Mengapa Etos Kerja Penting?

Mengapa Etos Kerja Penting?

Apakah kamu sudah memiliki etos kerja dalam diri? | Sumber: Unsplash (Corinne Kutz)

“Seorang profesional seharusnya menjunjung tinggi etos kerjanya!”

Meski kata ‘etos kerja’ terdengar sangat familier di telinga kita, apakah SohIB sudah tahu apa arti yang sebenarnya?

Dalam hakikatnya, ‘ethos’ berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti kepribadian, kepercayaan, dan sikap oleh individu atau kelompok atas sesuatu. Sedangkan menurut KBBI, kata tersebut berarti pandangan hidup yang khas dari suatu golongan sosial.

Apakah SohIB masih bingung dengan penjelasan di atas? Mari kita coba ilustrasikan dengan cerita singkat di bawah ini!

IBe bekerja sebagai karyawan di sebuah company yang bergerak pada bidang komunikasi. Rekan kerjanya sering mengajak IBe untuk pulang lebih awal karena kebetulan tidak ada atasan yang stand by di tempat. Meski demikian, dia tidak pernah mengiyakan ajakan tersebut dan pulang sesuai dengan waktu yang ditentukan. Di kantor, IBe juga selalu bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan dan menunjukkan semangat tinggi terhadap dinamisme profesinya.

Dari penggambaran di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa etos kerja adalah sikap untuk selalu berusaha mengerjakan sesuatu dengan maksimal dan berupaya menggapai kualitas diri seoptimal mungkin.

Baca juga: 7 Kesalahan dalam Pembuatan CV yang Sering Kita Lakukan

Pentingnya Etos Kerja dalam Kehidupan Kita

Seseorang dengan quality yang tinggi biasanya memiliki nilai hidup yang positif dan tidak mudah terpengaruh oleh sesuatu yang akan merusak citra dan kepercayaannya. Maka dari itu, penting bagi setiap individu memiliki etos kerja untuk kesuksesan personal, organisasi, hubungan sekitar, dan pekerjaannya.

Karakteristik orang-orang dengan sikap ini biasanya dapat sohIB amati pada kesehariannya. Tiga ciri yang paling mendominasi adalah selalu antusias dan serius dalam pekerjaannya, berbudi luhur, serta jujur dalam menaati peraturan yang ada. Etos kerja kelak akan menjadi salah satu yang membantu kita untuk memiliki masa depan yang cerah.

Tumbuhkan Etos Kerja Untuk Kebaikan Diri

https://unsplash.com/photos/JBwcenOuRCg Photo by Brooke Cagle on Unsplash
Etos kerja adalah investasi masa depan, lo! | Sumber: Unsplash (Brooke Cagle)

Bukan sesuatu yang mudah bagi kita untuk menumbuhkan sikap ini. Namun, beberapa tips sederhana di bawah dapat membangun adab yang baik, terutama dalam lingkup profesional:

  1. Pahami bahwa bekerja tidak hanya masalah passion semata, karena terdapat komitmen di dalamnya. Mendapatkan tempat berkembang yang sesuai dengan peminatan adalah anugerah, akan tetapi perlu diingat bahwa bertanggung jawab adalah keharusan dalam setiap hal yang kita hadapi.
  2. Hargai pendapat dan waktu orang. Jangan sampai menjadi tidak disiplin hanya karena lingkungan sekitar kurang mendukung untuk menerapkan prinsip yang kita miliki.
  3. Berusaha menjaga attitude dan rajin mengingatkan diri bahwa sesuatu yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh, pada akhirnya hasilnya kembali kepada kita sendiri.
  4. Memiliki etos kerja menjadi investasi diri di masa depan. Tidak semua orang sekarang di tempatkan pada situasi yang nyaman untuk bekerja dengan hati, tetapi suatu saat, kita akan dihargai karena memiliki kepribadian yang baik.
Baca juga: Self Love, Penting tetapi Sering Diabaikan

Membawa diri agar tetap bersikap tenang dan santun dalam situasi apapun menag tidaklah mudah. Tidak bisa dipungkiri, beban aktivitas tidak akan selamanya sama. Terkadang, SohIB menemukan jalan buntu, merasa burn out, dan hal menyebalkan lainnya. Namun, berhati-hati dalam bertindak sangat diperlukan karena seseorang dapat terlihat wajah aslinya saat berhadapan dalam situasi yang kurang mengenakan di hidupnya.

So, apakah sekarang kamu sudah memahami pentingnya mempunyai etos yang kuat? Pandangan ini tidak hanya bisa diterapkan pada ranah profesional saja, melainkan juga dalam pertemanan dan proses belajar, ya! Selamat berjuang dan tetap semangat, SohIB!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)