Insentif Kartu Prakerja Tahun Ini Naik, Sekarang Rp4,2 Juta, lo!

Insentif Kartu Prakerja Tahun Ini Naik, Sekarang Rp4,2 Juta, lo!

Kartu Prakerja akan dibuka lagi tahun ini | Sumber: prakerja.go.id

Tahu nggak SohIB, tahun ini, insentif program Kartu Prakerja akan naik hingga Rp4,2 juta, lo! Angka tersebut tentu saja lebih tinggi dari nominal yang diberikan kepada peserta program sebelumnya, yakni Rp3,5 juta. Meski demikian, sebagaimana yang diwartakan oleh Indonesiabaik, terdapat penyusutan anggaran dan peserta yang akan menerima bantuan.

Sebelum kita melangkah lebih lanjut, kamu sudah tahu belum apa itu Program Kartu Prakerja? Menurut laman resminya, program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Kartu Prakerja didesain untuk memberikan nilai baik bagi pengguna maupun sektor swasta. Oiya, dalam pelatihannya, kegiatan ini menggandeng berbagai perusahaan dan institusi sebagai mentornya, lo!

Baca Juga: 5 Fakta School Bullying dalam Drakor Weak Hero Class 1, Sudah Tahu?

Yuk SohIB, ketahui 5 hal penting seputar Kartu Prakerja tahun 2023 yang perlu kamu ketahui! Terdapat beberapa perbedaan dari yang terdahulu, nih

Penyusutan Peserta dan Anggaran Program Kartu Prakerja

insentif kartu prakerja
Skema Kartu Prakerja 2023 yang terbaru | Sumber: Indonesiabaik.id

Program Kartu Prakerja di tahun 2023 hanya akan diberikan kepada 1 juta pesertaーdi mana dulunya adalah 4,98 juta orangーseiring dengan perubahan dari skema semi bantuan sosial (bansos) ke skema normal.

Anggarannya pun berubah, dari yang tadinya mencapai RP17,84 triliun (dana yang disediakan adalah Rp18 triliun) menjadi Rp4,37 triliun. Nantinya, di tahap awal akan ada separuh dana (Rp2,67 triliun) untuk sekitar 595.000 peserta.

So, berapa insentif yang akan penerima dapatkan?  Seperti yang telah disinggung di atas, maka angka yang bakal diberikan adalah Rp4,2 juta, naik Rp700 ribu dari gelombang yang lama.

3 Sistem Pelatihan

Bila di masa lalu, pelatihan Kartu Prakerja semua dijalankan secara daring, maka tahun ini akan ada kebijakan teranyar. Penyelenggara akan mengadakan kelas secara online, offline atau tatap muka, dan campuran (hybrid). Menurut kamu, ini bakal memberatkan atau malah seru karena bertemu teman baru secara langsung?

Baca juga: 5 Penemuan Penting yang Mengubah Dunia

Nggak Ada Batasan Peserta!

peserta kartu prakerja
Siapa saja penerima program Kartu Prakerja? | Sumber: Indonesiabaik.id

Untuk SohIB yang sudah menerima bantuan sosial dari kementerian atau lembaga lainnya, tetapi masih ingin mendaftar Kartu Prakerja, sekarang sudah bisa, lo! Sebabnya, program ini nantinya akan dijalankan dengan skema normal, bukan lagi bantuan sosial (bansos). Hal tersebut sesuai dengan Perpres Nomor 113 Tahun 2022.

Lembaga Pelatihan Program Kartu Prakerja

Meskipun belum ada informasi secara resmi, apabila kamu menelusuri website Kartu Prakerja, lembaga pelatihan yang bekerja sama dengan program dari pemerintah ini tidak lagi sebanyak yang dulu.

Saat ini, yang tersedia sebagai platform penyedia training adalah Daya Dimensi Indonesia, Gramedia Academy, Karier.mu, LPK CIPTA KARYA INTELEKTUAL, LPK Indobank, LPK Pembangunan, LPPK Wahana Tama, dan Pijar Mahir.

Besaran Bantuan

Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh bapak Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, di tahun 2023 ini, bantuan senilai Rp4,2 juta tersebut akan dirinci sebagaimana berikut:

  1. Bantuan biaya pelatihan: Rp3,5 juta,
  2. Insentif pascapelatihan: Rp600 ribu,
  3. Insentif survei: Rp100 ribu x 2 kali pengisian survei.

Bagaimana SohIB, kamu sudah siap mendaftar tahun ini? Semoga, dengan mengikuti pelatihan Kartu Prakerja, keahlian kita semakin berkembang dan membantu kamu mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan impian! 2023, yuk, makin jadi pribadi yang keren!

Baca juga: Gagal Daftar Kartu Prakerja? Coba Check Ini Dulu!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)