Branding Produk UMKM Asal Cigombong, Diskominfo Kabupaten Bogor Kunjungi Belgi Art Gallery

Branding Produk UMKM Asal Cigombong, Diskominfo Kabupaten Bogor Kunjungi Belgi Art Gallery

Belgi Alhuda saat sesi foto bersama dengan Diskominfo Kabupaten Bogor dan Staf Ekonomi Pembangunan Kecamatan Cigombong

#JadiKontributorJadiInspirator #SobatHebatIndonesiaBaik #BerbagiMenginspirasi 

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam melaksanakan urusan Pemerintahan di Bidang Komunikasi dan Informatika, Persandian, dan Statistik.

Melalui surat permohonan yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor, Tim Diskominfo ditugaskan untuk melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Cigombong dan UMKM milik Belgi Alhuda (18/10/22).

Kegiatan ini dalam rangka mempublikasikan secara luas tentang Program Kegiatan Kecamatan Cigombong serta bisnis Belgi Alhuda.

Ditemani Bapak Egi, staff Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Cigombong, melakukan kunjungan ke tempat usaha Belgi Alhuda yang merupakan founder dari Belgi Art. Bisnis tersebut memiliki produk kerajinan tangan berupa hiasan dinding kayu yang dibuat dengan teknik lukis bakar. Lokasinya berada di di Kp. Ciburayut, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong-Kabupaten Bogor.

salah satu prakarya milik UMKM Belgi Art
Diskominfo Kabupaten Bogor pada saat melihat produk Belgi Art  | Sumber : Dokumentasi pribadi Belgi Alhuda

Ditemui di kediamannya, Belgi Alhuda mengucapkan terima kasih atas kunjungan Tim Diskominfo dan juga Pemerintah Kecamatan Cigombong yang sudah membantu berperan aktif dalam upaya menumbuhkan UMKM IKM yang ada di Kecamatan Cigombong.

Dalam kesempatan ini, pria tersebut menuturkan bahwasannya Belgi Art adalah suatu jenis usaha yang bergerak dalam sektor Ekonomi Kreatif/UMKM yang membidangi kerajinan tangan. Adapun bahan pokok yang digunakan dalam produk Belgi Art yaitu dengan memanfaatkan kayu sisa industri untuk diolah, sehingga bisa menghadirkan produk yang inovatif, kreatif, berdaya guna, bahkan berdaya jual.

"Belgi Art memiliki produk seperti tas kayu, kotak rokok, tempat korek, kotak pensil, gantungan kunci, dan hiasan dinding kayu yang dibuat dengan teknik lukis bakar dengan menggunakan solder rakitan. Selain itu, tempat ini juga menghasilkan produk seperti pot bunga atau cement flower pot," kata Belgi dalam sesi wawancara.

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan terkait kendala yang dihadapi oleh Pelaku UMKM. Apalagi, pada saat pandemi COVID-19 melanda memberikan dampak kepada pelaku usaha.

"Semoga ke depan pelaku UMKM IKM yang ada di wilayah Cigombong dapat bangkit dan terus berkembang serta dapat bersaing dengan produk-produk luar. Mengingat Kecamatan Cigombong telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), maka kita harus bersiap diri dalam menghadapi tantangan yang ada dan terus berinovasi," tutup Belgi penuh harap.

Belgi Alhuda saat berbincang dengan Tim Diskominfo di Kantor Sekretaris Camat Cigombong | Sumber: Dokumentasi pribadi Belgi Alhuda

Ditemui di tempat yang sama, Bapak Egi, Staff Ekbang Kecamatan Cigombong menyampaikan ucapan terima kasih kepada Diskominfo. Ia memberikan harapan bahwa dengan adanya kunjungan dari Tim Diskominfo ini, semoga UMKM IKM yang ada di Kecamatan Cigombong, khususnya Belgi Art agar dapat terpublikasi. Dengan demikian, bisa menjadi media untuk mempromosikan produk unggulan yang ada di wilayah Kecamatan Cigombong kepada masyarakat luas.

Lebih lanjut lagi, dirinya turut mendukung agar UMKM IKM Cigombong tidak patah semangat, dapat bangkit dan terus berkarya.

"Semoga usahanya lancar, baik dari segi pemasaran produk maupun permodalan dan semoga UMKM dapat naik kelas," tuturnya Egi.