Indonesia sebagai Ketua ASEAN dalam Mewujudkan Harapan; ASEAN Matters: Epicentrum of Growth

Indonesia sebagai Ketua ASEAN dalam Mewujudkan Harapan; ASEAN Matters: Epicentrum of Growth

ASEAN | freepik.com (freepik)

SohIBBerkompetisiArtikel

Berdasarkan KBBI, definisi organisasi merupakan kesatuan (susunan dan sebagainya) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dan sebagainya) dalam perkumpulan dan sebagainya untuk tujuan tertentu. SohIB pasti pernah mengikuti sebuah ataupun beberapa organisasi sekaligus. Tahukah kamu, sebuah negara juga bisa mengikuti organisasi bersama antar negara lain. Tidak terkecuali Indonesia, salah satunya sebagai anggota ASEAN.

Tentang ASEAN

freepik.com (freepik)
ASEAN Logo | freepik.com (www.sion.pics)

Association of South East Asian Nations atau yang biasa kita singkat dengan ASEAN adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama dengan beberapa negara di Asia Tenggara diantaranya Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Dilansir dari laman Indonesiabaik.id keanggotaan ASEAN bertambah pada tahun 2022. Timor Leste secara geografis merupakan wilayah Asia Tenggara dan telah secara resmi mendaftarkan diri sebagai anggota ASEAN pada tahun 2011 namun masih dalam pembahasan kesepuluh negara anggota ASEAN. Hingga pada akhirnya Timor Leste resmi disetujui menjadi anggota ASEAN pada 11 November 2022 saat KTT ASEAN di Kamboja.

Berdasarkan data dari Sekretariat Nasional ASEAN – Indonesia, ASEAN memiliki semboyan Satu Visi, Satu Identitas, Satu Masyarakat. Hal ini meyakini prinsip yang dipegang teguh diantaranya:

  • Menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesetaraan, integritas wilayah, dan identitas nasional seluruh negara anggota ASEAN;
  • Komitmen bersama dan tanggung jawab kolektif dalam meningkatkan perdamaian, keamanan, dan kemakmuran di kawasan ASEAN;
  • Menolak agresi, ancaman, penggunaan kekuatan, atau tindakan lainnya dalam bentuk apapun yang bertentangan dengan hukum internasional;
  • Mengedepankan penyelesaian sengketa secara damai, tidak mencampuri urusan dalam negeri negara anggota ASEAN, dan menghormati kebebasan yang mendasar, pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia, serta pemajuan keadilan sosial.

Berdasarkan Piagam ASEAN, Ketua ASEAN akan digilir setiap tahunnya sesuai dengan urutan abjad nama negara anggota ASEAN dalam Bahasa Inggris. Ketua ASEAN memiliki peran sebagai penanggung jawab penyelenggaraan pertemuan diantaranya: KTT ASEAN, Dewan Koordinasi ASEAN, Dewan Masyarakat ASEAN, dan Badan Sektoral ASEAN.

INDONESIA SEBAGAI KETUA ASEAN 2023

Serah Terima Keketuaan ASEAN oleh Presiden Joko Widodo dari PM Kamboja Hun Sen | niaga.asia (BPMI Setpres/Laily Rachev)

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com Indonesia telah resmi menjabat sebagai ketua ASEAN pada tahun 2023. Peresmian ini dilaksanakan dengan acara kick off serta pemukulan alat musik rebana oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Bundaran Hotel Indonesia pada Minggu (29/1/2023) pagi. Beliau menuturkan secara optimis bahwa ASEAN akan tetap relevan juga menjadi pusat untuk pertumbuhan ekonomi yang vital bagi rakyat, bagi kawasan, dan bagi dunia.

Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di ASEAN hingga banyak pihak yang bertopang harapan pada Indonesia untuk melaksanakan berbagai inovasi dalam menghadapi permasalahan dunia yang juga sedang dihadapi kawasan. Indonesia juga bertekad untuk mengarahkan kerja sama ASEAN tahun ini dalam melanjutkan dan memperkuat relevansi ASEAN untuk menghadapi tantangan kawasan dan global, selain itu juga memperkuat ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi untuk kemakmuran rakyat Asia Tenggara.

Indonesia sebagai ketua ASEAN tahun ini bertugas mengadakan KTT ASEAN ke-42 yang akan berlangsung di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada 9 hingga 11 Mei 2023. Delegasi Sekretariat ASEAN akan dipimpin oleh Sekretaris Jenderal ASEAN Dr Kao Kim Hourn. Selain itu juga terdapat Pertemuan Para Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Majelis Antar Parlemen ASEAN, Pemuda ASEAN, Dewan Penasihat Bisnis ASEAN, dan Gugus Tugas Tingkat Tinggi untuk visi Komunitas Visi ASEAN Pasca-2025. Dilansir dari laman web asean.org terdapat berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan selama tiga hari KTT ASEAN yang ke-42 di Labuan Bajo, berikut jadwalnya:

9 Mei 2023

  • ASEAN Foreign Ministers’ Meeting
  • 26th ASEAN Political-Security Community Council Meeting
  • 33rd ASEAN Coordinating Council Meeting

10 Mei 2023

  • 42nd ASEAN Summit (Opening and Plenary Session)
  • ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Inter-Parliamentary Assembly
  • ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Youth
  • ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Business Advisory Council
  • ASEAN Leaders’ Interface with High –Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision

11 Mei 2023

  • 42nd ASEAN Summit (Retreat Session)
  • 15th IMT-GT Summit
  • 15th BIMP-EAGA Summit

ASEAN MATTERS: EPICENTRUM OF GROWTH

Tema ASEAN 2023 | djpb.kemenkeu.go.id (kemenkeu)

Dilansir dari laman cnbcindonesia.com Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengumumkan tema dari ASEAN 2023 terdiri atas dua elemen inti yaitu “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.”

Elemen pertama yaitu ASEAN Matters atau Urusan ASEAN, dijelaskan oleh Retno tentang kepemimpinan Indonesia sebagai ketua ASEAN tetap menjadikan ASEAN relevan dan penting bagi seluruh rakyat ASEAN maupun luar. Untuk elemen kedua yaitu Epicentrum of Growth atau Pusat dari Pertumbuhan dimaksudkan bahwa pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN selalu bertumbuh lebih tinggi dibanding negara diluar keanggotaan ASEAN.

Dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi negara terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan, salah satunya dengan memperkuat bidang kesehatan dan penguatan dalam kerja sama keuangan. Dari kedua elemen tersebut telah menjadikan upaya untuk mewujudkan harapan dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi di kawasan dan kemakmuran seluruh rakyat ASEAN.