Ketahui 5 Hal Mendasar Tentang SEO

Ketahui 5 Hal Mendasar Tentang SEO

Ketahui hal-hal dasar seputar SEO sebelum menghasilkan konten | Sumber: Unsplash (Merakist)

Jika SohIB melihat lowongan kerja di bidang digital marketing sekarang, satu dari sekian skill yang sering dibutuhkan adalah memahami SEO. Biasanya, content writer, coypwriter, dan web developer adalah beberapa profesi yang berkaitan erat dengan hal tersebut. Lantas, apa sih yang dinamakan SEO itu? Bagaimana cara kerjanya? 

Apa Itu SEO?

https://unsplash.com/photos/weRQAu9TA-A Photo by Hal Gatewood on Unsplash
SEO ramai digunakan untuk content writer saat ini | Sumber: Unsplash (Hal Gatewood)

Meskipun baru akhir-akhir ini sering terdengar, ternyata SEO sudah lama ada lo, SohIB! Merupakan singkatan dari search engine optimization, istilah ini mulai digunakan sejak tahun 1997.

Teknik tersebut berupaya untuk mengoptimasi website atau blog kita agar dalam mesin pencarian mendapatkan rating tertinggi, terutama pada Google. Tak hanya itu saja, SEO berfungsi untuk membuat kualitas konten tulisan yang dihasilkan dalam platformnya semakin baik lagi. Dengan demikian, diharapkan trafik pengunjung pada media kita juga akan meningkat secara organik.

Menariknya, sebuah website dengan tulisan yang bagus, belum tentu dipandang optimal bagi SEO, lo! Sebaliknya, konten-konten yang sudah SEO-friendly, dapat dikatakan bagus dari segi kepenulisan juga.

Baca juga: Arti Kepribadian Berdasarkan Warna Favoritmu

Untuk dapat menerapkannya dalam media kita, terdapat beberapa SEO tools yang dapat kita pasang layaknya aplikasi pada telepon genggam.Yoast adalah salah satu alat yang populer di dunia optimasi konten karena kemudahannya saat digunakan dengan Wordpress sebagai CMS-nya.

Tool ini memiliki 3 tingkat indikator warna, merah berarti banyak perbaikan, oranye sudah lebih meningkat, dan hijau adalah sudah friendly. Sebuah artikel akan “dinilai” oleh Yoast dan penyunting harus merevisi tulisan tersebut apabila indikator selain hijau menyala. 

Manfaat SEO untuk Kebutuhan Website Blog

Banyak yang berpikir bahwa dengan mengoptimasi website blog kita, otomatis trafik visitor dan rating tulisan meningkat. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, tetapi sebetulnya ada banyak komponen yang menyebabkan platform kita berkembang.

Berikut ini adalah beberapa manfaat SEO sebagai kebutuhan website blog!

1. Membangun brand awareness

Memperkenalkan identitas perusahaan atau produk secara gratis tetapi bisa efektif, salah satunya melalui optimasi konten. Agar lebih mudah, kita ilustrasikan, yuk!

Jika SohIB membuka toko pakaian anak-anak, keyword apa yang kira-kira akan dicari oleh target pembeli kita? Misalkan saja beberapa kata yang berpotensi merujuk pada produk kita adalah “jual pakaian anak-anak, baju formal usia 7 tahun, atau baju anak area..”

Nah, kita bisa membuat konten perencanaan artikel yang memberikan informasi relevan dengan kata kunci tersebut, contohnya:

  • 5 Hal Penting dalam Memilih Pakaian untuk Si Kecil
  • 7 Bahan Kain Anti Panas dan Lengket Agar Anak Kita Betah Seharian
  • Cara Memilih Busana Nyaman untuk Anak

Dengan demikian, mereka yang tadinya berniat “mampir” karena ingin membaca informasi dari kita, justru melakukan pembelian dan menjadi aware dengan adanya kehadiran toko kita.

