G20"BANGKIT BERSAMA PULIHKAN KEHIDUPAN"

G20"BANGKIT BERSAMA PULIHKAN KEHIDUPAN"

RECOVER TOGETHER RECOVER STRONGER


Indonesia G20 Presidency|Printeres (Pragmatic ply)

@id_sohib
@indonesiabaik.id

#SobatHebatIndonesiaBaik
#JadiKontributorJadiInspirator
#BerbagiMenginspirasi
#SoBerkompetisiArtikel

G20 merupakan forum kerja Internasional sebagai upaya untuk mencapai atau mencari solusi atas masalah kondisi di bidang ekonomi dan pembangunan global. Pertemuan ini melibatkan negara-negara berpenghasilan menengah dan memiliki pengaruh ekonomi sistemik, termasuk Indonesia. 1st Senior Officials Meeting (SOM), pada Jumat 22 April 2022 Kemendikbudristek melakukan refleksi mengenai situasi pasca pandemi. Pertemuan yang akan di ikuti oleh delegasi dari negara anggota G20, negara undangan khusus, dan organisasi internasional secara online Zoom.
Sesuai dengan arahan Bapak Presiden Jokowi untuk dapat menghadirkan hasil yang konkret dari Presidensi Indonesia G20 Culture Ministers' Meeting yang diawali dengan pertemuan perdana SOM G20 Culture ini akan memperkuat aksi kolektif dalam pemulihan dalam bidang seni dan budaya dengan mengangkat tema "Kebudayaan untuk Hidup yang Berkelanjutan" Tema ini mempertegas pentingnya kolaborasi peran negara-negara dalam merancang solusi berbasis budaya untuk mewujudkan Hidup Berkelanjutan dengan pemulihan secara bersama dan lebih kuat yang mengandung makna tema dari Indonesia dalam forum G20.

Tantangan ekonomi pasca pandemi|yoursay.suara (Afida Nur)
Pandemi Covid-19 yang menyelimuti dunia beberapa tahun ini menimbulkan banyak dampak bukan hanya Indonesia negara negara di dunia yang juga terpengaruh di tiap-tiap sektor untuk itu kebersamaan menghadapi pandemi Covid-19 menuju keseimbangan kehidupan baru dunia secara bersama-sama lebih kuat untuk pulih dari masalah kesehatan, karena kesehatan sangat penting membangun perekonomian. Dengan demikian ini mengamanatkan kepada Indonesia untuk memimpin proses pemulihan bukan hanya dari sektor kesehatan dan perekonomian tetapi dengan mengiternalisasikan aspek lingkungan dan perubahan iklim. Indonesia mengajak seluruh dunia untuk bahu membahu saling mendukung, berkontribusi, untuk pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan hidup berkelanjutan.
Dunia yang berada pada masa krisis multidimensional terutama Perekonomian dan kesehatan karena dampak dari pandemi Covid-19 menjadikan alasan mendorong Indonesia mengusulkan tema "Recover Together Recover Stronger" dengan semangat untuk pulihkan permasalahan. Tema ini diangkat karena dunia benar-benar mengalami pemulihan dari tekanan akibat pandemi Covid-19 memerlukan upaya bersama dalam mencari jalan keluar dan solusi pemulihan dunia.
Indonesia ragam akan kebudayaan yang melekat sehingga Budaya sendiri menjadi identitas Negara Indonesia. Forum G20 dalam bidang kebudayaan menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk membuktikan Indonesia sebagai negara adidaya kebudayaan dan menunjukkan bahwa presidensi G20 mampu mengajak dunia bergotong royong bersama untuk mewujudkan pemulihan bidang kebudayaan dimasa modernisasi.
Fokus utama G20| Pinterest (Loper Media)
Presidensi G20 tahun 2022 menjadi momentum bagi Indonesia untuk mendorong pemulihan perekonomian dunia pasca Covid-19 ditengah digitalisasi dan tantangan perubahan perubahan iklim hal ini seharusnya bisa dijadikan peluang untuk Indonesia agar bisa membuat daya tarik kepada dunia sehingga banyak negara yang yakin akan kinerja dan bekerja sama, Indonesia mempunyai peluang besar untuk meraih kepercayaan investor global, hal ini pendukung dan memajukan pertumbuhan banyak sektor dan menciptakan lapangan pekerjaan, yang bedampak pada percepatan pemulihan ekonomi.Beberapa Fokus Tujuan Utama G20 yaitu;
1. Kesehatan Global
Tidak hanya menanggulangi dampak pandemi, salah satu fokus Dari G20 adalah peningkatkan dan penguatan mengenai Kesehatan Global. Kesehatan global menjadi fokus karena persiapan menuju pemulihan.

2. Transformasi Digital
Pada masa pandemi Indonesia mampu bertahan akan permasalahan ekonomi,dibuktikan kestabilan perekonomian masih bisa ditangani, hal ini berkaitan dengan peningkatan kemampuan digitalisasi (digital skilss) dan literasi digital(digital literacy) guna memastikan transformasi digital yang dapat di nikmati seluruh negara.

3. Perubahan atau transisi Energi
Keprihatinan terhadap perubahan iklim yang benar-benar nyata menjadikan hal ini fokus utama Indonesia di G20, presidensi Indonesia mendorong perubahan dan transisi energi baru dengan ramah akan lingkungan dan terbarukan dengan mengedepankan keamanan energi, guna memastikan masa depan kehidupan keberlanjutan dan menangani masalah perubahan iklim secara bijak.Pentingnya pemulihan Dunia harus dilakukan secara bersama-sama dengan lebih kuat, bagaimana mencari setiap solusi permasalahan untuk kehidupan yang lebih baik dan berkelanjutan. Permasalahan Dunia juga tidak hanya di bebankan kepada pemerintah, negara, ataupun organisasi lainnya. Rakyat ataupun masyarakat, dan seluruh anggota pemerintah negara harus sama sama berkontribusi dalam memulihkan setiap permasalahan.