5 Kain Indonesia yang Mendunia, Ada yang dari Daerahmu?

5 Kain Indonesia yang Mendunia, Ada yang dari Daerahmu?

Kain tradisional Indonesia yang sudah mendunia | Sumber: Pexels (Los Muertos Crew)

Berbicara mengenai keunikan Indonesia memang nggak ada habis-habisnya, ya, SohIB! Selain memiliki panorama yang begitu memukau, bahasa yang begitu beragam, kita juga sangat kaya akan budayanya.

Btw, keindahan corak dan jenis kainnya pun nggak kalah menarik, guys. Selain indah, kain tradisional dari Indonesia juga sarat akan makna di balik keeksotisannya, lo! Fakta lebih mencengangkannya, banyak negara lain yang juga mencintai ragam kebudayaan yang satu ini. So, berikut adalah 5 kain tradisional Indonesia yang sudah mendunia!

Baca juga: 5 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO

Sasirangan, Banjar

Sasirangan adalah kain adat dari Kalimantan Selatan. Kain ini menggunakan teknik tusuk jelujur yang diikatkan dengan benang dan dicelup.

Dalam sejarahnya, kain ini sudah ada sejak abad ke-12 dan merupakan mahakarya dari Patih Lambung Mangkurat yang kala itu selesai bertapa selama 40 hari 40 malam di sebuah bukit. Konon katanya, Sasirangan bisa mengobati orang sakit dan berfungsi untuk mengusir roh jahat dengan kekuatan magisnya.

Proses pembuatan Sasirangan cukup panjang, mulai dari pengukuran dan pemotongan bahan, pelukisan, menyirang, pemberian warna dan pengawetan, cuci-jemur, dan yang terakhir penyetrikaan.

Lurik, Yogyakarta

Pernahkah kamu melihat kain yang memiliki gaya berupa garis-garis lurus dan biasa digunakan dalam upacara adat? Bisa jadi, yang kamu lihat adalah kain lurik dari Yogyakarta. Yup, jenis kain tradisional tersebut dibuat dengan mesin tenun khusus yang dijalankan oleh tenaga manusia.  Kain garis-garis itu punya arti yang sangat dalam, yaitu “rik” yang berarti pagar yang melindungi.

Untuk memproduksi lurik ini, SohIB harus super teliti dan telaten, lo! Pasalnya, tarikan benang yang kencang mengakibatkan tali benang menjadi kusut. Pun juga dengan tarikan yang kurang kuat, tali akan mudah renggang.

Baca juga: 8 Pahlawan Indonesia yang Diabadikan dalam Uang Kertas, Siapa Saja?

Kain Ulos, Sumatera Utara

Yang satu ini berasal dari Sumatera Utara dan sering dikenakan oleh Suku Batak. Dianggap sebagai benda yang disakralkan, selendang ini adalah ikon dari persatuan dan kasih sayang. Apabila dijabarkan lebih detail lagi, ulos memiliki makna yang berhubungan dengan semboyan Suku Batak, “Jika ijuk adalah pengikat pelepah pada batangnya, maka Ulos adalah pengikat kasih sayang antarsesama.”

Cara menggunakannya beragam ya, SohIB! Perempuan biasa mengenakannya sebagai rok atau disampirkan ke bahu sebagai selendang, sedangkan laki-laki akan dililitkan pada anggota tubuhnya.

Songket, Minangkabau

Songket lahir dari kerajaan Sriwijaya yang kemudikan berkembang hingga ke Kerajaan Melayu dan masuk ke daerah Minang. Biasanya, masyarakat mengenakan songket untuk beragam upacara formal dan keadatan.

Yang lebih menarik lagi, ternyata kain ini bisa memiliki makna yang berbeda-beda karena jaman dahulu, orang Minang yang tidak bisa menulis akan mencurahkan perasaannya melalui songket. Jenis-jenis coraknya ada banyak, misalnya Pucuak Kelapa, Kudo-Kudo, Bungo Malur, dan masih banyak lagi.

Tenun Lombok

Kain tenun rasanya tak mungkin untuk tidak dimasukkan ke dalam daftar kain populer Indonesia di dunia. Tenun lombok biasa digunakan oleh masyarakat lokal asli Lombok, yakni Suku Sasak untuk sehari-hari. Disebutkan bahwa seorang wanita di sana dianggap telah mencapai kedewasaannya dan siap menikah apabila sudah pandai menenun.

Cara pembuatan kain tradisional ini nggak mudah dan memerlukan proses yang panjang, SohIB! Benang kain dibuat dengan pemintalan dan untaian benang ini akan digulung mengikuti pola kain. Terdapat beberapa jenis corak tenun lombok, yakni motif wayang, rangrang, merak, subhanale, dan enggok.

Baca: Ini Pahlawan Indonesia yang Namanya Diabadikan di Luar Negeri!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)