Istilah Kekinian di Dunia Kerja, Biar Enggak Ketinggalan! (Part II)

Istilah Kekinian di Dunia Kerja, Biar Enggak Ketinggalan! (Part II)

Banyak istilah kekinian yang digunakan merupakan adaptasi dari bahasa asing | Sumber: Unsplash (Christina @wocintechchat.com)

“Wah, kamu kerja nggak sesuai SOP!”

“Minta tolong ya, kamu yang bikin MoM!”

Bagi anak milenial saat ini, penggunaan istilah-istilah kekinian sudah menjadi keseharian tersendiri yang sudah melekat. Tak hanya di dunia pergaulan, bahasa tersebut juga digunakan untuk berkomunikasi dalam pekerjaan, lo! Sebagian memang bukanlah kata-kata baru, melainkan istilah yang diadaptasi dari bahasa Inggris. So, kali ini kita akan membahas apa saja sih, kata-kata cakap terkini yang bisa membantu kita saat ada di lingkungan kerja? Cuss, kita check bersama-sama!

Career Break

Career Break menggambarkan waktu di mana karyawan tidak dibayar oleh perusahaan karena alasan tertentu dan sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

Baca juga: Istilah Kekinian di Dunia Kerja, Biar Nggak Ketinggalan!

To Be Discuss (TBD)

TBD digunakan sebagai balasan setelah SohIB mengirimkan informasi seperti data atau rancangan kerja kepada rekan. Artinya, data tersebut akan berada dalam pertimbangan atau diskusi lanjutan.

To Be Confirm (TBC)

TBC memiliki arti bahwa dokumen yang kita kirimkan harus menunggu konfirmasi dahulu, sehingga keputusan final diterima atau tidaknya file tersebut masih belum pasti.

Job Sharing

Merupakan istilah yang menggambarkan satu jenis pekerjaan yang dikerjakan oleh dua orang dengan posisi yang sama dan dalam waktu yang bersamaan.

Standar Operational Procedures (SOP)

SOP adalah prosedur kerja yang telah disusun dan ditulis oleh perusahaan untuk ditaati oleh seluruh karyawan atau internal. Prosedur ini memiliki manfaat untuk membantu SohIB menjadi pribadi yang disiplin dan memiliki kualitas kerja yang baik di lingkungan profesional.

Baca juga: Modal Hape Bisa Jadi Youtuber? Simak Ulasannya!

Minutes of Meeting (MoM)

MoM adalah pencatatan yang dilakukan selama rapat berlangsung. Biasa dibagikan sesegera mungkin pada peserta rapat, MoM mengandung berbagai poin penting yang disampaikan selama meeting, nama anggota yang hadir, waktu pelaksanaan, kesimpulan, dan detil lainnya. Meskipun tampak mudah, rupanya tidak semua orang dapat ditunjuk sebagai penulis MoM, lo! Dibutuhkan orang yang bisa menangkap isi pembicaraan dan menulis dengan cepat agar tidak ada yang terlewatkan.

https://unsplash.com/photos/faEfWCdOKIg Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash
Istilah kekinian mana yang sering kamu ucapkan di lingkungan kerja? | Sumber: Unsplash (Christina @wocintechchat.com)

On Duty

On duty seringkali digunakan oleh pekerja yang dimaknai sebagai ‘masih dalam tugas’. Sebaliknya, off duty adalah ‘orang yang sudah bebas kerja’ atau sedang tidak bekerja di tempat.

Sense of Belonging

Berarti rasa adanya rasa kepemilikan untuk tempat kita bekerja.  Hal ini merujuk pada adanya rasa tanggung jawab dan keinginan untuk tumbuh bersama, berkontribusi untuk perusahaan. Sehingga, sense of belonging bukanlah kalimat yang menjurus ke arah negatif.

Hybrid Working

Memiliki arti yang mirip dengan Work From Anywhere, sederet kata ini memiliki makna bekerja dari mana saja, selain di kantor. Sejak pandemi COVID-19 merebak, hybrid working sangat populer di kalangan pekerja dan diprediksi akan tetap menjadi trend di masa mendatang.

Baca juga: 5 Keuntungan Jadi Freelancer yang Harus Kamu Tahu!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)