Dukung Program Merdeka Belajar, PKBM Kelas Jauh Ibnu Rusy & Tagar Motekar Bagikan ATK dan Modul Kepada Peserta Didik

Dukung Program Merdeka Belajar, PKBM Kelas Jauh Ibnu Rusy & Tagar Motekar Bagikan ATK dan Modul Kepada Peserta Didik

Pembagian ATK dan Modul | Sumber : Dokumentasi pribadi Belgi Alhuda

#JadiKontributorJadiInspirator #SobatHebatIndonesiaBaik #BerbagiMenginspirasi 

Menyikapi poros pendidikan di wilayah Kabupaten Bogor telah membuat para pemuda yang tergabung dalam komunitas Tagar Motekar memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan. Hal ini sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Komunitas Tagar Motekar bergerak dalam bidang pendidikan, pelatihan, ekonomi kreatif, serta seni budaya. Sebelumnya, mereka telah melakukan kolaborasi dengan PKBM Ibnu Rusy untuk menyelenggarakan program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) atau yang biasa disebut dengan program studi Kesetaraan Paket A (setara SD), Paket B (setara SMP), serta paket C (setara SMA).

Diharapkan, dengan adanya PKBM berbasis sekolah gratis ini dapat menjadi alternatif dalam dunia pendidikan serta dapat mengurangi jumlah anak-anak yang putus sekolah. Ke depannya dapat mencetak SDM yang unggul, produktif, dan berdaya saing.

Dengan program ini pula, semoga dapat mengurangi jumlah pengangguran. Karena selain mereka akan mendapatkan ijazah yang akan berguna untuk menunjang kesiapan dalam menghadapi dunia kerja dan dapat dipergunakan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Belgi Alhuda (kanan) Ketua Komunitas Tagar Motekar, pada saat menyerahkan ATK dan Modul kepada peserta didik | Sumber: Dokumentasi pribadi Belgi Alhuda

Pembina PKBM Kelas Jauh Ibnu Rusy, TB. Akhmad Khoerul Bina mengungkap rasa syukur atas terselenggaranya program studi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kelas Jauh di wilayah kecamatan Cigombong. Hari ini, Sabtu (17/9 /2022) kami dapat memberikan ATK dan Modul kepada peserta didik baru tahun ajaran 2022/2023. Lebih lanjut dirinya mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu lancarnya program PKBM Kelas Jauh ini.

"Terima kasih banyak atas bantuan dan kerjasamanya, terutama untuk Dinas pendidikan kabupaten Bogor, pemerintah kecamatan Cigombong, Karang Taruna Kecamatan Cigombong, Komunitas Tagar Motekar, Lembaga serta Tokoh masyarakat," Tutup TB. Akhmad Khoerul Bina. 

Pembagian ATK dan Modul kepada peserta didik bertujuan untuk mempersiapkan mereka yang akan segera melakukan proses pembelajaran.

Kepala seksi pendidikan dan kesehatan kecamatan Cigombong (Kanan), ikut menghadiri kegiatan pembagian ATK dan Modul kepada peserta didik | Sumber : Dokumentasi pribadi Belgi Alhuda

Bertempat di sekretariat Tagar Motekar, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala seksi pendidikan dan kesehatan kecamatan Cigombong, Karang Taruna Kecamatan Cigombong, Karang Taruna Desa Ciburayut, Karang Taruna Desa Cipelang, RT/RW Desa Ciburayut, serta tokoh masyarakat.

Ditemui di tempat yang sama, Ketua Komunitas Tagar Motekar, Belgi Alhuda mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dari awal hingga menyempatkan hadir untuk membersamai kegiatan pembagian ATK dan Modul kepada peserta didik baru. "Semoga dalam waktu dekat ini dapat segera melaksanakan pembelajaran," kata Belgi.

Lebih lanjut, Belgi Alhuda menuturkan bahwasannya Program Pusat Kegiatan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kelas Jauh ini berbasis sekolah gratis. Kehadirannya semoga dapat memberikan banyak manfaat ditengah-tengah masyarakat, sehingga dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat dan menjadi bagian alternatif dalam dunia pendidikan.