5 Contoh Resolusi Tahun Baru yang Bisa Kamu Tiru, Inspiratif Banget!

5 Contoh Resolusi Tahun Baru yang Bisa Kamu Tiru, Inspiratif Banget!

Apa saja resolusi tahun 2024 yang sudah kamu rancang? | Sumber: Unsplash (Kelly Sikkema)

Happy new year 2024!

Di malam pergantian tahun kemarin, apa saja aktivitas yang SohIB lakukan? Mayoritas masyarakat di seluruh dunia biasanya merayakan tahun barunya dengan berkumpul bersama keluarga, masak-memasak dengan teman-teman, dan membuat resolusi baru untuk dicapai.

Ngomong-ngomong tentang resolusi, apakah kamu sudah membuat daftar yang akan kamu lakukan atau mau dipenuhi? Jika SohIB ada yang belum sempat menyusun plan pencapaian tahun 2024, tenang saja, membuat sekarang pun tidak akan disebut terlambat.

Salah satu tips membuat list harapan baru adalah tulis impianmu secara spesifik, agar cara untuk menggapai mimpi tersebut juga lebih terarah. Mumpung euforia new year masih hangat, yuk, contek 5 contoh resolusi tahun baru ala Kak IBe yang bisa menjadi inspirasimu!

Baca juga: 5 Tips Bangun Pagi, Awali Hari dengan Mood yang Baik

Bisa Bangun Sebelum Matahari Terbit

Bangun pagi sebelum fajar menyingsing adalah salah satu rahasia orang-orang sukses. Sebab, dengan bangun lebih awal, kita dapat menyambut hari lebih awal dan mengisinya dengan berbagai kegiatan positif. Bayangkan, betapa tidak nyamannya tubuh saat kesiangan dan mendapati diri belum melakukan apa-apa. Selain jadi terburu-buru, siapa juga sih, yang mau memulai hari dengan mood yang kacau?

Bangun pagi saat langit masih biru gelap sama saja seperti kita memberikan kado terindah setiap harinya untuk diri sendiri. Udaranya masih sangat bersih dan suara kicauan burung bisa menenangkan pikiran yang masih kosong.

Ditambah lagi jika kamu melengkapi pagi indahmu dengan rutinitas yang menyehatkan seperti berolahraga, journaling, dan mengolah masakan bergizi. Wah, dijamin kamu seperti terlahir kembali sebagai pribadi yang baru di tahun ini!

Memiliki Tabungan Sebesar XXX

menabung itu penting
Menabung bisa membantu kita untuk terpacu lebih baik dalam mengelola uang | Sumber: Unsplash (Towfiqu Barbhuiya)

Resolusi tidak selalu tentang punya prestasi. Mampu membeli barang yang diimpikan atau menabung uang dengan jumlah tertentu juga bisa masuk ke dalam daftar keinginanmu, lo!

Di media sosial seperti TikTok, sudah banyak bertebaran cara menabung dengan memanfaatkan kaleng tabungan yang sudah diisi beberapa nominal tertentu setiap hari. Metode tersebut dapat kamu tiru dan disesuaikan dengan kemampuan SohIB masing-masing.

Oiya, bila diperlukan, kamu juga bisa membagi tabunganmu ke dalam pos-pos yang berbeda, misalnya pos untuk liburan, charity, pendidikan, hingga uang jajan. Hal tersebut akan sangat membantu agar uangmu tidak tercampur dengan kebutuhan lainnya. Bagaimana menurutmu, ada yang punya cara lebih efektif lagi?

Baca juga: UMP 34 Provinsi Terbaru di Indonesia, Bisa Menabung Banyak, nih!

Staycation di Pulau Dewata

Staycation biasanya memang masuk sebagai salah satu resolusi tahunan, karena memerlukan perencanaan yang matang dan sebisa mungkin tidak mendadak. Ingat, plan yang satu ini hanyalah simulasi semata!

Kamu dapat mengganti tujuan staycation dengan destinasi yang kamu idam-idamkan. Buatlah tahun 2024-mu makin bermakna dengan memberikan self-reward setelah berjuang keras meraih mimpi.

Nggak Begadang Lagi!

begadang tidak baik untuk kesehatan
Jangan tidur terlalu malam atau tubuh tidak akan mendapatkan istirahat yang maksimal | Sumber: Unsplash (Annie Spratt)

Kayaknya ini adalah adalah impian sejuta umat, deh, untuk tidak tidur terlalu larut malam. Seperti yang sudah sering dibahas pada platform kesehatan, bergadang memiliki ribuan alasan untuk bisa dikatakan sebagai kebiasaan yang nggak baik untuk kesehatan.

Sebut saja meningkatnya berat badan, turunnya sistem imunitas, hingga kita menjadi lebih sulit untuk berkonsentrasi. Kecantikan kulit kita juga bisa memudar karena regenerasi sel nggak bekerja secara optimal.

Nah, poin keempat ini sepertinya wajib ada di list resolusi kamu! Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental, SohIB bisa melihat merasakan sehatnya tubuh kita karena beristirahat lebih lama dan optimal. Kiat yang bisa diterapkan agar tidak bergadang adalah tidur lebih awal dan sebisa mungkin jauhi teknologi sebelum sleeping time.

Mempunyai Karya Tulis di Media Massa

Tahun baru, saatnya membuat gebrakan yang berbeda! Bagi kamu yang senang menulis tetapi belum pede untuk mempublikasikan karyamu, yuk, mulai tahun ini jadi pencapaian baru! Sekarang, menemukan platform yang bisa membantu SohIB untuk berkembang menjadi penulis andal dan punya portofolio tidak sesulit dulu kala. 

Pilih media mana yang rubrik-rubriknya sesuai dengan minatmu berkarya. Jangan salah, selain mendapatkan pengalaman yang berharga, nggak jarang juga tulisan kita bisa dibayar untuk tambahan penghasilan atau bisa menukar poin untuk mendapatkan merchandise cantik. Cobain, skuy!

Baca juga: Menyikapi Resolusi Tahun Ini yang Gagal, Aku Harus Bagaimana?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)