5 Inspirasi Lomba Unik 17 Agustus-an

5 Inspirasi Lomba Unik 17 Agustus-an

Lomba estafet tepung | ayobandung.com

#SobatHebatIndonesiaBaik

#JadiKontributorJadiInspirator

#BerbagiMenginspirasi

Peringatan hari kemerdekaan RI yang ke-77 yang akan jatuh tanggal 17 Agustus tinggal hitungan hari lagi. Kamu yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna ataupun sudah biasa menjadi panitia lomba 17-an di kampung atau di kompleks perumahan kamu pasti sudah mulai siap-siap menyelenggarakan lomba-lomba khas 17-an yang sudah menjadi tradisi pesta rakyat ini.

Rakyat Indonesia memang dikenal sangat kreatif dalam menciptakan lomba-lomba khas pesta rakyat. Hampir setiap tahun perayaan hari kemerdekaan tidak bisa dilepaskan dari kegiatan lomba pesta rakyat 17-an. Berikut ini adalah jenis-jenis kompetisi unik yang bisa kamu pilih/siapkan sebagai Karang Taruna untuk memeriahkan pesta rakyat tanggal 17 Agustus nanti:

Lomba Estafet Tepung dalam Piring

Lomba ini sangat cocok dimainkan sama bapak-bapak dan ibu-ibu secara berkelompok berjumlah 7-10 orang. Aturan permainannya, setiap anggota kelompok memegang piring kosong, sedangkan pemimpin yang duduk di barisan paling depan memegang piring yang sudah diisi dengan tepung.

Tepung dalam piring harus dipindahkan ke anggota kelompok lainnya tanpa diperbolehkan menolehkan wajah ke belakang. Jadi yang bergerak memindahkan piring hanya tangan saja melewati atas kepala untuk mengisi piring kosong anggota kelompok di belakang barisan dan seterusnya sampai dengan anggota kelompok di barisan terakhir.

Grup yang tepungnya paling banyak (sedikit tumpahnya), maka akan menjadi pemenangnya. Bagian yang lucu dari perlombaan ini adalah ketika tepung tumpah-tumpah ke wajah rekan se-timnya sehingga semua anggota kelompok bisa belepotan mukanya dengan tepung dan bisa bikin yang menonton tertawa.

Lomba Balap Karung Memakai Helm

Balap karung dengan cara loncat dan lari sudah biasa, tapi kalau balapan karung jalan sambil jongkok pakai helm itu baru unik, SohIB. Permainan ini bisa dimainkan anak-anak maupun orang dewasa. Tingkah peserta yang berjalan dalam karung tertutup helm bisa bikin penonton tertawa terpingkal-pingkal karena kelucuan mereka di arena balapan.

Balap karung memakai helm | brilio.net

Apalagi kalau saat balapan para pesertanya berjatuhan berguling-guling karena bersenggolan dengan peserta lain. Dijamin lucu deh, SohIB!

Lomba Make Over dengan Mata Tertutup

Lomba yang satu ini cocok banget dimainkan suami istri atau dengan pasangan. Agar keseruan bertambah, yang dirias bukanlah wajah suami oleh istri ya, tapi sebaliknya dengan kondisi mata tertutup perias ditutup. Kalau para istri walaupun dengan mata tertutup pasti sudah pada jago ya kalau soal make up dan touch up. Namun, kalau suami, wah, dijamin seru dan lucu deh.

Pemenangnya bisa ditentukan dari hasil make up yang paling rapi dan cantik. Meskipun sudah bisa ditebak, namanya suami make over istri dengan kondisi mata tertutup, pasti sudah bisa ditebak hasilnya bagaimana. Betul tidak, SohIB?

Lomba Makan Kerupuk Pakai Kecap

Lomba ini sepertinya sudah tidak asing lagi di setiap lomba 17-an. Permainan ini cocok dimainkan semua jenis usia. Namun, kalau hanya makan kerupuk saja sepertinya sudah biasa ya, SohIB. Kalau lomba kerupuknya memakai kecap pasti akan lebih seru.

Peserta tidak hanya kesulitan makan kerupuk yang digantung, tapi juga harus belepotan sama kecap yang menempel di mulut dan muka. Pasti seru, ya!

Lomba Fashion Show

Lagi viral Citayam Fashion Week (CFW) di SCBD bisa juga SohIB, lomba fashion jadi inspirasi Karang Taruna di daerahmu untuk mengadakan lomba street fashion week ala-ala Jeje, Kurma, dan Bonge dari SCBD. Dijamin seru, nih. Apalagi kalau fashion yang diperagakan adalah fashion produk lokal (local pride) atau baju adat yang menjadi ciri khas di daerahmu.

Siapa yang tahu, nantinya setiap daerah memunculkan ciri khas street fashion-nya daerahnya masing-masing. Atau bisa juga melahirkan rising star bibit model-model berbakat di masa depan. 

Merdeka! | pixabay.com (Ady_Fauzan)

Mengangkat tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” pesta kemerdekaan RI tahun ini kita harapkan bisa menjadi pemicu bagi masyarakat dan semua kalangan untuk bangkit dari pandemi di semua sektor. Pesta rakyat 17-an bisa menjadi penghibur sekaligus penyemangat agar kita bangkit dan pulih dari pandemi. Meskipun demikian, karena kasus Covid-19 masih ada, tetap perhatikan protokol kesehatan ya, SohIB!