5 Film Netflix Tentang Pengembangan Karier, Ada yang Cerita Nyata, lo!

5 Film Netflix Tentang Pengembangan Karier, Ada yang Cerita Nyata, lo!

Netflix memiliki banyak pilihan film yang menginspirasi | Sumber: Unsplash ( CardMapr.nl)

Platform penyedia layanan film dan serial berbasis streaming, Netflix, adalah salah satu media yang tengah naik daun di Indonesia. Dengan merogoh kocek yang tak terlalu dalam, SohIB sudah bisa menikmati berbagai tayangan di channel-nya secara lengkap dan ter-update. Pilihan genre-nya ada banyak dan tidak sulit untuk mengaksesnya.

Berbicara tentang film-film yang ada di Netflix, tahukah kamu bila 5 sinema di bawah ini sangat relevan dengan kehidupan pekerjaan kita sehari-hari? Nggak hanya menyajikan alur yang menarik, kamu juga bisa termotivasi dengan perjuangan para tokohnya dalam menggapai impian, lo!

Baca juga: 4 Podcast Ini Bikin Kamu Makin Semangat, Suka yang Mana?

The Boy Who Harnessed The Wind

Film yang tayang sejak tahun 2019 ini bercerita tentang seorang anak berusia 13 tahun bernama William Kamkwamba yang tinggal di sebuah desa di Malawi. Ia sangat senang membaca buku yang dipinjamnya dari perpustakaan, terutama buku bertema sains.

Suatu ketika, William terinspirasi untuk membuat pompa air dengan tenaga angin sebagai solusi atas penggundulan hutan, kelaparan, dan kekeringan yang melanda desanya. Berkontribusi besar untuk menyelamatkan ratusan nyawa makhluk hidup, perjuangan bocah remaja tersebut nggak sederhana lo, guys! Ia yang putus sekolah karena kemiskinan harus belajar mandiri demi mengimplementasikan idenya tersebut, ditemani anjing setianya. 

The Boy Who Harnessed The Wind cocok bagi SohIB yang menyenangi film berbau pendidikan dan alur yang sederhana. Kamu juga akan disuguhi berbagai fenomena nyata yang seringkali menjadi akibat dari gersangnya sebuah daerah seperti Malawi.

The Pursuit of Happyness

“Jangan biarkan seseorang mengatakan kau tak bisa melakukan sesuatu, bahkan ayah, mengerti?”

Sepenggal kalimat di atas adalah salah satu naskah dari film berjudul The Pursuit of Happyness ini.

Chris dan anaknya mengalami hidup yang serba sulit setelah mereka diusir dari apartemen dan menunggak pembayaran pajak.

Harapan hidup mereka mulai bersinar setelah Chris menjadi pemagang tanpa bayaran di sebuah perusahaan pialang elite. Bagi siapapun peserta yang mampu memiliki performa terbaik, ia akan dijanjikan pekerjaan. Di tengah gonjang-ganjing ekonominya, Chris berjuang keras untuk mendapatkan posisi nomor satu di program magangnya dan menghidupi anak semata wayangnya sekaligus.  Di sini, kita akan belajar, bahwa ketika seseorang mempunyai impian, maka mimpi tersebut harus dilindungi hingga tercapai.

Dibintangi oleh dua bintang papan atas, Will Smith dan Jaden Smith, tayangan tersebut dirilis pada tahun 2006. Wah, cukup lama juga, ya?

Bohemian Rhapsody

Bohemian Rhapsody adalah salah satu film semi dokumenter terbaik, lo, SohIB! Karya yang disutradarai oleh Bryan Singer dan Dexter Fletcher ini terinspirasi oleh cerita tokoh musik legendaris, Freddie Mercury dan band Queen hingga bersinar di musik dunia.

Tayangan ini berdurasi cukup panjang, yakni sekitar 2 jam 14 menit. Namun, kamu akan dimanjakan dengan detailnya kisah nyata Freddie, dari pertentangan ayahnya soal berkarier di bidang musik, menjadi penyanyi cafe bayaran, percintaannya yang rumit, hingga cerita di balik kematiannya.

Bohemian Rhapsody diambil dari judul lagu populer band Queen dengan nama yang sama. Pada beberapa adegan, terselip cuplikan video-video asli dari dokumentasi Freddie semasa hidupnya. Pokoknya, SohIB harus nonton, nih!

Baca juga: 7 Negara dengan Work Life Balance Terbaik, Indonesia Ada?

The Social Network

Siapapun SohIB yang menggunakan Facebook sebagai media sosialnya, tentunya tahu dong nama Mark Zuckerberg sebagai pendirinya? Nah, The Social Network ini adalah cerita yang alurnya menjelaskan tentang awal mula Zuckerberg sebagai mahasiswa Harvard bersama rekan-rekannya dalam melahirkan Facebook.

Alurnya cukup cepat dan lumayan kompleks, sehingga kamu harus fokus saat menontonnya. Btw, Jesse Eisenberg yang memerankan bos Meta tersebut tampak sangat mirip dengan aslinya nggak, sih?

The Theory of Everything

Merupakan suatu anugerah dapat menyaksikan sosok nyata dari salah satu ilmuwan fisika terkemuka dan jenius dunia, Stephen Hawking. Di balik prestasinya menciptakan dan mengemukakan berbagai teori tentang alam semesta, ia harus menempuh perjalanan yang nggak mudah.

Hawking didiagnosa memiliki penyakit Lou Gehrig yang semakin lama akan mengganggu saraf dan motoriknya. Dokter memprediksi hidupnya tak akan lama lagi. Namun, Hawking beruntung karena didampingi istri dan teman-teman yang mendukungnya. Sehingga meski kesulitan berbicara dan harus menggunakan alat bantu, kecerdasan dan sumbangsihnya untuk pengetahuan jagat raya dapat kita saksikan hingga sekarang.

Dari 5 film Netflix di atas, mana yang menurut SohIB paling berkesan? Semoga bisa menjadi motivasi bagi kamu dalam menggapai sesuatu, ya! Jangan pantang menyerah karena SohIB enggak pernah sendiri.

Baca juga: Work Life Balance Penting, Tetapi Sering Diabaikan

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)