Gerhana Bulan Total 8 November, Ini 5 Mitosnya yang Terkenal. Apa Saja?

Gerhana Bulan Total 8 November, Ini 5 Mitosnya yang Terkenal. Apa Saja?

Penampakan gambar gerhana bulan total | Sumber: Pexels (Drew Rae)

Fenomena gerhana bulan total atau yang biasa disebut sebagai ‘Super Blood Moon’ akan kembali terjadi besok, Selasa (8/11) dan bisa disaksikan di sebagian wilayah di dunia, termasuk Indonesia. Ini akan menjadi gerhana bulan terakhir di tahun 2022 dengan durasi sekitar 1 jam 25 menit 58 detik. Sedangkan durasi umbral dari sebagian menuju total berlangsung selama 3 jam, 39 menit 50 detik, menurut peneliti dari BRIN, Andi Pangerang.

Melansir dari laman Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), gerhana bulan merupakan peristiwa yang terjadi karena terhalangnya cahaya matahari oleh bumi. Hal ini menyebabkan tidak semua cahayanya sampai ke bulan. Sedangkan bisa menjadi total gerhananya karena pergerakan posisi antara bulan, matahari, dan bumi yang sejajar. Alhasil, bulan masuk ke umbra bumi dengan warna cenderung hitam. Kemudian mekanisme Hamburan Rayleigh mengakibatkan warna merah darah saat puncak gerhana terjadi. Sungguh memukau, bukan?

Bagi SohIB di Indonesia yang ingin menyaksikan pemandangan tersebut, kamu dapat menyimak gambar di bawah ini, sebagai rujukan, ya!

penjelasan tentang gerhana bulan total 8 November dari BRIN
Beginilah fase-fase gerhana bulan total 8 November nanti | Sumber: brin.go.id

Nah, tahukah kamu di balik ‘misterius’nya super blood moon ini, ada banyak mitos-mitos yang beredar di seluruh dunia. Beberapa di antaranya terdengar mencekam, lo! Apa saja?

Baca juga: Manfaat Infused Water yang Menyegarkan, Cara Buatnya Gampang!

1. Dilarang Mandi dan Tidur

Tidak ada penjelasan yang khusus mengenai kenapa mandi dan tidur itu dilarang saat gerhana bulan berlangsung. Namun, masih ada sedikit masyarakat yang mempercayai mitos tersebut meskipun secara ilmiah juga tidak ada hubungannya. Bagaimana menurutmu?

2. Berpengaruh pada Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Bagi wanita yang sedang mengandung, dikatakan bahwa fenomena alam ini bisa berefek buruk pada kesehatan ibu dan kelainan bentuk janin yang di dalam perut. Namun, hal tersebut dibantah karena tidak ada riset sains yang membuktikan keduanya relevan. So, jangan percaya, ya!

3. Makanan yang Terpapar Gerhana Bulan Jadi Beracun

Mitos yang satu ini mungkin tidak terlalu akrab di telinga kita. Namun, bagi sebagian masyarakat di India dan negara-negara lain, kabar itu menjadi sebuah kepercayaan tersendiri. Entah bagaimana, tetapi mungkin saja hal itu senada dengan hoax tentang gerhana matahari di mana sering dikira memancarkan radiasi berbahaya atau racun ke tubuh manusia dan makanan yang terpapar oleh peristiwa tersebut.

Anehnya, ada juga yang berpendapat bahwa justru gerhana bulan akan menyorotkan ultraviolet yang bagus untuk membasmi bakteri atau kuman pada makanan. Sehingga, alih-alih menyembunyikan, mereka malah segera  mengeluarkan bahan makanan untuk ‘dijemur’.

Baca juga: Berkarier di Bidang Podcast, Persiapkan 5 Hal Ini!

4. Tidak Boleh Dipandangi

Menurut Badan Pernebangan dan Antariksa AS (NASA), blood moon tidak memiliki dampak buruk untuk mata, seperti halnya gerhana matahari. Bahkan, SohIB tidak memerlukan peralatan khusus jika ingin menyaksikan pemandangan ini. Namun, teleskop, teropong, atau kamera canggih dapat memperjelas tampilan dan warna gerhana bulan.

5. Gerhana Bulan Total karena Dimakan Hewan Misterius

Dari sekian banyak cerita yang terkait dengan sejarah gerhana bulan, ada satu yang sangat menarik, SohIB. Sebuah suku Asli Amerika yang menetap Hoopa Valley, California, yakni Hupa memiliki kepercayaan bahwa bulan sejatinya punya 20 istri dan banyak hewan peliharaan.

Sebagian dari hewan peliharaan bulan adalah hewan ganas, seperti ular dan singa hutan. Namun, jika bulan tidak memiliki cukup persediaan makanan untuk para binatang ini, mereka akan melukai sang pemilik dan membuatnya berdarah. Gerhana akan berhenti saat istri bulan datang untuk mengumpulkan darahnya dan membuatnya kembali pulih, sebagai bentuk proteksi pada pasangannya. Wow, romantis banget!

So, itulah tadi 5 fakta unik yang berhubungan dengan gerhana bulan atau blood moon. Adakah yang sudah pernah SohIB dengarkan dan percayai? Namanya mitos, sumber-sumber yang menjadi rujukannya belum tentu valid dan kebanyakan sudah dibantah secara ilmiah. Sehingga, akan lebih bijaksana bagi kita agar memilih dan memilah informasi apa saja yang perlu dibagikan dan dipercayai, ya! Selamat menyaksikan fenomena gerhana bulan total besok!

Baca juga: Ciri Obat Tidak Layak Konsumsi Lagi, Kamu Harus Hati-hati!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)