INVESTASI GENERASI MUDA KOMPAS MASA DEPAN EMAS

INVESTASI GENERASI MUDA KOMPAS MASA DEPAN EMAS

INVESTASI GENERASI MUDA KOMPAS INDONESIA EMAS


G20 Presidency of Indonesia|pinterest (Pragmatic ply)

@id_sohib
@indonesiabaik.id

#SobatHebatIndonesiaBaik
#JadiKontributorJadiInspirator
#BerbagiMenginspirasi
#SohlBerkompetisiArtikel

Forum G20 adalah sebuah momentum dan kesempatan bagi bangsa Indonesia, apalagi tahun 2022 ini Indonesia menjadi tuan rumah pelaksanan G20 yang mewakili dari Asia Tenggara (ASEAN), Forum ini dihadiri oleh negara anggota G20, negara undangan khusus, ataupun organisasi internasional.

G20 tidak hanya di bebankan oleh pemerintah Indonesia dan negara lainnya,keterbukaan kontribusi kerja sama dan antusias rakyat baik dari masyarakat ataupun kalangan generasi muda,untuk menjadi bagian dalam menyerukan G20 agar setiap pembahasan, penyelesaian, dan tujuan dapat atau bisa ditangani secara nyata dan efisien.

Indonesia memiliki banyak generasi muda yang berprestasi baik secara akademik ataupun non akademik,dibuktikan banyaknya generasi muda yang mendapatkan apresiasi dari negara di dunia, hanya saja bagaimana agar membuat generasi muda lainnya bisa mengolah prestasinya serta bagaimana cara fasilitas ruang sarana prasarana yang memadai dan dapat dirasakan oleh banyak kalangan.
Indonesia mengangkat atau mengusung G20 dengan tema "RECOVER TOGETHER RECOVER STRONGER", hal ini merupakan kesempatan baik untuk mendorong keikutsertaan dan kelibatan generasi muda dalam forum G20 merupakan sebuah modal dalam membentuk generasi muda sebagai investasi masa muda.
Jika generasi muda yang dibekali dengan pendidikan, pengetahuan, wawasan, pelatihan, dan lain sebagainya dapat membentuk generasi muda dengan SDM yang unggul, generasi muda tersebut dapat menjadi penerus negara menuju kompas masa depan Indonesia Emas.



Generasi muda Berpendidikan|save4ed (save4ed.id.com)
Manfaat kontribusi generasi muda terhadap G20 bukan hanya untuk negara Indonesia saja melainkan generasi itu sendiri, pemikiran ide-ide secara modernisasi yang tepat menjadi nilai tambah investasi masa muda.

Beberapa usaha tindakan untuk menciptakan generasi muda sebagai investasi masa depan yaitu :
1. Meratanya Sektor Pendidikan yang setara
2. Tersebarnya sara dan Prasarana penunjang pendidikan secara luas
3. Kemudahan dan keamanan privasi Tekhnologi Informasi Jaringan Internet.
4. Pengawasan serta Bimbingan terhadap pelajar yang membandal.
5. Adanya kerja sama dan kontribusi dari keluarga, guru,ataupun pembimbing dan masyarakat.

Kriteria Generasi Muda yang unggul yaitu;
1. Taat beribadah, saling membantu dan bersedekah
2. Memanfaatkan waktu dan peluang sebaik mungkin
3. Menghormati baik orang yang lebih tua ataupu yang lebib muda
4. Penggunaan internet dan sosial media yang bijak
5. Bersikap terbuka terhadap berbagai pengalaman baru
6. Meningkatkan Literasi
7. Rajin berolahraga dan biasakan bangun pagi
8. Menghindari dari Kriminalitas atau perbuatan jelek lainnya.



Generasi muda|Randy Rinaldi (randyrinaldi.blogspot.com)
Generasi muda bangsa ini sangat menentukan arah masa depan bangsa Indonesia. Oleh karena itu setiap generasi muda seharusnya menjadi pondasi kokoh bagi bangsa Indonesia. Setiap generasi muda Indonesia yang masih berstatus pelajar merupakan faktor penting yang sangat diandalkan bagi Indonesia. Agar negeri ini semakin maju sangat dibutuhkan generasi muda yang berkepribadian leluhur budipekerti, patriotisme, dan mampu mengamalkan ilmu yang dimiliki.

Fokus utama yang harus menjadi tindakan generasi muda dalam menyuarakan G20 pemulihan global yaitu:
1. Transisi Energi
Generasi muda harus perihatin dan ikut bertindak akan perubahan ilkim yang terjadi secara nyata.
2. Pemulihan Kesempatan Global
Kontribusi generasi muda dalam meningkatkan pemulihan kesehatan dunia pasca pandemi Covid-19
3. Digitalisasi perekonomian
Ketertarikan dan kebutuhan generasi muda pada teknologi digitalisasi internet membuat perubahan pada perekonomian yang akan mudah dijangkau akses serta bisa menjadi kesempatan kerja sama antar luar negara.
Dunia digitalisasi memang menjadi jalan untuk pemulihan global, disini generasi muda bangsa bisa banyak belajar akan pentingnya penggunaan teknologi yang bermanfaat bagi membangun bangsa Indonesia.

Tidak hanya dorongan, generasi muda harus memiliki inspirasi untuk membangunkan semangat. Banyak tokoh tokoh yang dapat dijadikan inspirasi dalam membanggakan dalam membangun bangsa Indonesia. Para generasi muda diharapkan lebih mengenal budaya Tanah Air, karena hal itu penting lantaran para generasi muda memiliki peran terhadap pembangunan bangsa dimasa mendatang termasuk memacu perekonomian yang kini mulai menggeliat usai terhantam masa pandemi.

Saya sebagai penulis artikel ini juga merupakan seorang pelajar, saya pernah mengalami putus sekolah karena ekonomi, alhamdulillah berkat keinginan,tekad,dan doa sekarang saya mampu bersekolah hingga sekolah Menengah Kejuaraan Negeri, semenjak saya mengenal Tekhnologi digitalisasi saya mampu menambah wawasan dan pengalamam baru. Banyak manfaat yang bisa saya ambil dari dampak digitalisasi terutama dalam perekonomian, pendidikan, informasi (termasuk forum G20), dan lain-lain. Saya berharap baik saya ataupun generasi muda lainnya dapat membangun karakter yang mau mencoba hal baru serta tak mengenal kegagalan. Jangan pernah merasa iri terhadap keberhasilan orang, jadikan keberhasilan mereka sebagai semangat dan pelajaran untuk sama-sama berpegangan tangan dalam mencapai tujuan. Keterlibatan generasi muda dalam forum G20 adalah bekal dan modal sebagai upaya untuk antisipasi persiapan terhadap masalah global agar Indonesia mampu mengatasinya dimasa depan, karena generasi muda menentukan dalam membangun bangsa dan negara.