2. Memudahkan audiens untuk menemukan web kita

Bayangkan saat SohIB sedang searching tentang tutorial membeli buku online, apa yang mempengaruhi kamu untuk mengklik sebuah portal media untuk mencari informasi tersebut?

Yup, biasanya user akan memilih tiga hingga lima rekomendasi web teratas dari Google daripada membuka page selanjutnya. Dengan demikian, para platform yang terpilih memiliki kesempatan lebih tinggi untuk mendapatkan visitor dibandingkan lainnya.

Inilah mengapa, SEO penting untuk optimasi web karena membantu audiens menemukan laman kita, bahkan secara organik sekalipun.

3. Filtering audience

Saat menulis artikel yang SEO-friendly, akan ada indikator kata kunci dari segi banyaknya keyword yang disebut (agar menghindari spamming), letaknya, dan kolom kata kunci yang dipilih.

Hal ini sangat penting karena dapat menjaring audiens yang mengunjungi blog kita sesuai dengan yang mereka cari. Dengan demikian, target user kita tidak hanya menjadi visitor semu, melainkan menjadi pengunjung tetap untuk menikmati produk kita.

4. Membantu meningkatkan target penjualan

Banyak perusahaan yang menggunakan artikel sebagai salah satu bentuk soft selling yang efektif karena mampu menjangkau target lebih banyak. Berbanding terbalik dengan mereka yang “hanya” menawarkan produknya via media sosial yang lebih terbatas.

Baca juga: Belajar Tentang Google AdSense, yuk!

5 Dasar SEO Ini Wajib untuk Dipelajari

https://unsplash.com/photos/OMhubJCrtu0 Photo by Souvik Banerjee on Unsplash
Pelajari 5 fundamental SEO agar pengetahuanmu lebih maksimal | Sumber: Unsplash (Souvik Banerjee)

Nah, bagaimana SohIB, apakah sekarang sudah lebih mudah untuk memahami apa itu SEO? Setelah mengetahui secara singkat pengertian dan fungsi search engine optimization, ada baiknya SohIB mempelajari 5 fundamental teknik ini. Apa saja, ya?

1. Pelajari cara riset dan menentukan keyword

Saat ini, terdapat banyak alat pencarian kata kunci yang dapat membantu kita lebih mudah, seperti Ubbersuggest, Keyword Everywhere, Google Planner, Google Trends, Semrush, dan masih banyak lagi.

2. Buat konten yang SEO-friendly

Hasilkan konten-konten yang berkualitas dan memenuhi indikator baik dari SEO. Ingat SohIB, Google akan merekomendasikan website kepada audiens manakala secara algoritma dianggap paling sesuai dengan yang dicari.

3. Backlink

Istilah ini merujuk pada penempatan URL website kita pada platform lainnya yang masih relevan dalam topik yang kita bahas.

4. Internal and external link

Pernahkah ketika SohIB membaca sebuah berita, kemudian di beberapa tempat pada tulisan tersebut, muncul rekomendasi “Baca juga…”? Nah, inilah yang dinamakan internal link. Tujuannya agar mengajak pembaca untuk berlama-lama di portal kita karena tulisan lainnya.

Sedangkan external link adalah menyisipkan URL milik blog lain di luar milik kita pada satu dua kata yang relevan.

5. Tampilan website yang simple, tetapi fresh

Paling malas jika saat membuka platform media online, lalu muncul terlalu banyak visual mengganggu, tulisan alay, atau bahkan web menjadi ngadat diakses karena super lama.

Untuk itu, pilihlah tampilan website yang simpel dan terkesan “bersih” agar visitor nyaman saat mengakses laman kita.

So, itulah tadi pembahasan mengenai SEO! Bagaimana menurut kamu, apakah ilmu kepenulisan tersebut tampaknya sesulit yang dibayangkan?

Baca juga: 5 Pekerjaan Digital Marketing Selain Digital Marketer

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)