Digitalisasi Sudah di Depan Mata. Pemuda Wajib Baca Artikel Ini

Digitalisasi Sudah di Depan Mata. Pemuda Wajib Baca Artikel Ini

Pemuda sebagai Penggerak Digitalisasi │ Pexels (https://www.pexels.com)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBBerkompetisiArtikel 

Jika ditanya golongan umur manakah yang memiliki pengaruh paling besar, maka jawaban yang lebih tepat akan tertuju kepada pemuda. Peran pemuda dalam masyarakat maupun negara terlihat dengan jelas dan nyata. Kelompok usia dengan interval antara 17 - 45 tahun ini merupakan masa paling produktif. Tidak heran jika mereka menjadi lebih unggul dibandingkan kelompok usia lainnya.

Pemuda Memiliki Potensi yang Menjanjikan │ Pexels (https://www.pexels.com)

Di Indonesia, peran pemuda sudah tidak diragukan lagi kebenarannya. Sejak zaman perjuangan kemerdekaan, pemuda selalu aktif untuk tampil di bagian terdepan dalam merebut hak kemerdekaan. Beberapa peristiwa yang menjadi saksi sepak terjang pemuda terekam dalam terlaksannya Kongres Pemuda I dan II yang menghasilkan rumusan Sumpah Pemuda serta diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober. Kisah lainnya tercipta ketika golongan muda yang berinisiatif mendesak tokoh golongan tua, yakni Ir. Soekarno dan Moh. Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Setelah Era Kemerdekaan, para pemuda ternyata terus bergerak dalam dinamika berbangsa dan bernegara. Hal itu terwujud ketika para pemuda yang terhimpun dalam persatuan mahasiswa seluruh Indonesia membuka lembaran baru, yakni Era Reformasi di tahun 1998. Hingga saat ini, pemuda masih terus menjadi roda utama pergerakan negara. Terutama komposisi penduduk Indonesia yang saat ini didominasi oleh para pemuda. Sebagai mahasiswa, para pemuda aktif menyuarakan aspirasinya dalam berbagai bentuk. Baik secara lisan maupun secara tulisan atau kreasi visual. 

Dengan menyaksikan kilas balik masa lalu yang terhubung sampai saat ini, besar kemungkinanan para pemuda juga masih akan bertindak sebagai pemeran utama dalam keberlangsungan negara. Perkembangan teknologi yang sangat pesat mendorong setiap negara untuk dapat menerima berbagai perubahan yang terjadi. Dalam hal inilah pemuda diharapkan mampu menguasai kemajuan yang ada dengan tuntutan untuk menguasai keterampilan digital dan menjadi yang paling unggul. Kondisi ini juga didukung setelah pandemi Covid-19 yang memaksa umat manusia untuk beralih menggunakan teknologi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Agar tidak tertinggal dalam kompetisi global, para pemuda Indonesia perlu dibekali dengan berbagai keterampilan digital. Mengingat kemajuan teknologi yang terjadi, maka kebutuhan sumber daya manusia yang berkompeten akan terus meningkat. Saat ini Indonesia masih sangat kekurangan sumber daya di bidang teknologi yang mampu mendukung berbagai program yang ada. Inilah yang menjadi alasan pemuda untuk turut serta berpartisipasi dalam pemenuhan kebutuhan tersebut. Dengan keuntungan berupa bonus demografi yang dimiliki, Indonesia berpotensi untuk memenuhi kubutuhan sumber daya manusianya sendiri.

Pemberdayaan pemuda melalui kegiatan dan event berbasis digital dapat menjadi jalan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang diharapkan. Pemberian pelatihan digital yang komprehensif dan dapat diterapkan merupakan salah satu cara membangun kompetensi pemuda. Pengadaan pelatihan ini tidak terbatas hanya kepada mereka yang berlatar belakang pendidikan teknologi, namun juga mencakup mereka yang tidak memiliki latar belakang sama sekali tentang pendidikan teknologi. Selain itu, kegiatan magang bagi para mahasiswa juga menjadi jalan untuk mempersiapkan para mahasiswa menjadi penggerak pemuda dalam menguasai teknologi. Melalui project yang dirancang untuk pengenalan digitalisasi, mahasiswa dapat berlatih untuk menguasai keilmuan yang dimiliki dari sisi teknologi.

Kegiatan lain berupa kompetisi digital dapat menarik minat para pemuda dalam mempelajari digitalisasi yang ada. Melalui kompetisi, pemuda akan belajar untuk memahami dan menemukan caranya masing-masing dalam menaklukkan tantangan yang dihadapi dengan berusaha berkarya dan mendapatkan pengakuan sebagai yang terbaik.

Berbagai potensi yang ada pada pemuda merupakan jaminan yang menjanjikan untuk pertumbuhan negara ke arah yang lebih baik. Harapannya tentu para pemuda sanggup menjadi penggerak percepatan penguasaan digital. Buat kamu para pemuda Indonesia, kamu adalah pilar penting untuk membawa pemulihan Indonesia. Persiapkan diri untuk menjadi yang terbaik demi kemajuan bangsa.

Pemuda sebagai Harapan Masa Depan │ Pexels (https://www.pexels.com)