4 Hobi yang Bikin Produktif dan Tambah Cuan

4 Hobi yang Bikin Produktif dan Tambah Cuan

Hobi yang bikin produktif dan tambah cuan (Andrea Piacquadio/ Pexels)

SohIB, kalau ada waktu luang biasanya kamu melakukan aktivitas apa? Umumnya, sebagian orang memilih untuk bersantai di rumah saja. Namun, tahukah kamu bahwa dengan melakukan hobi tertentu bikin kamu produktif dan tambah cuan?

Contohnya adalah hobi edit video. Selain kamu bisa menjadi content creator untuk media sosialmu sendiri, SohIB juga bisa membuka jasa sunting video dan tambah uang saku. Asyik, bukan? Yuk, ketahui hobi yang bikin produktif dan tambah cuan lainnya di bawah ini!

1. Suka Menulis Cerita? Coba Jadi Novelis Online

Apakah ada yang suka menulis cerita di buku catatan harian atau laptop pribadi? Jika iya, SohIB bisa coba kirimkan karyamu ke salah satu platform agar banyak orang yang banyak membaca ceritamu dan kamu pun bisa mendapat untung.

Misalnya saja, Noveltoon atau Storyal. Di sini, kamu bisa mendapat cuan dari kegemaran yang satu ini. Namun, ingatlah untuk mematuhi persyaratan dari mereka terlebih dahulu. Jadi, tidak ada pihak yang dirugikan.

Kemudian, buatlah cerita yang menarik dan orisinil agar orang-orang tertarik membaca dan merekomendasikan novelmu ke orang lain. Siapa tahu 'kan, nanti karyamu bisa diangkat menjadi film atau yang lainnya?

2. Menjahit Baju, Hobi yang Bikin Produktif dan Tambah Cuan

Dunia mode tidak ada matinya. Setiap tahun pasti saja ada tren mode yang baru. Jika kamu bisa mendesain dan menjahit baju, ada baiknya kamu coba untuk menjual hasil karyamu ke toko online. Jadi, hobi ini selain bikin kamu produktif, bisa tambah cuan lagi! 

Menurut Sirclo, sebelum mulai menjual bajumu, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Yuk, perhatikan apa saja itu di bawah ini!

  • Buat brand yang unik.
  • Perhatikan kualitas baju.
  • Buat desain baju yang orisinil dan menarik.
  • Siapkan katalog dan mockup desain.
  • Memilih e-commerce yang tepat atau membuka sendiri toko online.

3. Hobi Menggambar Bisa Jadi Sumber Tambah Penghasilan

SohIB, ada banyak cara untuk menambah penghasilan. Salah satu caranya adalah melalui hobi menggambarmu. Kamu bisa menawarkan jasa desain grafis di media sosial atau ke teman - temanmu.

Terlebih lagi, dilansir dari Glints, profesi desain grafis sangat dicari oleh beberapa agensi dan perusahaan untuk membuat konten atau branding, lo. Jadi, buat SohIB yang hobi menggambar, bisa banget untuk ditekuni dengan serius karena peluang kariernya yang bagus.

4. Hobi Memasak Bikin Produktif dan Tambah Cuan!

Memasak merupakan keterampilan yang dibutuhkan dalam hidup. Meskipun demikian, tidak semua bisa atau punya hobi memasak. Oleh karena itu, peluang ini harus kamu manfaatkan untuk menjual hasil masakanmu.

Selain hobi ini bikin produktif dan tambah cuan, ada manfaat lainnya juga, lo! Misalnya kamu bisa lebih berhemat, kualitas makanan lebih terjaga juga karena kamu sendiri yang memasaknya, dan tentunya melatih kreatifitas. Jadi, jangan remehkan hobi memasak ini ya!

Itu dia 4 hobi yang selain bikin produktif, tapi juga menambah pendapatan. Apakah di antara 4 hobi ini, ada yang masuk dalam kegiatan favoritmu saat ada waktu luang? Nah, kalau kamu ingin segera mendapat penghasilan tambahan dari hobimu, SohIB bisa coba jual karyamu di aplikasi point of sales Makasi.

Di sini, kita bisa buka toko online sendiri, membuat katalog profesional, dan laporan penjualan otomatis. Jadi, kamu tidak perlu repot dengan urusan pembukuan dan membuat situs toko online sendiri. Menarik, bukan? Yuk, download sekarang aplikasi Makasi POS di Google Play Store secara GRATIS dan coba fitur-fitur keren lainnya!