Indonesia Penghasil Nikel Terbesar di Dunia, Ini Kegunaannya!

Indonesia Penghasil Nikel Terbesar di Dunia, Ini Kegunaannya!

Nikel di Indonesia | Sumber: Unsplash (Paul Alain Hunt)

Jika ditanyakan negara mana yang kaya akan sumber daya alam dan manusia yang berlimpah, maka Indonesia punya kemungkinan besar disebutkan sebagai jawabannya. Memang sudah bukan rahasia lagi apabila negara kita memang mempunyai komoditas pertambangan yang super berlimpah, mulai dari emas, timah, batu bara, sampai nikel.

Bahkan, sebuah laporan disusun oleh Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan bahwa total produksi yang dicapai Indonesia diperkirakan menyentuh angka 1,6 juta metrik ton. Padahal, produksi nikel di dunia diprediksi mencapai 3,3 juta ton tahun 2022. Artinya, negara kita menyumbang hingga 48,48% dari total produksi nikel dunia sepanjang tahun lalu. Besar banget, ya?

Dilansir dari Indonesia Baik, selain menjadi merajai produksi nikel, kita juga memiliki cadangan nikel paling besar di dunia pada tahun kemarin, yaitu mencapai 21 juta metrik ton. Posisinya setara dengan Australia. Artinya, kedua negara tersebut masing-masing menyumbang angka 21% total cadangan nikel di dunia tahun kemarin.

SEO Tools yang Sering Digunakan Untuk Optimasi Website, Sudah Tahu?

Kenapa Nikel Banyak Dicari?

Grafik negara penghasil nikel di dunia | Sumber: Indonesia Baik
Grafik negara penghasil nikel di dunia | Sumber: Indonesia Baik

Nikel merupakan logam mineral tambang yang biarpun teksturnya keras, tapi sifatnya sebetulnya sangat lentur, sehingga mudah dibentuk. Ditemukan pada tahun 1975 oleh Cronstedt, warnanya dasarnya ternyata putih keperakan, keemasan, dan sedikit mengkilap. Kalau dikolaborasikan dengan krom dan besi, makan akan menjadi baja yang tahan karat, kuat, dan ringan.

Kegunaannya banyak sekali, lo! Agar lebih banyak informasi yang SohIB dapatkan, simak penjelasannya berikut ini.

Material Pembuat Koin dan Baterai

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, meskipun nikel itu keras, sebetulnya teksturnya empuk dan mudah dibentuk sesuai kebutuhan. Oleh sebab itu, pada uang koin seribuan di Indonesia, memanfaatkan logam yang satu ini. Pun juga dengan baterai isi ulang pada smartphone. Semuanya menggunakan nikel untuk bahan pembuatnya.

Pembuat Kerangka Otomotif

Beberapa komponen di kendaraan seperti knalpot dan velg menggunakan nikel sebagai pelapisnya. Tujuannya adalah agar bodi tampak mengkilap, mengurangi resiko lecet, dan terhindar dari karat.

Prinsip Kaizen, Biar Kita Makin Produktif

Material Senjata Militer

SohIB tahu tidak, kalau Indonesia menjadi salah satu negara yang punya kualitas jempolan di bidang pembuatan senjata militer, lo! Fakta ini semakin didukung dengan adanya sumber daya nikel yang melimpah sebagai material pembuatnya. Sebab, nikel terbukti tahan akan oksidasi dan karat.

Pembuat Kawat

Lagi-lagi karena sifatnya yang anti korosi, nikel dimanfaatkan untuk bahan pembuatan beberapa benda, seperti kawat dan kaleng. Apalagi, ia merupakan penghantar panas yang baik. Alumunium yang sering digunakan sebagai rak dan meja di dapur? Tentu saja nikel juga berperan di dalamnya!

Daftar Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia

Secara signifikan, Indonesia memimpin sebagai produsen nikel teratas di dunia. Jumlahnya pun nggak main-main. Angkanya menyentuh di 1,6 juta metrik ton. Di bawahnya, masih ada 8 negara lain yang turut menjadi produsen logam mineral ini, meskipun selisihnya sangat jauh apabila dibandingkan dengan negara kita, SohIB. Berikut adalah daftarnya:

  1. Indonesia: 1,6 juta metrik ton
  2. Filipina: 330 ribu metrik ton
  3. Rusia: 220 ribu metrik ton
  4. Kaledonia Baru: 190 ribu metrik ton
  5. Australia: 160 ribu metrik ton
  6. Kanada: 130 ribu metrik ton
  7. Tiongkok: 110 ribu metrik ton
  8. Brasil: 83 ribu metrik ton
  9. Amerika Serikat: 18 ribu metrik ton.

Daerah Penghasil Nikel di Indonesia

Koin menjadi salah satu benda yang dibuat dari nikel | Sumber: Unsplash (Pawel Czerwinski)
Koin menjadi salah satu benda yang dibuat dari nikel | Sumber: Unsplash (Pawel Czerwinski)

Diinfokan dari Gramedia, daerah penghasil nikel di Indonesia biasanya didominasi oleh Indonesia bagian Timur. Beberapa di antaranya adalah Gebe (Halmahera), Luwu Timur (Sulawesi Selatan), Morowali (Sulawesi Tengah), hingga Tapunopaka (Sulawesi Tenggara). Nah, pada sebuah daerah di Sulawesi Selatan yang bernama Sorowako, ada perusahaan nikel yang paling besar di dunia, nih!

6 Komponen Wajib Tumpeng. Ternyata Ada Maknanya, lo!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)