Ratu Elizabeth II Wafat, Ini Sederet Fakta Tentangnya!

Ratu Elizabeth II Wafat, Ini Sederet Fakta Tentangnya!

Foto Ratu Elizabeth II yang diambil dari laman resmi Buckingham Palace di Instagram | Sumber: Instagram (Buckingham Palace Royal)

Kabar duka datang dari Inggris. Ratu Elizabeth II yang merupakan pemimpin Britania Raya selama 70 tahun terakhir telah meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat atau Jumat malam tadi di Istana Balmoral, Skotlandia. Ia menutup usia di usia 96 tahun dengan damai, dikelilingi oleh orang-orang yang menyayanginya. Dengan demikian, Pangeran Charles sebagai putra sulung Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip akan menjadi penerus tahtanya.

Berbicara mengenai Ratu Elizabeth II, wanita yang dikenal sebagai pribadi yang anggun dan murah senyum tersebut memiliki sederet fakta menarik untuk diketahui. Apa saja?

Baca juga: Sistem Pendidikan di Berbagai Negara, Apa Saja?

1. Raja Tertua di Inggris, Nomor dua Terlama di Dunia

Pernyataan resmi dari Buckingham Palace tentang berita kematian Ratu Elizabeth II | Sumber: Instagram (Buckingham Palace Royal)

Dalam sejarah Inggris, wanita berambut ikal tersebut adalah raja tertua dan terlama dalam memimpin tahta, bahkan melampaui pemimpin terdahulunya yang rata-rata ‘hanya’ sekitar 50-an tahun. Tak hanya itu saja, Ratu Elizabeth II menjadi raja paling panjang masa jabatannya di dunia setelah Raja Louis XIV dari Perancis, yang sudah menjadi pemimpin sejak usianya yang sangat belia, yakni 4 tahun.

2. Tidak Punya SIM dan Paspor

Pemimpin kerajaan Inggris tersebut rupanya tidak memiliki paspor dan visa, karena kedua dokumen penting untuk perjalanan luar negeri tersebut dikeluarkan atas namanya. Adapun untuk surat izin mengemudi di negara Britania Raya tersebut, Ratu Elizabeth mendapatkan hak istimewa untuk tidak perlu memilikinya. Meski demikian, beliau tetap diperbolehkan untuk mengemudikan kendaraannya sendiri di jalanan.

3. Memiliki ‘Nama Kecil’ Lilibet

Saat masih kecil, diketahui ibu mertua dari mendiang Lady Diana ini kesulitan mengucapkan namanya sendiri, yaitu “Elizabeth”. Oleh sebab itu, ia memanggil diri dengan sebutan “Lilibet”. Hal ini juga terbukti saat ia sedang menulis sebuah surat untuk neneknya setelah suatu waktu berkunjung ke kediaman Ratu Mary, sang nenek, dan menyisipkan nama Lilibet sebagai dirinya. Jika SohIB menyadari, cicit Ratu Elizabeth II dari Pangeran Harry dan Meghan Markle juga dinamai dengan Lilibet Diana, lo!

4. Homeschooling

Di masa lalu, kaum bangsawan tidak disekolahkan di sekolah umum. Hal ini juga terjadi pada Ratu Elizabeth II yang mendapatkan pelajaran dan keahlian dari rumah bersama adiknya, Margaret. Di bawah pengawasan ibu dan pengasuhnya, mereka mendapatkan ilmu bahasa, agama, sejarah, hingga keterampilan seperti bermusik, seni rupa, berkuda, dan lainnya. Btw, beberapa pengajar beliau berasal dari Belgia, Perancis, hingga guru senior dari sekolah prestisius dunia, Eton College!

Baca juga: Keunikan Indonesia yang Negara Lain Jarang Miliki

5. Memiliki Keluarga yang Harmonis

Salah satu potret Ratu Elizabeth II dengan suaminya | Sumber: Unsplash (Annie Spratt)

Wanita yang pernah bergabung menjadi tentara di Perang Dunia II ini sangat mencintai mendiang suaminya, yakni Pangeran Philip. Pasangan ini bertemu pertama kali saat Elizabeth muda menjadi bridesmaid bagi bibinya, Putri Marina saat menikahi sepupu dari suaminya itu. Mereka kemudian bertemu beberapa kali setelahnya dalam acara formal, yang kemudian membuatnya saling jatuh cinta.

Kala itu, Pangeran Philip memohon izin ayahanda Elizabeth, Raja George VI untuk menikahi putri sulungnya itu. Awalnya permintaan ini sempat ditolak karena sang raja lebih menginginkan menantu dari negara Inggris (Philip berasal dari Yunani), meski kemudian ia merestui hubungan mereka.

Dikaruniai empat anak, yaitu Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward, pernikahan mereka berjalan sangat mulus dan damai. Disebutkan bahwa keduanya menjadi simbol cinta sejati bagi warga Britania, sekaligus penyatuan dua insan dari dua kerajaan, yakni Inggris dan Yunani, tanpa kepentingan politik. Pangeran Philip sangat setia mendampingi sang istri, bahkan rela mencopot gelarnya dari kerajaan Yunani untuk dinaturalisasi menjadi warga negara Inggris.

6. Cara Menjaga Kesehatan Ratu Elizabeth

Ratu Elizabeth II dan anggota keluarga kerajaan sangat menjaga asupan makanan mereka. Dilansir dari sejumlah surat kabar, ia terbiasa menyantap masakan tanpa bawang putih, terutama di acara kenegaraan, karena berpotensi menimbulkan bau napas, jarang makan pasta atau yang bertepung, tidak makan kerang, dan menghindari buah yang bukan musimnya. Diceritakan bahwa beliau tidak bermasalah dengan memakan buah-buahan yang sama setiap harinya ketika memang sedang musim panennya, daripada disajikan yang berasal dari obat percepatan kimia.

7. Ketua untuk Tujuh Commonwealth Realms

Ratu Elizabeth II adalah pemimpin bagi tujuh negara persemakmuran atau yang termasuk dalam Commonwealth Realms, yakni Inggris, Kanada, Australia, New Zealand, Afrika Selatan, Sri Lanka, dan Pakistan.

8. Penobatan Pertama yang Disiarkan Televisi

Ditunjuk sebagai ratu Inggris di usia 25 tahun, pelantikannya sebagai pemimpin Britania Raya disiarkan pertama kalinya di TV dalam sejarah Inggris. Menggantikan posisi almarhum ayahnya, yakni Raja George VI, Westminster Abbey menjadi saksi bisu kenaikan tahtanya pada pertengahan tahun 1953.

Nah, itu tadi 8 fakta unik mengenai Ratu Elizabeth II. Bagaimana menurutmu, poin ke berapakah yang paling menarik perhatian SohIB? Mari kita doakan bersama-sama untuk ketenangannya di alam sana dan semoga pemimpin yang baru dapat menjadi pengganti yang bijaksana. God Save The Queen!

Baca juga: Mengenal Nelson Mandela, Sosok Antiapertheid Inspiratif Dunia

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)