Hari Hak Asasi Manusia Sedunia 2022, Ayo Bela Hak Setiap Manusia!

Hari Hak Asasi Manusia Sedunia 2022, Ayo Bela Hak Setiap Manusia!

Hari Hak Asasi Manusia Sedunia | Sumber: Pixabay (geralt)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Setiap manusia telah memiliki seperangkat hak yang melekat pada dirinya begitu ia terlahir ke dunia. Tiada seorang pun yang patut merebut anugerah dari Tuhan tersebut. Akan tetapi, realitas kerap berkata lain.

Pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang terjadi di sana-sini harusnya menjadi perhatian. Untuk itu, Hari Hak Asasi Sedunia 2022 yang jatuh pada tanggal 10  Desember menjadi pengingat agar orang-orang kembali saling menjaga dan melindungi haknya. 

Peringatan Hari HAM Sedunia tahun ini membawakan tema yang spesial, lo! Penasaran apa itu? Yuk, simak informasinya berikut ini!

Apa Itu Hak Asasi Manusia?

Hak Asasi Manusia
Hak Asasi Manusia adalah seperangkat hak fundamental yang secara alami melekat pada manusia. | Sumber: Freepik (freepik)

SohIB tentu sudah familier dengan istilah HAM, tetapi apakah kamu tahu pengertiannya? Jadi, menurut Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999, hak asasi manusia adalah

"Seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia."

Dalam hal ini, setiap manusia—tak peduli suku, ras, agama, maupun warna kulitnya—tetap memiliki hak universal tersebut. Adapun yang termasuk ke dalam hak-hak asasi manusia, di antaranya

  • Hak Asasi Pribadi (Personal Rights), seperti hak untuk hidup, hak kebebasan dalam berekspresi;
  • Hak Asasi Ekonomi (Property Rights), seperti hak dalam melakukan kegiatan jual beli;
  • Hak Asasi Politik (Political Rights), seperti hak terlibat dalam kegiatan pemilu;
  • Hak Asasi Hukum (Rights of Legal Equality), seperti hak untuk mendapat perlakuan yang sama di depan hukum;
  • Hak Asasi Peradilan (Procedural Rights), seperti hak memperoleh kepastian hukum; dan
  • Hak Asasi Sosial Budaya (Social Culture Rights), seperti hak untuk berkomunikasi.

Nah, dari semua jenis hak tersebut, setiap individu tidak boleh mengurangi, menghalangi, apalagi merampasnya dari individu yang lain. Jika itu dilakukan, maka terjadi yang namanya pelanggaran HAM.

Baca Juga: Film The Swimmers dan Isu Kemanusiaan Konflik Timur Tengah, Mencekam!

Sejarah Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia

Sejarah Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia
Pengadopsian Deklarasi Universal Hak-Hak Asasi Manusia menjadi cikal-bakal pengadaan Hari HAM Sedunia. | Sumber: Unsplash (Chela B.)

Peringatan Hari HAM Sedunia tak terlepas dari pengadopsian Deklarasi Universal Hak-Hak Asasi Manusia (UDHR) oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 10 Desember 1948. DUHAM—istilah lainnya—menjamin sederet hak fundamental manusia tanpa membedakan kebangsaan, etnis, jenis kelamin, agama, ataupun status lainnya.

Sejak penetapan itu, 10 Desember lantas dikenal sebagai Hari Hak Asasi Manusia Sedunia. Akan tetapi, perayaannya sendiri baru dilaksanakan tahun 1950, yakni setelah Majelis Umum PBB mengeluarkan resolusi 423 (V). Lewat resolusi tersebut, PBB mengajak semua negara dan organisasi untuk turut serta memperingati Hari HAM Sedunia setiap tanggal 10 Desember.

Lebih lanjut, laman resmi PBB menyebutkan, pengadopsian DUHAM pada 1948 telah berhasil meningkatkan penjaminan HAM serta kesadaran masyarakat terhadapnya. Kendati demikian, masih banyak hal yang harus dilakukan.

Dilansir OHCHR, rencana ke depannya adalah meningkatkan pengetahuan terkait UDHR sebagai cetak biru dasar untuk mengambil tindakan konkret guna membela hak asasi manusia dan mengatasi masalah global yang mendesak saat ini.

Hari Hak Asasi Manusia Sedunia 2022 Angkat Tema "Dignity, Freedom, and Justice for All"

Hari Hak Asasi Manusia Sedunia 2022
Slogan "Dignity, Freedom, and Justice for All" menjadi tema Hari Hak Asasi Manusia Sedunia 2022. | Sumber: Unsplash (Clay Banks)

Seperti yang telah disinggung di bagian awal, peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia 2022 mengangkat tema khusus, yakni "Dignity, Freedom, and Justice for All" yang artinya "Martabat, Kebebasan, dan Keadilan bagi Semua". Seruan berupa #StandUp4HumanRights ('Bela Hak Asasi Manusia') juga digaungkan bersama dengan tema terebut.

Bukan hanya itu, pada perayaan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia tahun ini, Dewan HAM PBB (UNHCR) juga akan meluncurkan kampanye spesial yang diadakan sepanjang tahun! Kampanye ini merupakan kegiatan khusus sebagai promosi dan peringatan anniversary 75 tahun DUHAM yang nantinya dirayakan pada 10 Desember 2023 mendatang.

Baca Juga: 30 Hak Asasi Manusia dalam Deklarasi Universal HAM

Melalui peringatan Hari Hak Asasi Sedunia 2022, semoga kesadaran berbagai elemen masyarakat terhadap HAM semakin meningkat, ya. Kamu juga bisa ikut menyerukan tagar #StandUp4HumanRights agar orang lain di sekitarmu senantiasa menjaga dan melindungi hak sesamanya.

Jangan lupa, pastikan untuk selalu pantengin sohib.indonesiabaik.id supaya kamu tetap update dengan berita dan tren-tren terkini. Yuk, bergabung juga ke komunitas SohIB yang merupakan sebuah persembahan dari Indonesia Baik. Dengan bergabung, kamu bisa mengembangkan dan menambah skill baru lewat berbagai workshop dan talk showBuruan join!

Editor: Firdarainy Nuril Izzah