Desa Tetebatu, Pesona Alam Asri Lombok

Desa Tetebatu, Pesona Alam Asri Lombok

Pesona Alam Asri Desa Tetebatu | Sumber: indonesia.travel

Apa yang pertama kali SohIB pikirkan ketika mendengar Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB)? Pasti nggak jauh-jauh dari pantainya yang indah, alam yang begitu indah nan eksotis, dan hasil tenun songketnya yang khas? Hmmm, nggak salah, sih karena memang wisata alam Lombok sudah dikenal hingga kancah internasional mulai dari gunung sampai keindahan lautnya. Wah, coba bayangkan, keren banget, ya pariwisata di Indonesia?

Namun, di Lombok, NTB tidak hanya punya gunung dan pantai yang indah, lo, tetapi juga punya panorama hijau membentang yang nggak kalah menarik! Namanya Desa Wisata Tetebatu yang kerap kali dicap sebagai destinasi pesona alam asri Lombok. Eh kok, bisa dibilang asri, ya?

Iya, dong SohIB karena Desa Tetebatu ini terletak di kaki Gunung Rinjani bagian Selatan dengan ketinggian 700 MPDL. Hebatnya lagi, Desa Wisata Tetebatu ini telah mewaliki Indonesia di ajang World Best Tourism Villege UNWTO 2021, lo SohIB!

Tidak heran, ya karena desa yang berada di Kecamatan Sikur bagian Utara ini menawarkan suasana penuh keasrian dan keaslian pedesaan khas Nusa Tenggara Barat. Mulai dari tradisi bertani, kearifan lokal gotong royong yang masih lestari, kesejukan desa dengan hamparan sawah yang luas dan indah, kehidupan sosial-budaya yang ramah, hingga adat istiadat masyarakat setempat yang kental dan masih terjaga. Wah, damai banget, ya SohIB. Jadi benar-benar bisa melepas penat dari hiruk-pikuk kota.

Mengenal Suku Sasak Asli Lombok di Desa Sade

Pesona Alam Asri Desa Tetebatu

Senja di TNGR
Senja di TNGR | Sumber: indonesia.travel

Kalau SohIB ingin berkunjung ke Desa Tetebatu, jangan kira hanya melihat bentangan undakan sawah. Salah banget, hehe. Justru di sini kamu bisa mengagumi keasrian alamnya dengan melihat air terjun, jalan santai di sekitar kaki Gunung Rinjani, menikmati senja di Bumi Perkemahan, dan mencoba kegiatan wisata ramah lingkungan, lo SohIB. Jadi bakal seru banget, deh kalau jalan-jalan ke Desa Tetebatu!

Bagi SohIB yang ingin merasakan bermain di air terjun, kamu bisa berkunjung ke Air Terjun Sarang Walet. Untuk menuju ke sana membutuhkan waktu 15 menit dari pusat desa dengan berjalan kaki. Saat perjalanan, kamu akan disuguhkan pemandangan asri pepohonan hijau di samping kanan dan kiri. Tak lupa, kamu juga akan melewati hamparan sawah yang indah dan jalur trekking yang unik seperti masuk gua, lo SohIB hingga nanti kamu sampai di air terjun dan menikmati kesegaran airnya dengan berenang!

5 Kain Indonesia yang Mendunia, Ada yang dari Daerahmu?

Kalau kamu mau yang lebih santai, yuk kita jalan-jalan di sekitar kaki Gunung Rinjani! Di sini udaranya sejuk banget, lo SohIB. Bahkan Desa Tetebatu ini sering disebut-sebut sebagai “Ubud” versi Lombok karena sama-sama menawarkan pesona alam asri dengan kearifan lokal serta sosial-budaya masyarakatnya yang masih terjaga. Nggak akan rugi, deh kalau kamu jalan santai di pagi hari ditemani udara sejuk dan kicauan burung. Nah, buat SohIB yang ingin lebih menantang, kamu bisa coba trek sepeda gunung yang dapat menguji adrenalin. Uh, asik banget!

Lain lagi buat si paling senja, kamu bisa berkunjung ke Bumi Perkemahan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) untuk berkemah sambil menikmati matahari perlahan tenggelam. Uniknya, di sini kamu bisa mengajak teman dan keluarga untuk merasakan suasana hangat sembari melihat hewan-hewan endemik Gunung Rinjani, yaitu Celepuk Rinjani sejenis Burung Hantu dengan bulunya yang khas. Nuansa romantis semakin terasa ketika senja tiba, kamu tentu akan langsung jatuh cinta dengan pemandangan lanskap khas pegunungan. Benar-benar memanjakan mata!

Baur dengan masyarakat lokal Desa Tetebatu
Baur dengan masyarakat lokal Desa Tetebatu | Sumber: Indonesia.travel

Jauh-jauh ke Desa Tetebatu jangan lupa untuk merasakan berbaur dengan warga lokal di village life experience, ya SohIB! Sebagai informasi, di sana dikenal memiliki potensi pertaniannya yang unggul, jadi sayang banget kan, kalau kita nggak berbaur bersama masyarakat lokal untuk belajar pertanian langsung di sana. Lewat kegiatan village life experience, SohIB akan bisa belajar menanam padi hingga panen. Jangan sungkan, ya untuk bercengkrama karena warga Desa Tetebatu ramah dan begitu terbuka dengan wisatawan. Asik banget, ya!

Transportasi Menuju Desa Tetebatu

Pesona Alam Asri Desa Tetebatu
Pesona Alam Asri Desa Tetebatu | Sumber: indonesia.travel

Setelah menengok pesona alam asri Desa Tetebatu, kita cari tahu akses menuju ke sana, yuk! Jadi ada dua pilihan transport jika ingin berkunjung ke sana, yaitu menaiki transportasi umum dan menyewa mobil atau motor.

Untuk transportasi umum, kamu harus ke Terminal Mandalika dan naik transportasi dengan tujuan Lombok Timur atau Sumbawa seharga Rp20 ribu dan berpesan ke supir agar kamu diturunkan di Daerah Pemotong untuk melanjutkan perjalanan ke Desa Tetebatu. Setibanya di Pemotong, lanjutkan perjalanan dengan ojek seharga Rp30 ribu hingga Rp50 ribu.

Yang kedua, kamu bisa memilih opsi sewa mobil atau motor dari rental di Lombok. Keuntungan dengan menyewa mobil atau motor, kamu akan lebih cepat sampai karena tidak perlu menunggu penumpang dan tidak harus berganti kendaraan. Kalau kamu pilih opsi sewa kendaraan, kamu juga bisa menggunakan fasilitas supir. Jadi nggak bingung dan disetirkan lewat jalan yang paling efisien, deh! Mudah kan, SohIB?

Itu dia penjelasan ringkas mengenai pesona alam asri Lombok di Desa Tetebatu. Kamu bisa mengajak teman dan keluarga untuk berlibur ke sana. Jangan lupa atur jadwal di tengah cuaca cerah dan mendukung, ya. Siapkan bekal makanan, pakaian, dan budget keuangan yang cukup. Juga yang terpenting, jaga kesehatan dan kondisi tubuh agar tetap baik, ya. Selamat menjelajah keindahan Indonesia di pedesaan Lombok, SohIB!