Stop Begadang, Jika Kamu Tidak Ingin Mengalami 8 Hal ini!

Stop Begadang, Jika Kamu Tidak Ingin Mengalami 8 Hal ini!

Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Tubuh | Pixabay (pixabay.com)

#SobatHebatIndonesiaBaik #jadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi  

Bergadang merupakan aktivitas yang tidak boleh dilakukan secara berkepanjangan. Hal ini karena memiliki dampak buruk bagi kondisi fisik maupun mental. Oleh karena itu, SohIB sebaiknya tidak melanjutkan kebiasaan tersebut.

Tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar kembali fit. Dalam sehari, untuk usia orang dewasa di atas 17 tahun, umumnya kamu membutuhkan tidur 7 hingga 9 jam. Namun, jika SohIB bergadang, maka akan mengganggu kualitas tidur.

Kamu harus menjaga gaya hidup sehat dengan mengurangi tidur terlalu malam agar mencegah munculnya masalah kesehatan yang serius. Berikut ini merupakan beberapa efek yang akan kamu rasakan jika sering begadang.

1. Obesitas

Dikutip dari Alodokter, orang yang sering begadang dan kurang tidur berisiko meningkatkan berat badan sehingga akan mengalami obesitas. Hal ini dapat terjadi karena proses metabolisme di dalam tubuh menjadi terganggu.

Seseorang cenderung merasa lebih cepat lapar sehingga akan mengubah pola makan. Kebiasaan makan berlebih di malam hari akan menyebabkan berat badan terus meningkat. Apalagi jika kamu mengkonsumsi makanan tinggi kalori dan lemak.

2. Kulit Terlihat Kusam

Pada saat bergadang, tubuh akan memproduksi hormon stres kortisol dalam jumlah banyak. Hormon tersebut dapat merusak kolagen di kulit. Akibatnya, kulit akan menjadi kering dan kusam. Efek lainnya adalah muncul kerutan dan flek hitam di wajah.

3. Sistem Imun Menurun

Jika SohIB sering tidur kemalaman, maka tubuh akan mudah sakit. Hal ini karena kamu rentan terkena serangan bakteri maupun virus. Orang yang sering begadang biasanya kurang tidur sehingga sistem imun di dalam tubuh akan menurun.

4. Mengalami Stres

Kebiasaan begadang biasanya disebabkan karena masih banyak pekerjaan yang belum terselesaikan atau memiliki suatu acara. Hal ini ternyata bisa berdampak pada aktivitas di keesokan harinya.

Kegiatan mungkin menjadi kurang terorganisir dengan baik, pikiran merasa lebih mudah untuk bad mood, cemas, lebih sensitif, dan mudah marah. Bahkan, pada kondisi tertentu, bisa berujung mengalami stres.

5. Kurang Konsentrasi Saat Beraktivitas

Saat kamu begadang dan memiliki aktivitas padat, biasanya konsentrasi akan mudah pecah. Kamu tidak bisa fokus dalam bekerja maupun melakukan kegiatan lainnya akibat mengantuk dan kurang istirahat.

SohIB bisa jadi akan sering menguap dan sulit konsentrasi. Hal ini berdampak pada menurunnya kemampuan otak dan daya kreativitas, sehingga tidak mampu memecahkan permasalahan dengan baik.

Di samping itu, begadang juga bisa menyebabkan seseorang mengalami kecelakaan akibat pecah fokus. Hal seperti ini sering dialami ketika kamu pergi ke kantor atau tempat lainnya memakai kendaraan pribadi.

6. Rentan Terkena Penyakit Serius

Bergadang juga menjadi salah satu penyebab bagaimana seseorang mengalami penyakit yang membahayakan tubuh. Contohnya seperti penyakit jantung, stroke, ginjal, diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, mulai sekarang kurangi begadang agar kebutuhan istirahat bisa terpenuhi. Dengan demikian, kamu tidak rentan terkena berbagai penyakit serius lainnya.

7. Mudah Merasa Lelah

Begadang akan membuat tubuh merasa lelah karena kurang tidur. Selain itu, kamu juga akan merasakan sakit kepala atau migrain. Akibatnya, aktivitas kerja menjadi terhambat.

8. Berisiko Mengalami Gangguan Mental

Orang yang begadang biasanya lebih rentan terkena gangguan fungsi otak maupun insomnia atau sulit tidur. Di samping itu, jika SohIB melakukannya dalam jangka waktu lama, maka bisa berisiko mengalami gangguan mental. Misalnya seperti gangguan cemas, depresi dan lain-lain. Risiko tersebut bisa meningkat jika kamu memiliki gaya hidup kurang sehat, pola makan tidak teratur, sering stres, dan jarang melakukan olahraga.

Beberapa risiko di atas bisa dicegah dengan menghentikan kebiasaan begadang. Dengan demikian, tubuh bisa istirahat cukup. SohIB pun akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.