Harga BBM Nonsubsidi Turun! Wah, Jadi Berapa, ya?

Harga BBM Nonsubsidi Turun! Wah, Jadi Berapa, ya?

Harga BBM nonsubsidi terbaru mengalami penurunan | Sumber: Unsplash (Jean Christophe Gougeon)

Apakah SohIB tahu jika harga BBM Pertamina udah resmi turun lo, sejak Selasa (3/1/2023) lalu! Namun, BBM yang berubah harganya hanya ditujukan untuk yang nonsubsidi saja, alias Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Baca juga: Mengenal Mindfulness, Agar Hidup Lebih Positif!

Berapa Harga BBM terkini?

harga bbm nonsubsidi
Daftar harga bbm nonsubsidi | Sumber: Indonesiabaik.id

Diberitakan oleh Indonesiabaik, berikut ini adalah rincian harga terkini BBM nonsubsidi:

  • Pertamax: dari Rp13.900 per liter menjadi Rp12.800 per liter.
  • Pertamax Turbo: dari Rp15.200 per liter menjadi Rp14.050 per liter.
  • Dexlite: dari Rp18.300 per liter menjadi Rp16.150 per liter.
  • Pertamina Dex: dari Rp18.800 menjadi Rp16.750 per liter.

Sedangkan untuk harga BBM yang bersubsidi, sejauh ini belum ada informasi tentang perubahan tarifnya. Silakan SohIB mengecek harga BBM subsidi di bawah ini!

  • Pertalite: Rp10.000
  • Biosolar: Rp6.800

Sebab Penyesuaian Tarif BBM

Dari CNBC mewartakan, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menyatakan bahwa harga jenis BBM umum (JBU) bersifat fluktuatif dan selalu mengikuti perkembangan minyak dunia, di antaranya harga rata-rata produk minyak olahan Mean of Platts Singapore (MOPS/argus).

Nah, penyesuaian tersebut juga berdasarkan regulasi Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Btw, harga minyak dunia juga lagi turun kok, guys! Saat ini, tercatat tarifnya turun menjadi US$ 79 per barelnya, di mana yang tadinya berada di level US$ 87. Apakah ini pertanda baik?

Baca juga: 5 Hal Berharga Ini Nggak Bisa Dibeli dengan Uang

Bagaimana Cara Menghemat BBM?

mengisi bbm
Beginilah cara menghemat bahan bakar agar tidak boros | Sumber: Unsplash (Erik Mclean)

Harga BBM memang cenderung naik turun, sehingga melakukan tindak pencegahan agar bensin tidak semakin boros bisa menjadi alternatif yang baik untuk menghemat pengeluaran. Simak 5 cara agar bensin lebih hemat!

1. Menggunakan AC Mobil Secara Efektif

Kalau kamu sedang dalam kondisi macet, mungkin akan kesulitan untuk mematikan dan menghidupkan AC mobil. Sebab, kendaraanmu akan tetap harus berjalan, meskipun merambat. Namun, apabila SohIB sedang menunggu orang atau berdiam di dalam mobil cukup lama, mematikan mesin pendinginmu tersebut akan sangat efektif dalam menghemat BBM.

Kamu bisa mengakalinya dengan cara menghidupkan AC sampai cukup dingin, sebelum kemudian meng-turn off-kan mesin tersebut. Economy mode pada mobil masa kini juga bisa SohIB manfaatkan.

2. Service Berkala

Melakukan perawatan kendaraan secara rutin (Setiap 3 bulan sekali) terbukti bisa menghemat bahan bakar, karena mesin dan saluran BBM terjaga dalam kondisi prima. Oleh sebab itu, kamu nggak boleh lagi malas mengecek kendaraan di bengkel resmi atau terdekat.

3. Bersihkan Filter Udara

Tahu tidak, kalau filter udara di kendaraan jarang dibersihkan, BBM akan semakin boros, lo! Penyaring tersebut bakalan tersumbat debu dan kotoran, sehingga daya isap mesin juga menjadi lebih berat. Good Year menyarankan untuk membersihkan filter tersebut setiap 2000-3000 km atau ketika pemakaiannya sudah terlalu lama.

4. Perhatikan Beban Kendaraan

Jika dilogika saja, semakin beban yang dipikul besar, tentu saja yang membawa beban akan berjalan lebih lambat. Hal yang sama berlaku pada kendaraan, di mana jika berat yang ditopang melebihi kapasitasnya, laju akan makin pelan dan boros BBM. Itulah mengapa setiap transportasi memiliki batas beban yang direkomendasikan. Nggak semata-mata karena membuat sempit tempat saja, nih!

5. Kondisi Ban dalam Kondisi Prima

Kondisi ban yang kempis ternyata tidak hanya mengganggu jalannya kendaraan, tetapi juga menyebabkan bahan bakar menjadi lebih boros. Hal ini dikarenakan rolling resistance akan membesar ketika tekanan angin pada ban berkurang. So, lain kali jangan abaikan, ya!

Baca juga: Mengenal Flexing, Budaya Pamer di Medsos yang Kurang Baik

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)