Gerakan Kaum Muda dalam Menempuh Era!

Gerakan Kaum Muda dalam Menempuh Era!

Green Warrior Batch 1, The Heartland Project

SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMengispirasi #SohIBBerkompetisiArtikel

Memasuki abad ke 21 dapat dirasakan dengan kemajuan teknologi informasi, percepatan transformasi digital yang berlayar begitu pesat membuat dunia seolah berada dalam genggaman, penyebaran informasi dirasa sangat cepat untuk diketahui. Pada masa ini Indonesia sedang ramai memperbincangkan era Revolusi Industri 4.0 dan diimbangi pula oleh Era Society 5.0. Singkatnya Era dimana 4.0 memungkinkan siapapun untuk mengakses juga membagikan informasi di internet dan Society 5.0 adalah era di mana semua teknologi adalah bagian dari manusia itu sendiri.

Ilustrasi perkembangan teknologi
Perkembangan Teknologi / freepik.com/jcomp)

Mengutip dari Tekno.tempo.co yang menjelaskan tentang konsep revolusi terhadap peranan manusia, dapat disimpulkan manusia dituntut untuk dapat lebih memiliki kemampuan memecahkan masalah yang kompleks, berpikir kritis, dan kreativitas dalam menghadapi kemajuan teknologi.

Dalam konteks ini kaum muda menjadi point utama dalam perbincangan, pasalnya kaum muda pada generasi ini menjadi salah satu pemeran yang berhadapan secara langsung dengan perkembangan teknologi untuk perkembangan Indonesia. Terlebih lagi kaum muda saat ini mempunyai keunggulan pada kemampuan untuk menyerap lebih banyak informasi secara cepat melalui teknologi yang dikuasai dibandingkan generasi sebelumnya.

Mengingat kaum muda merupakan generasi penerus yang akan menjalankan perkembangan bangsa ini, bahkan dalam semua sektor, mulai dari ekonomi, sosial, politik, pendidikan hingga isu terkait lingkungan termasuk juga pemanfaatan kekayaan alam yang diwariskan, maka kaum muda dengan kemajuan teknologi saat ini seperti anak panah yang siap dilayangkan, tergantung pada fokus mana anak panah ini akan ditujukan.

Penggunaan media sosial pun menjadi sangat akrab dengan kaum muda, berkat media pula kita dapat mengetahui bahwa tidak sedikit anak muda yang berprestasi dan berinovasi dalam kemajuan Indonesia menunjukkan dirinya. Yang mana kemudian menjadi inspirasi bagi kaum muda lainnya di setiap daerah.

Kini sudah bukan jamannya kaum muda berjalan sendiri-sendiri, setiap kamu muda yang sadar dan peduli akan bangsa dari sudut daerah manapun dapat memberikan pengaruh terhadap perubahan dunia terkhusus untuk bangsa Indonesia. Jarak bukan suatu halangan untuk mengetahui informasi mengenai apa yang sedang dibutuhkan masyarakat indonesia.

https://blog.procura.id/lifestyle/7-komunitas-sosial-yang-inspiratif/
Siapapun bisa jadi relawan / Sumber foto : blog.procura.id

Seolah menjadi tren, lagi lagi tidak sedikit kaum muda yang mengikuti aksi aksi sosial, kaum muda dari berbagai daerah berkumpul untuk melakukan suatu aksi nyata, baik berkontribusi untuk daerahnya sendiri maupun daerah lain, memberikan solusi dengan tindakan, sebuah aksi nyata yang tidak jarang dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. Hal ini disimpulkan berdasarkan banyaknya rekomendasi rekomendasi komunitas untuk kaum muda, salah satunya seperti yang ditulis oleh  procura.id yang memberikan rekomendasi komunitas dengan judul Luangkan Waktu untuk Mengikuti 7 Komunitas Inspiratif.

Saat ini terus bermunculan berbagai komunitas sosial. Komunitas tersebut seperti komunitas 1.000 Guru, Zero Waste, Save Street Child, Lindungi Hutan, dan berbagai macam lainnya. Munculnya banyak komunitas tersebut menunjukkan adanya kepedulian terhadap masalah-masalah sosial. Mereka berpikir semua masalah sosial yang ada di negeri ini membutuhkan kerjasama dan kepedulian semua pihak.

Komunitas Zero Waste Lampung. Ajak Komunitas Jaga Lingkungan, Zero Waste Lampung Punya Program Tanam 1.000 Pohon   Artikel ini telah tayang di TribunLampung.co.id dengan judul Ajak Komunitas Jaga Lingkungan, Zero Waste Lampung Punya Program Tanam 1.000 Pohon, https://lampung.tribunnews.com/2020/03/31/ajak-komunitas-jaga-lingkungan-zero-waste-lampung-punya-program-tanam-1000-pohon.
Komunitas Zero Waste Lampung. Ajak komunitas jaga lingkungan, program tanam 1000 pohon / sumber foto : tribunnews.com

Tribunnews.com dalam sebuah tulisannya yang berjudul Sandiaga Uno: Komunitas di Indonesia Bantu Pemerintah Mewadahi generasi Muda, didalamnya terdapat pernyataan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno yang menilai komunitas di Indonesia telah membantu pemerintahan dengan membuat kegiatan positif.

Masa Pandemi rupanya tidak menghalangi para kaum muda untuk tetap peduli akan Indonesia, bahkan tidak sedikit komunitas yang terus bermunculan melakukan aksi nyata dan menjadi inspirasi bagi masyarakat dan lingkungan secara umum.

Dalam tulisan tersebut juga dinyatakan, jumlah komunitas berdasarkan data Sosial Media Line dan Kominfo sejak 2008 sampai 2021 mencapai 400 ribuan, tepatnya 395 ribu komunitas, dan tidak sedikit diantaranya adalah komunitas sosial yang memberikan aksi nyata terhadap lingkungan.

Tanpa kita sadari, setiap pergerakan kecil yang kita lakukan secara terus menerus dan dilakukan bersama sama akan memiliki pengaruh besar terhadap negeri kedepannya. Dampak baik ini nantinya akan membawa Indonesia dalam perjalanannya.

Selanjutnya, dengan pesatnya perkembangan zaman, teknologi yang juga terus berkembang, gerakan baik ini takkan berhenti sampai disini, para generasi muda kreatif dan inovatif akan terus bermunculan menunjukan kepeduliannya. Banyak pengaruh baik yang terjadi ketika kaum muda ini berkumpul, selain meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kepedulian sosial, kaum muda yang aktif juga menjadi bukti bahwa Indonesia punya harapan, harapan berkembang bersama, membangun Indonesia yang lebih.

Penulis sebagai salah kaum muda pun akan terus berusaha memberikan kontribusi untuk bangsa ini. Oleh karena itu, teruslah berperan aktif, teruslah berinovasi, teruslah berbuat baik, ajak setiap orang yang kita temui untuk berperan untuk kemajuan bangsa Indonesia, karena sesuatu yang dilakukan secara bersama akan terasa mudah untuk dilakukan, karena bersama kita bisa.