Dari ASN untuk Indonesia

Dari ASN untuk Indonesia

Dok. Pribadi

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBBerkompetisiArtikel

Pegawai adalah merupakan tenaga kerja manusia jasmaniah maupun rohaniah (mental dan pikiran) yang senantiasa dibutuhkan dan oleh karena itu menjadi salah satu modal pokok dalam usaha kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu (organisasi). Selanjutnya berpendapat juga bahwa Pegawai adalah orang-orang yang dikerjakan dalam suatu badan tertentu, baik lembaga-lembaga pemerintah maupun dalam badan-badan usaha (Widjaja, 2006).

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Pegawai Negeri Sipil adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai ASN secara tetap oleh pejabat Pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintah.

Pegawai negeri adalah unsur aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat yang setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, Negara dan Pemerintah dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan dan pembangunan.

Sebagai abdi negara dan abdi masyarakat setiap Pegawai Negeri Sipil harus mampu melakukan kepentingan negara dan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan. Sebagai abdi Negara seorang pegawai negeri juga wajib setia dan taat kepada Pancasila sebagai falsafah dan ideologi Negara, UUD 1945, negara dan pemerintahan.

Kemajuan Indonesia membutuhkan kerja keras dari seluruh lapisan masyarakat, salah satunya adalah kontribusi dari Aparatur Sipil Negara (ASN). ASN dinilai berperan sebagai mesin pembangunan nasional. Tentu saja, pembangunan nasional untuk kemajuan bangsa itu juga butuh kolaborasi antara ASN dengan masyarakat lainnya.

Core Values "Ber-AKHLAK" dan Employer Branding ASN "Bangga Melayani Bangsa" telah diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo bagi Aparatur Sipil Negara. Core Values ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional karena sudah sejak lama terdapat nilai-nilai dasar ASN yang bervariasi pada berbagai instansi pemerintah. Kondisi tersebut menjadikan langkah dan kabijakan yang berbeda dalam konsep dan praktik layanan publik kepada masyarakat.

Nilai-nilai ASN “BerAKHLAK” merupakan semboyan dan pondasi baru bagi ASN di Indonesia yang merupakan akronim dari Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Adanya core values ASN ini sebagai sari dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN.

Dok. Pribadi

Penetapan Core Value ASN “BerAKHLAK” dilakukan sebagai akselerasi transformasi ASN sebagai upaya perubahan mendukung pelaksanaan program prioritas kerja presiden terkait dengan pembangunan SDM yang memiliki profil pekerja keras, dinamis, terampil dan menguasai IPTEK. Nilai-nilai yang disampaikan tersebut sesungguhnya bukan hal yang baru, namun harus terus-menerus dikampanyekan sebagai bagian dari reformasi birokrasi. Di dalamnya, ASN dituntut untuk meningkatkan kualitas, kapasitas, dan kapabilitas diri dalam memberikan layanan kepada pengguna layanan.

Dalam bejana ketidakpastian global, sekarang ini, Bangsa Indonesia sedang "meramu" tata kelola pemerintahan yang tepat untuk menyongsong Visi Indonesia 2045 serta revolusi industri 4.0. Kuncinya, reformasi birokrasi harus tetap berjalan secara kontinyu dan efeknya marata hingga ke penjuru pemerintahan.

Hal ini tidak hanya bertumpu pada perbaikan sistem, namun lebih utama lagi justru adalah reformasi sumber daya manusia Indonesia (baik pada pemerintah, sektor swasta, maupun masyarakat secara menyeluruh). Idealnya seluruh komponen masyarakat terlibat dan bergerak bersama untuk pencapaian program pembangunan serta pertumbuhan di segala aspek pertumbuhan perekonomian.

Oleh karena itu, pembangunan kualitas sumber daya manusia menjadi jaminan sekaligus menyediakan landasan bagi kemajuan bangsa di masa mendatang. Mereka yang dipersiapkan, akan mengelola keberlanjutan peradaban Indonesia yang geografinya sangat luas, dan memiliki sumber daya alam sangat melimpah.