Instagram untuk Branding Produk, Memang Bisa?

Instagram untuk Branding Produk, Memang Bisa?

Instagram bisa dimanfaatkan sebagai platform bisnis, lo! | Sumber: Unsplash (Gabrielle Henderson)

Menurut statista.com, di tahun 2022, terdapat lebih dari 1,130.2 juta pengguna Instagram di seluruh dunia. Memang dalam dunia per-medsos-an, aplikasi yang telah diakuisisi oleh Meta tersebut merupakan salah satu media sosial paling populer saat ini.

Tampilannya yang fresh, story yang bisa hilang dalam 24 jam, dan mengandung lebih banyak visual daripada teks itu sendiri menjadi daya tarik utama sejak Instagram diluncurkan.

Nah, dewasa ini, semakin banyak para pemilik usaha yang mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan platform ber-ikon kotak ungu gradasi tersebut, lo! Kita bisa menjalankan strategi branding produk dengan Instagram. Wah, bagaimana caranya, ya?

Baca juga: Content Pillar untuk Pemasaran, Penting, lo!

Siapa, sih, Target Audiens Kita?

Agar proses pengenalan barang yang dijual menjadi lancar, tentunya kita harus bisa menemukan tujuan dan target audiens-nya. Usia, jenis kelamin, demografi, hobi, dan karakteristik menjadi beberapa poin penting yang ada dalam menentukan siapa sasaran bisnis kita. Mulailah memetakan elemen-elemen tersebut agar proses branding semakin efektif.

Gunakan Pendekatan Komunikasi yang Baik

https://unsplash.com/photos/-UsJoNxLaNo  Photo by Georgia de Lotz on Unsplash
Konsumen sangat senang apabila merasa diperhatikan oleh kita | Sumber: Unsplash (Gabrielle Henderson)

Yup, namanya saja sedang menggaet follower, tentunya berkomunikasi yang baik sangat diperlukan. Saling bertukar komentar dengan pengikut kita, rajin memberikan like, dan menempatkan diri sebagai sosok yang mendengarkan follower akan membuat mereka merasa diperhatikan oleh kita.

Jangan lupa, apabila ada yang bertanya mengenai detail produk atau komplain, sebaiknya tetap ditanggapi dengan bahasa yang sopan, ya, guys! Salah satu hal yang menyebabkan kita kehilangan pelanggan dan acap kali dilakukan oleh buyer yakni tidak ramah saat konsumen datang dan menanyakan informasi barang.

Hati-hati, saat ini harga murah lebih penting daripada pelayanan ramah sudah mulai ditinggalkan. Alasannya adalah selain harga kompetitor sudah semakin bersaing, masih banyak juga yang tetap mampu memberikan excellent service yang memuaskan.

Pantau Akun Instagram Secara Rutin, ya!

Produk atau jasa sudah tersedia, pengikut mulai berdatangan, dan brand kita makin dikenal saja tidak cukup, SohIB! Banyak yang mengatakan bahwa mempertahankan itu jauh lebih menantang daripada mencari yang baru. 

Buatlah schedule harian agar tampilan halaman Instagram semakin menarik. Ingat, hard selling saja belum tentu bisa berhasil merayu pembeli akan produk kita. Sebaliknya, gunakan soft selling agar follower tidak hanya mampir saat membutuhkan kita, melainkan juga mencari informasi yang bermanfaat dan masih relevan dengan brand.

Baca juga: 5 Pekerjaan yang Cocok Bagi Kamu, INTJ

Hashtag Pada Postingan

https://unsplash.com/photos/o6mV3NPlmGw Photo by Katie Harp on Unsplash
Jangan mengecilkan peran hashtag dalam marketing Instagram | Sumber: Unsplash (Katie Harp)

Salah satu cara paling mudah saat seseorang ingin mencari informasi yang diperlukan sesegera mungkin adalah dengan menggunakan tanda hashtag. Berikan tagar setiap kali SohIB memposting sesuatu pada akun bisnis. Sehingga saat ada calon customer yang berselancar di Instagram untuk mencari barang, akun kita akan terlebih dahulu ditemukan.

Buat Instagram Bisnis

Mengapa langkah ini penting? Pada akun Instagram yang biasa, informasi yang ditampilkan ‘hanya sebatas nama, email, dan website. Sedangkan untuk Instagram bisnis, fitur yang tersedia jauh lebih lengkap, seperti dapat menambahkan kategori bisnis dan insight yang memudahkan kita untuk mengidentifikasikan content, activity, and audience.

Dengan banyaknya pemilik bisnis yang berhasil menerapkan Instagram marketing dalam meningkatkan performa penjual, bisa menjadi pertimbangan SohIB untuk menggunakan platform ini sebagai promosi bisnisnya. Bagaimana menurut kamu?

Baca juga: Belajar Tentang Google AdSense, yuk!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)