, Sudah Tahu?

Abai dengan Riwayat Penyakit Keluarga

Tahukah SohIB, bila beberapa kelainan yang menyerang penglihatan bisa timbul karena riwayat kesehatan yang diturunkan dari keluarga? Mata rabun, buta warna, glaukoma, dan juling adalah penyakit yang bisa menurun pada anak cucu penderita selanjutnya.

Oleh sebab itu, lakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui apa saja genetik yang diwariskan pada kita, termasuk penyakit mata. Dengan demikian, SohIB bisa lebih waspada dan menjaga diri untuk ke depannya.

Baca juga: 7 Makanan Memperlancar ASI yang Mudah Ditemukan di Indonesia

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)