Hapus File Ini Sebelum Resign!

Hapus File Ini Sebelum Resign!

Ilustrasi seseorang bekerja menggunakan laptop | Sumber: Unsplash (Crew )

Memutuskan untuk resign memang bukan mudah. Selain kamu perlu mempersiapkan diri untuk melangkah ke tempat baru, ada satu hal penting yang tidak boleh SohIB lewatkan sebelum meninggalkan kantor lama. Yes, menghapus file milikmu yang ada di laptop atau PC milik perusahaan!

Eitss, tunggu dulu ya, tidak semua dokumen butuh untuk dihapus. Ada yang perlu kamu pertahankan di dalam perangkat kantormu, seperti file pekerjaan, data yang berhubungan dengan perusahaan, dan lainnya. Tentu saja, bila kantor kita kehilangan informasi penting yang sudah kita handle sebelumnya, bisa menyusahkan karyawan baru nantinya saat handover.

Nah, agar kamu tidak kebingungan mana saja dokumen yang lebih baik kita delete untuk keamanan, simak artikel ini!

Baca juga: Mau Career Switch? Perhatikan Dulu Poin Ini!

Browser History

Siapa sih, yang enggak suka berselancar di dunia maya saat jam istirahat? Menggunakan perangkat kantor untuk berinternet ria dan mencari informasi di luar pekerjaan boleh-boleh saja, kok! Asalkan jangan lupa kamu sudah memastikan bahwa semua laman penelusuran sudah terhapus sepenuhnya dari browser history. Bayangkan, apa jadinya apabila atasanmu menggunakan laptop yang sebelumnya SohIB gunakan dan menemukan catatan browsing kita, “Langkah Mudah Mengatasi Bos yang Galak.” Wah, bisa berabe nggak, tuh?

Btw, bagi kamu SohIB yang menggunakan Google Chrome, cara termudah untuk membersihkan riwayat pencarian kita adalah dengan meng-klik titik tiga di pojok kanan, ketuk “History”, masuk ke halaman “History”, dan selesaikan misi dengan klik “Clear Browser Data”. Ikuti step selanjutnya hingga semua dokumen sudah dihapuskan.

Dokumen Milik Pribadi

 Make sure everything is clear, termasuk dokumen pribadimu yang mungkin ada di perangkat kantor. Contohnya seperti CV, portofolio, surat keterangan pajak, foto-foto kita, hingga catatan penting sekecil apapun di luar urusan profesional. Dikhawatirkan, data-data ini bisa bocor atau disalahgunakan untuk hal yang berbahaya atau bersifat kriminal.

Baca juga: Mengapa Kita Tidak Boleh Berbohong Saat Berjualan?

Password

Amankan password pribadimu agar terhindar dari kejahatan siber | Sumber: Unsplash (Mourizal Zativa)

Please, ini nggak boleh sampai ketinggalan ya, guys! Kata sandi merupakan kode penting yang seharusnya hanya kita yang boleh mengetahuinya. Apalagi, sekarang sedang marak kasus penipuan yang bisa jadi mengatasnamakan diri seseorang yang tidak bersalah. Cek kembali apakah akun e-mail dan apapun itu sudah kamu logout sepenuhnya dan terhapus dari gadget kantor.

File dan Software Terunduh 

Hayo, siapa yang suka numpang WiFi kantor untuk men-download aplikasi atau dokumen untuk kesenangan pribadi? Jangan lupa migrasikan segera melalui e-mail pribadimu atau bawalah memori eksternal untuk memindahkannya. Masa sih, SohIB mau ketahuan kalau selama bekerja suka diam-diam bermain game di PC?

Satu lagi yang tidak boleh terlupa, keluarkan dirimu dari aplikasi percakapan yang mungkin kamu unduh di perangkat elektronik perusahaan. Beruntungnya lagi, saat ini layanan perpesanan seperti WhatsApp dan Telegram sudah memiliki fitur untuk me-logout aktivitas chat kita dari handphone pribadi ke gadget yang terdeteksi digunakan untuk membuka aplikasi tersebut.

Media Sosial dan Cookie

Instagram, Twitter, hingga TikTok sekarang sudah tersedia versi PC, sehingga banyak orang yang memanfaatkan kecanggihan ini. Namun, bila kamu login bukan dari perangkat milik sendiri, sebaiknya jangan lakukan atau hapus segera apabila menggunakannya di tempat orang lain. Sedangkan cookie menyimpan aktivitas kita selama berselancar di suatu website. Sayangnya, banyak yang lalai untuk membersihkan jejaknya. Hati-hati, ya!

Baca juga: Panggilan Interview dari E-mail Asli atau Palsu? Check Cara Membedakannya di Sini!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)