Fakta Unik tentang Bahasa Indonesia, Jadi Bahasa Kedua di Negara Lain!

Fakta Unik tentang Bahasa Indonesia, Jadi Bahasa Kedua di Negara Lain!

Bendera Indonesia berkibar di tengah langit biru | Sumber: Unsplash (Nick Agus Arya)

Hai SohIB!

Berbicara tentang Indonesia memang nggak akan ada habisnya. Kita semua tahu, bahwa negara kita begitu dihormati dan dikagumi oleh bangsa lainnya. Nah ternyata, bahasa Indonesia sebagai bahasa utama masyarakat kita, juga memiliki sederet keunikannya, lo. Dari menjadi bahasa resmi kedua di negara lain hingga menjadi salah satu bahasa tersulit, sini, cek dulu fakta menariknya!

Bahasa Paling Mudah di Dunia Untuk Dipelajari

Jadi Bahasa Populer di Australia

Di Australia, ternyata bahasa Indonesia sering digunakan, lo. Bahkan, di beberapa sekolah dan universitas, bahasa kita sudah menjadi mata pelajaran di sana. Namun, sebetulnya, masih ada puluhan negara lainnya yang juga memperkenalkan bahasa Indonesia ke wilayahnya, di antaranya adalah Korea Selatan, Amerika Serikat, Inggris, Kanada, hingga Mesir.

Menjadi Bahasa Resmi Kedua di Vietnam

Di tahun 2007, pemerintah Ho Chi Minh di Vietnam telah menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi mereka. Bahasa kita disetarakan dengan penggunaan bahasa Inggris, Perancis, dan Jepang. Tercatat sudah ada beberapa perguruan tinggi di Vietnam yang turut menyediakan program bahasa Indonesia dalam pengajarannya. 

Jarang Dituturkan ke dalam Bahasa Baku oleh Warga Lokal

Lucu tapi nyata, dalam sehari-hari, tidak banyak masyarakat kita yang menggunakan bahasa Indonesia baku untuk percakapan. Sebaliknya, kita malah lebih sering memakai bahasa pergaulan atau bahasa daerah. Malahan, kalau ada yang berbicara terlalu baku, akan terdengar agak aneh dan kaku. Coba kamu pikir kembali, kapan sih, terakhir kali SohIB menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai ejaan?

“Eh, apakah engkau sudah mengetahui kabar terbaru di pagi ini?”

Pernah Dikirim di Luar Angkasa

Di tahun 1977, NASA pernah mengirim sebuah piringan emas “Voyager” ke luar angkasa dengan bantuan pesawat tanpa awak. Piringan ini berisi ratusan gambar, rekaman musik, suara alam, hingga budaya. Yang paling menarik, ada ucapan salam yang dituturkan dalam 55 bahasa, termasuk bahasa kita. 

Trik Sukses Hadapi Interview Bahasa Inggris, Jangan Panik Dulu!

Masuk ke dalam 10 Besar Bahasa yang Sering Digunakan di Dunia

Diwartakan oleh beberapa sumber, bahasa Indonesia masuk ke dalam 10 besar bahasa yang paling sering digunakan di dunia. Bahkan, dua laman raksasa di Google, yakni Wikipedia dan WordPress mencatatkan bahwa bahasa kita termasuk yang paling sering diakses dan ditulis ke dalam platform mereka. So, untuk SohIB yang mungkin masih deg-degan jika ingin kuliah atau liburan ke luar negeri lantaran tidak bisa bahasa asing, semoga saja fakta ini sedikit membuatmu tenang, ya.

Diserap dari Berbagai Bahasa Asing

Sudah bukan rahasia bahwa banyak kosa kata bahasa Indonesia yang sebetulnya diserap dari bahasa lain, seperti bahasa Melayu, Arab, dan Belanda. Hal ini tak lain karena masyarakat terdahulu kita yang berumpun dari suku Melayu dan napak tilas dari penjajahan di masa lalu. Wah, pantas saja kalau kita berkunjung ke Malaysia yang berbahasa Melayu, rasa-rasanya masih bisa dipahami meskipun berbeda, ya?

Adapun beberapa bahasa Indonesia yang mirip atau diambil dari bahasa asing adalah sebagai berikut:

  1. Gorden: Gordijn (Belanda)
  2. Maskapai: Maatschappij (Belanda)
  3. Isnaini: Senin (Arab)
  4. Khabar: Kabar (Arab)

Penutur Bahasa Indonesia Dianggap Paling Luwes

Pernah nggak kamu merasa, mengapa orang Indonesia terbilang mudah dalam menirukan dialek dari bahasa luar? Sebabnya adalah kita sendiri memiliki berbagai bahasa daerah dan logatnya juga berbeda-beda. Hal ini membuat lidah masyarakat Indonesia jadi lebih fleksibel ketika menirukan dialek bahasa asing. Kalau kamu perhatikan, di negara yang memiliki logat kental seperti India, China, atau Perancis, pasti akan lebih terasa dialeknya ketika berbahasa Inggris. Benar tidak?

3 Kata Terpanjang di Bahasa Indonesia, Panjang Banget!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)

 

Referensi:

Good News From Indonesia | Kumparan | Finansialku