5 Ide Bisnis untuk Mahasiswa, Cukup Modal Keterampilan!

5 Ide Bisnis untuk Mahasiswa, Cukup Modal Keterampilan!

Ide Bisnis untuk Mahasiswa | Sumber: Pexels (fauxels)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBMiniBootcamp

Beberapa di antara SohIB pasti ada yang merupakan seorang mahasiswa, kan? Lalu, pernahkah kamu terpikir untuk mencoba berbisnis? Selain menambah uang jajan, berbisnis bagi mahasiswa juga dapat—memberikan pengalaman dan relasi. Nggak cuma itu, berbisnis juga mampu mengasah keterampilan yang bermanfaat setelah lulus dari perguruan tinggi.

Nah, kalau SohIB tertarik berbisnis, kamu bisa mencoba ide bisnis untuk mahasiswa berikut ini. Yuk, langsung simak selengkapnya!

1. Jualan Online/Langsung

Ide Jualan untuk Mahasiswa
Mahasiswa dapat berjualan online/langsung di sela waktu kuliah. Sumber: Freepik (benzoix)

SohIB dapat mencoba ide yang pertama ini dengan memilih satu atau lebih jenis barang yang akan dijual, seperti makanan, produk kecantikan, alat tulis, aksesoris, pakaian, dan lain-lain. Kalau masih bingung karena belum memiliki produk sendiri, kamu bisa menjadi reseller (penjual produk orang lain) terlebih dahulu.

Ada banyak toko online yang membuka peluang bagi reseller sehingga kamu tak perlu khawatir kehabisan ide berjualan. Namun, kamu tetap harus memastikan produk yang akan dijual kembali tidak abal-abal dan supplier-nya telah terpercaya untuk menghindari penipuan, atau hal lain yang tidak diinginkan.

Apabila SohIB sudah punya produk sendiri, gunakan perantara media sosial dan teman di kampus sebagai sarana untuk mengenalkan produk. Promosi antarteman dapat membantu meningkatkan penjualan. Kalau produknya berupa makanan, kamu juga bisa menitipkannya ke kantin atau warung terdekat.

2. Membuka Jasa Les Privat

Bisnis Mahasiswa Jasa Les Privat
Bisnis jasa les privat bisa dilakukan mandiri maupun bergabung ke lembaga bimbingan tertentu. Sumber: Freepik (mindandi)

Membuka jasa les privat dapat SohIB lakukan secara mandiri maupun ikut bergabung ke lembaga bimbingan tertentu. Apalagi kalau kamu senang mengajarkan materi sekaligus senang berinteraksi dengan anak-anak, bisnis ini sangat cocok untukmu.

Saat memilih materi yang akan diajarkan, pastikan kamu telah menguasainya dengan baik, atau minimal mau mempelajari kembali materi tersebut. Selain itu, kamu juga harus mengasah keterampilan mengajar agar siswa yang ikut bimbinganmu mudah menangkap materinya.

Selanjutnya, kalau kamu membuka les privat secara mandiri, jangan lupa untuk menyiapkan tempat yang nyaman. Apabila berada di tempat kos dan ingin menggunakan satu ruang tertentu, jangan lupa juga untuk meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik kos.

Baca Juga: 5 Kerajinan Tangan Kekinian yang Bisa Jadi Cuan, Simpel tapi Cantik!

3. Membuka Jasa Penulisan

Bisnis Mahasiswa dengan Jasa Penulisan
Bisnis jasa penulisan dapat berupa jasa pengetikan tugas. Sumber: Freepik (freepik)

Jasa penulisan di sini tidak terbatas pada tugas perkuliahan saja, melainkan juga jasa pengetikan tugas, baik untuk siswa maupun mahasiswa, atau juga masyarakat umum dengan jangka waktu tertentu. Selain itu, kamu juga dapat mengembangkan keterampilan menulismu dengan menjadi penulis lepas yang tentunya bisa mendatangkan cuan, lo!

4. Membuka Jasa Desain

Bisnis mahasiswa dengan jasa desain
Banyaknya kebutuhan desain dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis untuk mahasiswa. Sumber: Pexels (Antoni Shkraba)

Saat ini, kebutuhan akan desain dapat dikatakan cukup tinggi, baik untuk desain pada produk maupun desain untuk penyampaian informasi. SohIB dapat memanfaatkan peluang ini dengan membuka jasa pada bidang desain.

Namun sebelum itu, kamu perlu membuat portofolio agar dapat menarik pelanggan. Portofolio ini bisa kamu peroleh melalui berbagai kesempatan, seperti mendesain untuk kegiatan kampus, mengikuti lomba poster maupun logo, dan lainnya.

5. Membuka Jasa Perbaikan Barang

Bisnis jasa perbaikan dapat dilakukan mahasiswa
Bisnis jasa perbaikan barang dapat dilakukan ketika jadwal kuliah tidak terlalu padat. Sumber: Pexels (cottonbro studio)

Membuka jasa perbaikan barang dapat SohIB lakukan apabila memiliki keahlian untuk memperbaiki barang tertentu, misalnya komputer. Karena memperbaiki benda tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama, SohIB dapat mencoba ide ini apabila jadwal perkuliahan tidak terlalu padat. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus pada perbaikan dan bisa menyelesaikannya dengan cepat.

Baca Juga: 4 Bisnis Modal Kecil Untung Melimpah, Cobain, yuk!

Itulah beberapa ide bisnis untuk mahasiswa yang dapat SohIB coba secara online dengan memanfaatkan media sosial ataupun platform lainnya. Kamu juga bisa bergabung pada perusahaan lain yang membuka peluang kerja bagi mahasiswa pada bidang yang telah disebutkan sebelumnya maupun bidang lainnya.

Tidak hanya itu, SohIB juga bisa mempromosikan keahlianmu pada platform tertentu, seperti Appen, Fiver, dan lain-lain. Namun, tetap teliti dalam memilih klien  supaya terhindar dari penipuan, ya!

Selain berbisnis, sebagai mahasiswa kamu juga bisa fokus untuk mengembangkan skill dan kompetensi. Kamu bisa bergabung ke Komunitas Sohib, persembahan dari Indonesia Baik yang akan mengadakan berbagai workshop dan pelatihan terkait self development. So, tunggu apa lagi, segera join, kuy!

Editor: Firdarainy Nuril Izzah