Giveaway, Ini Keuntungannya untuk Marketing!

Giveaway, Ini Keuntungannya untuk Marketing!

Giveaway adalah salah satu cara cerdas untuk meningkatkan awareness bagi pelanggan | Sumber: Unsplash (Don Agnello)

“Giveawaaaaay!!! Menangkan hadiah sebesar 5 paket skincare untuk 5 pemenang dengan syarat berikut ini..”

 

Sederet kalimat di atas mungkin nggak asing lagi ya, bagi SohIB? Yup, giveaway disebut-sebut sebagai trik ampuh yang bisa menambah jumlah likes dan komentar dan menarik minat calon pelanggan terhadap produk kita. Modal yang dikeluarkan pun tidak sebegitu besar. Pun sama dengan peserta, hanya dengan bermodalkan menyukai halaman, membagikan postingan, dan sedikit komentar, mereka berpotensi untuk memenangkan produk tanpa biaya.

Tak heran, salah satu strategi marketing ini acapkali digunakan bagi pelaku bisnis, terutama yang memang bergerak di bidang toko online. Bisa dibilang, giveaway membuka pintu menuju calon pelanggan untuk mengenal apa yang kita tawarkan dan promosi berbiaya rendah. Namun, sebenarnya apa sih, giveaway itu? Apa manfaatnya bagi penjualan produk?

Baca juga: Konsep Digital Marketing yang Wajib Kamu Ketahui Sebagai Pemula

Pengertian Giveaway

Merupakan salah satu aktivitas marketing dengan cara membagikan hadiah pada pelanggan kita dan dikenai syarat tertentu yang harus dipenuhi, misalnya menyukai postingan, meninggalkan komentar, mem-follow pemilik akun, tagging beberapa teman untuk berpartisipasi, dan lainnya. Dengan demikian, platform yang sering digunakan untuk membuat program tersebut adalah Instagram, Twitter, atau Facebook sebagai marketplace dan media sosial.

Dalam waktu yang sudah ditentukan, brand akan mengundi siapa yang berhak memenangkan hadiah, bisa satu, dua hingga beberapa peserta. Beberapa akun bisa menggunakan cara manual untuk mendapatkan pemenang (memilih satu-persatu yang memenuhi syarat) atau dengan bantuan aplikasi untuk pengundian.

Oiya, nggak semua giveaway itu berasal dari merek penyelenggara saja ya, guys. Banyak public figure yang mengadakan promosi ini dengan bekerja sama dengan pihak sponsorship. Oleh sebab itu, biasanya prasyarat yang harus diikuti bisa jadi lebih panjang, seperti wajib mengikuti akun sponsor dan lainnya.

Baca juga: SohIB Berkelas" TikTok Marketing: Membuat Konten TikTok untuk Pemasaran

Apa Keuntungan dari Mengadakan Giveaway Bagi Bisnis?

Giveaway memiliki segudang keunggulan sebagai promosi marketing | Sumber: Unsplash (Benyafez Studio)

Sebelum SohIB bergerilya mencari undian berhadiah dari brand-brand di Instagram atau justru ingin mengadakan program ini untuk para pelanggan, kenali dulu 4 manfaatnya!

1. Menambah Engagement

Program giveaway biasanya menyertakan syarat untuk meninggalkan komentar di postingan pemilik brand. Melihat dari kebiasaan masyarakat di negara kita, orang senang bercerita tentang dirinya, sehingga inilah yang menjadi kekuatan di mana otomatis akan meningkatkan komunikasi antara merek dengan konsumennya.

Kedekatan yang terjalin dari interaksi ini akan membuat pelanggan menjadi setia dengan kita. Tentunya, harapannya akan membantu penambahan angka dari segi penjualan.

2. Brand Awareness Meningkat

Syarat tagging your friends adalah cara yang sangat baik sehingga orang lain semakin mengerti eksistensi produk di dunia maya. Terlebih lagi, biasanya peserta giveaway akan menandai teman-temannya yang sekiranya memiliki minat yang sama dan punya potensi untuk mengikuti program tersebut.

3. Promosi Murah, Testimoni Real

Secara waktu dan biaya, mengadakan giveaway terbilang cukup murah. SohIB bisa mengatur sendiri, hadiah apa yang sesuai dengan budget dan berapa lama promosi akan dijalankan. Bandingkan dengan beriklan yang kemungkinan mengumpulkan massa lebih sedikit dan waktu yang panjang.

Satu lagi, jika kita meminta testimoni pada pemenang undian, sama saja perusahaan akan mendapatkan review yang jujur, nyata, dan “model iklan” untuk produk yang diberikan. Cukup menarik, bukan?

4. Efektif dan Tepat Sasaran

Ratusan bahkan ribuan program bagi-bagi hadiah mungkin bertebaran di tengah media sosial, tetapi tidak semua orang akan secara random mengikuti program ini. Biasanya, mereka dengan minat dan ketertarikan yang sejalan dengan produk yang diberikan yang akan memeriahkan strategi ini. Sebagai contoh, giveaway stroller bayi mungkin tidak menggaet banyak konsumen dari mahasiswa atau remaja, tetapi cocok untuk ibu rumah tangga.

Dengan menentukan target program, mengatur budget yang harus dikeluarkan, dan persiapan lainnya dapat membantu pelaksanaan giveaway sesuai dengan tujuan yang dikehendaki. Usahakan untuk tidak memberikan syarat yang memberatkan bagi pengikut atau malah membuat mereka malas mengikuti giveaway kita. Selamat mencoba, ya!

Baca juga: Soft Selling, Cara Ampuh Tingkatkan Promosi

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)