5 Ciri Social Butterfly, Si Paling Ekstrovert! Kamu Juga?

5 Ciri Social Butterfly, Si Paling Ekstrovert! Kamu Juga?

Social butterfly, si paling ekstrovert | Sumber: Pexels (Ronê Ferreira)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBMiniBootcamp

Siapa sih, yang nggak kenal dengan dua kepribadian berikut ini, yaitu introvert dan ekstrovert? Kepribadian introvert sering dikaitkan dengan sifat pendiam, sedangkan kepribadian ekstrovert dikaitkan dengan sifat yang mudah bersosialisasi dengan orang sekitar. Namun, SohIB tahu nggak sih, kalau ekstrovert itu bisa disebut juga dengan Social Butterfly?

Social butterfly adalah sifat seseorang yang mudah bergaul dan cocok di lingkungan mana saja. Dinamakan demikian karena individu tersebut seolah seperti seekor kupu-kupu yang suka hinggap di mana saja.

Kepribadian ini cenderung dimiliki oleh orang-orang kepribadian ekstrovert yang mana bergaul dengan semua orang bukanlah hal yang sulit. Agar lebih jelas, yuk SohIB, simak ciri-ciri seorang social butterfly di bawah ini!

1. Ekstrovert

Berkumpul bersama teman
Ekstrovert suka bersosialisasi | Sumber: Pexels (Afta Putta Gunawan)

Ciri pertama tentu saja ia adalah seorang ekstrovert yang paling suka bersosialisasi. Selain itu, mereka juga cenderung dominan dalam sebuah interaksi. Orang dengan kepribadian ini tidak merasa takut bertemu dengan orang baru, mengunjungi sebuah kegiatan yang melibatkan banyak orang, dan biasanya mempunyai relasi yang luas.

Maka dari itu, seorang ekstrovert memiliki banyak energi untuk  berbaur pada kondisi apa pun dan dengan siapa saja. 

2. Punya Banyak Relasi

Sekelompok orang sedang makan bersama
Social butterfly punya banyak relasi! | Sumber: Pexels (fauxels)

Kalau SohIB punya banyak pertemanan, kemungkinan kamu adalah seorang social butterfly, loh! Mereka tidak takut untuk menjalin kedekatan dengan siapa saja. Terlebih lagi, dengan sifatnya yang ramah dan mudah bergaul, punya banyak relasi bukanlah sesuatu yang aneh untuk seorang social butterfly.

Namun, dengan sifat seperti ini, kita punya kemungkinan lebih besar untuk berteman dengan orang yang salah dan berpengaruh yang buruk pada diri kita! Kualitas dalam sebuah hubungan entah itu dengan pasangan, teman, maupun keluarga adalah yang paling penting dibandingkan dengan kuantitas. Sayangnya, social butterfly biasanya akan sedikit lebih sulit untuk membangun sebuah hubungan dekat dengan seseorang.

3. Dominan dalam Interaksi

Laki-laki berbicara dengan microphone
Social butterfly cenderung mendominasi percakapan | Sumber: Pexels (Henri Mathieu-Saint-Laurent)

Kalian punya teman yang biasanya suka menyapa duluan atau bahkan dominan dalam sebuah interaksi nggak sih, SohIB? Ciri social butterfly berikutnya adalah suka menjadi perhatian dalam percakapan.

Sifat seseorang seperti ini terkadang dapat menghidupkan suasana, apalagi jika pada sekumpulan orang yang punya kepribadian introvert. Apalagi, orang tertutup cenderung memilih untuk menjadi pendengar dibandingkan sebagai pembicara. Kira-kira SohIB punya sifat seperti ini, nggak?

4. Suka Hangout

Sekelompok orang sedang bernyayi
Suka Hangout adalah ciri social butterfly! | Sumber: Pexels (Kindel Media)

Energi yang seakan-akan tidak ada habisnya membuat si social butterfly ini suka sekali menghabiskan waktu di luar rumah bersama teman-temannya. Kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang memang biasanya terasa menyenangkan bagi mereka.

Hal ini bertolak belakang dengan sifat tertutup yang lebih suka menyendiri untuk me-recharge energi. Berkumpul dengan teman-teman atau mengikuti kegiatan yang banyak seperti makanan sehari-hari para social butterfly ini! Mereka juga menikmati banyak aktivitas di luar rumah. Berdiam saja mungkin bagaikan sebuah penjara bagi seorang social butterfly ya, SohIB!

5. Percaya Diri yang Tinggi

Perempuan berkaca mata di depan komputer
Para social butterfly ini punya kepercayaan diri yang tinggi loh! | Sumber: Pexels (Karolina Grabowska)

Tanda terakhir adalah social butterfly memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Biasanya seseorang yang cukup pede memang akan diperhatikan lebih oleh sekitarnya. Sebab, ia berani untuk tampil di depan banyak orang. Semua ini tak lepas dari sifatnya yang mudah berteman dengan siapa saja.

Nah, itu dia lima ciri social butterfly! Menjadi ekstrovert maupun introvert bukan hal yang salah ya, SohIB. Setiap orang memiliki keunikan masing-masing. Meskipun kamu tertutup, SohIB tetap dapat menemukan banyak teman, mudah membaur dengan orang lain, atau bahkan tampil di depan publik.

Kira-kira kamu sendiri cenderung introvert atau ekstrovert seperti social butterfly ini? Tulis komentar kamu di bawah!